Apa itu Compound (COMP)?

Update 15 Nov 2023 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Apa itu Compound (COMP)?
Reading Time: 4 minutes

Salah satu aplikasi DeFi atau decentralized finance yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi pinjam meminjam, dengan Compound sebagai salah satu yang paling populer. Dengan Compound, kamu dapat mendepositokan aset kripto untuk mendapat bunga, dan juga meminjam aset kripto untuk kebutuhan investasi.

Jika pada ekosistem keuangan tradisional dibutuhkan peran institusi keuangan untuk melakukan pinjam meminjam aset, dengan Compound, proses ini diotomatisasi dengan kumpulan smart contract Compound di blockchain Ethereum.

Melalui smart contract, Compound menjembatani kebutuhan antara pemberi pinjaman yang ingin memperoleh bunga dari aset yang tidak digunakan, dengan peminjam yang membutuhkan aset sebagai modal investasi.

Compound memiliki governance token bernama COMP yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan voting terhadap perubahan pada protokol Compound. Pada proyek-proyek DeFi atau decentralized finance, kehadiran governance token diperlukan untuk mendistribusikan wewenang kepada pengguna agar platform tetap terdesentralisasi.

Untuk ketahui lebih lanjut tentang apa itu Compound, fitur utama dan bagaimana cara menggunakannya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Fitur utama Compound

compund coin
Source: https://compound.finance/

Seperti dijelaskan sebelumnya, dua fitur utama Compound adalah sebagai platform untuk mendepositkan aset kripto dan juga melakukan peminjaman aset.

Per Agustus 2021, ada 11 token yang tersedia di Compound, yaitu 0x (ZRX), Basic Attention Token (BAT), Compound (COMP), Dai (DAI), Ether (ETH), USD Coin (USDC), Tether (USDT), Uniswap (UNI), Wrapped BTC (WBTC), True USD dan Chainlink (LINK). Perlu diperhatikan bahwa USDT adalah satu-satunya token yang tidak dapat digunakan sebagai jaminan untuk melakukan peminjaman karena struktur biayanya berpotensi mempengaruhi mekanisme likuiditas Compound.

Berikut penjelasan lebih lanjut dari masing-masing fitur utama yang dimiliki Compouund.

  1. Mendapatkan bunga di Compound

Untuk mulai mendapatkan bunga di aplikasi ini, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menyetorkan aset kripto. Saat menyetorkan aset, pengguna akan menerima sejumlah cToken, yaitu token yang mewakili jumlah saldo pengguna dalam protokol dan memperoleh bunga dari waktu ke waktu. Jika kamu mendepositkan USDC kamu akan menerima cUSDC. Jika kamu mendepositokan DAI, kamu akan menerima cDAI dan begitu pula dengan token lainnya.

Bunga akan segera bertambah seiring waktu pada cToken pengguna. Pengguna dapat menukarkan kembali cToken untuk menerima kembali modal yang disetorkan ditambah bunga yang diperoleh.

2. Meminjam dana dengan Compound

Compound juga memungkinkan pengguna melakukan leverage atau strategi investasi menggunakan uang pinjaman sebagai modal. Sebelum mulai meminjam di Compound, pengguna harus menyetorkan aset sebagai jaminan, dan jumlah yang disetor harus lebih tinggi dari jumlah yang dipinjam. Ini berarti jika kamu ingin meminjam aset kripto senilai $100, kamu harus terlebih dahulu menyetorkan aset yang nilainya lebih dari $100. Hal ini untuk meminimalisasi resiko pemberi pinjaman apabila terjadi penurunan harga aset kripto yang dipinjamkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh penggunaannya:

Contoh: Kamu memiliki 30 ETH (senilai $7,800 USD per Agustus 2021) dan kamu memprediksi bahwa harga ETH akan naik dalam waktu 30 hari ke depan. Kamu ingin membeli lebih banyak ETH, namun tidak memiliki dana yang cukup.

Dengan Compound, kamu bisa mendepositokan 30 ETH yang kamu miliki dan meminjam 50% dari nilai ETH tersebut di Compound. Anggap saja di Compound kamu meminjam aset USD Coin (USDC), stablecoin yang memiliki nilai yang sama dengan USD, dengan bunga pinjaman sebesar 1%. Dengan demikian kamu mendapat USDC senilai $3,900 USD atau 50% dari nilai ETH yang kamu depositkan.

