Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Apa Itu Chainlink (LINK) dan Bagaimana Cara Belinya? Baca di Sini!

Apa Itu Chainlink (LINK) dan Bagaimana Cara Belinya? Baca di Sini!

April 26, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Apa Itu Chainlink (LINK) dan Bagaimana Cara Belinya? Baca di Sini!
Reading Time: 3 minutes

Belakangan animo masyarakat terhadap dunia investasi begitu besar. Selain menambah aset dalam bentuk emas, deposito, atau saham sebagai instrumen investasi paling umum, sebagian masyarakat kini mulai menginvestasikan uangnya untuk membeli aset crypto. LINK contohnya.

Melihat di CoinMarketCap, LINK berhasil menempati posisi ke-11 sebagai aset crypto dengan kapitalisasi pasar yang besar. Bagi Teman Pintu yang tertarik terjun ke dunia cryptocurrency, kenalan dulu sama aset crypto dari ChainLink berikut ini, yuk!

Baca Juga: Mengenal Compound (COMP) dan Cara Membelinya

Dalam industri cryptocurrency, ChainLink menjadi proyek yang sukses menawarkan solusi atas masalah oracle. Sedikit mengulas tentang masalah oracle, istilah merujuk pada kelemahan smart contract atau kontrak pintar.

Pada dasarnya smart contract dan blockchain tidak dapat mengakses data di luar jaringan (off-chain). Padahal dalam sebuah kontrak perjanjian, sumber data yang luas sangat dibutuhkan untuk meninjau apakah perjanjian tersebut layak dieksekusi atau tidak.

Dari sini kemudian muncul oracle blockchain sebagai tautan antara on-chain dan off-chain. Meski dianggap sebagai solusi, tapi memiliki kelemahan karena kontrak pintar jadi sangat bergantung dengan data yang diberikan oleh oracle.

Alhasil, bila ada pihak tak bertanggung jawab memasukkan kode berbahaya atau melakukan pemalsuan informasi, oracle tetap meneruskan data tersebut ke dalam kontrak pintar. Inilah yang disebut sebagai masalah oracle.

Luar biasanya, ChainLink berhasil menemukan cara untuk mengatasi persoalan di atas. Teknologi berbasis open source ini menciptakan blockchain terdesentralisasi yang berfungsi sebagai jembatan antara kontrak pintar dengan oracle. Dengan begitu, data yang masuk ke smart contract dipastikan aman dan valid.

Lalu, apa yang dimaksud dengan LINK? LINK merupakan sebutan untuk crypto asli ChainLink yang dibangun pada jaringan Ethereum. Fungsi LINK dibuat sesuai standar token ERC-20. Melihat besaran kapitalisasi pasarnya, nilai LINK hampir menyentuh Rp165 triliun dengan harga LINK sebesar Rp511.100 (data 26/04/2021).

ChainLink dibangun dari sekumpulan node individu yang berperan sebagai kontrak pintar guna menggali informasi valid. Dengan begitu, infrastruktur kontrak pintar diharapkan bisa bekerja lebih baik serta terjamin keamanannya.

Teknologi ini juga membuat blockchain saling terhubung satu sama lain sehingga masing-masing blockchain dapat bekerja secara efektif dengan memaksimalkan potensinya.

Tak berhenti sampai di situ, ChainLink turut menawarkan beberapa fitur menarik seperti:

Reputasi, berfungsi melakukan penilaian keaslian oracle berdasarkan seberapa akurat hasil kinerja mereka dalam menyajikan data.
Pencocokan pesanan, fitur ini memungkinkan pengguna menentukan jumlah node yang akan digunakan. Makin besar jumlah node, tingkat keamanan akan makin terjamin.
Agregasi, bertugas melakukan rekonsiliasi data yang salah.

ChainLink akan menerima keuntungan dari pengguna yang memanfaatkan layanannya untuk beroperasi. Sebelum menikmati teknologi ini, Teman Pintu perlu menyiapkan crypto LINK sebagai alat transaksi. Cek panduan membeli LINK berikut.

Kini transaksi jual beli LINK dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi Pintu. Begini langkah-langkah membeli aset kripto di Pintu.

  1. Pilih LINK di daftar aset kripto pada beranda. Fitur jual/beli aset kripto juga bisa diakses melalui wallet card.
  2. Tekan tombol Beli.
  3. Setelah itu, masukkan jumlah nominal yang diinginkan dalam Rupiah atau crypto.
    • Kamu tidak perlu membeli atau menjual utuh sebuah LINK, karena kamu dapat membeli / menjual LINK dengan jumlah pecahan (sebesar 0,1 LINK, bahkan kurang dari itu).
    • Namun di Pintu, terdapat jumlah nilai minimal dalam Rupiah untuk melakukan transaksi pembelian / penjualan crypto, termasuk LINK, yaitu senilai Rp 22.000 (per tanggal 24/5/2021, minimal pembelian dapat berubah sewaktu-waktu).
  4. Pastikan memeriksa ulang setiap transaksi yang akan kamu lakukan.
  5. Aplikasi akan mengirim notifikasi jika transaksi berhasil.

Baca Juga: Apa Itu Aset Kripto? Kenali Kripto yang Tersedia di Aplikasi Pintu

Seperti yang kamu tahu, harga LINK cenderung fluktuatif sehingga nilainya bisa berubah kapan saja sesuai volume transaksi yang terjadi. Oleh karena itu, total transaksi dihitung berdasarkan harga terakhir yang ditampilkan saat melakukan check-out.

Demikian informasi lengkap mengenai ChainLink sebagai salah satu crypto yang memiliki kapitalisasi pasar berharga fantastis. Kalau kamu tertarik untuk membeli LINK, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Pintu, di sini.

Author
Pintu Kemana Saja
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.