Dengan 3,900 USDC yang kamu pinjam, kamu membeli 15 ETH di exchange yang kamu pilih. Jika setelah 30 hari harga ETH naik sebesar 30%, maka nilai 15 ETH yang baru kamu beli menjadi $5,070 USD. Kamu dapat menjual 15 ETH tersebut, kembali ke Compound untuk mengembalikan pinjaman, dan menarik ETH yang kamu depositokan sebelumnya.

Dengan pinjaman sebesar 3,900 USDC ditambah 1% bunga, berarti kamu harus membayar sebesar 3,939 USDC kepada Compound dan mendapat kembali 30 ETH yang didepositkan. Dengan demikian, kamu mendapatkan keuntungan sebesar $5,070 – $3,939 = $1,131.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa jika terjadi penurunan harga aset kripto, Compound dapat melikuidasi hingga 50% dari jaminan pengguna yang melakukan peminjaman. Sehingga kamu harus berhati-hati saat ingin mencoba leverage.

Berapa besaran bunga yang akan diterima atau harus dibayar oleh pengguna?

Pada Compound, suku bunga disebut dengan Annual Percentage Yield (APY), dan tingkat suku bunganya berbeda-beda tergantung asetnya. Compound menentukan tingkatan suku bunga dengan algoritma yang memperhitungkan banyaknya penawaran dan permintaan aset. Umumnya, semakin tinggi permintaan pinjaman, semakin tinggi tingkat bunga (APY) dan juga sebaliknya. APY pada Compound diperbarui setiap 3-5 menit.

Bagaimana cara menggunakan Compound?

compound coin

Untuk menggunakan Compound, kamu memerlukan dompet Ethereum yang dapat berinteraksi dengan dApp/Web3 (seperti Metamask) dan sejumlah ether (ETH). Setelah kamu memiliki dompet, kamu bisa langsung menghubungkan dompetmu dengan Compound. Satu hal yang perlu kamu ingat, setiap transaksi di blockchain Ethereum memerlukan biaya yang disebut dengan gas fee untuk dibayarkan kepada para penambang agar transaksi dapat berjalan. Oleh karenanya pastikan kamu memiliki ETH yang cukup untuk menjalankan transaksi.

Siapa penemu Compound?

Compound didirikan pada tahun 2017 oleh Robert Leshner & Geoffrey Hayes di San Francisco, California. Sebelum mendirikan Compound, Robert adalah seorang analis keuangan, ekonom, dan pendiri dua startup perangkat lunak. Sementara itu Geoffrey Hayes sebelumnya adalah seorang engineering manager di Postmates, pendiri Safe Shepherd dan seorang engineer di Applied Predictive Technologies.

Berapa besar market cap COMP?

Saat artikel ini ditulis (Agustus 2021) COMP termasuk ke dalam token DeFi dengan kapitalisasi pasar sebesar $2.2 milyar. Saat ini token COMP yang sudah beredar di pasaran mencapai 5,3 juta token dengan maksimal pasokan sebanyak 10 juta token. Harga satu token COMP per Juli 2021 adalah $415. Untuk mengecek harga token COMP saat ini, kamu bisa klik link berikut.

Bagaimana cara mendapatkan token COMP?

Setelah membaca penjelasan mengenai apa itu Compound, jika kamu yang tertarik membeli beragam aset kripto seperti token COMP, kamu bisa download Pintu, aplikasi jual beli cryptocurrency yang telah terdaftar di BAPPEBTI. Dengan Pintu, kamu bisa investasi aset kripto mulai dari IDR 11.000 saja dan dalam jumlah yang sama secara berkala dengan fitur Dollar Cost Averaging (DCA). Cukup unduh Pintu dan klik fitur “DCA” yang dapat Anda temukan di halaman beranda aplikasi.

Sumber:

“How to DeFi?”, CoinGecko (2020)

https://coinmarketcap.com/view/defi/

Penulis:Nadya Rahmaesya

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan