Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Mengenal Compound (COMP) dan Cara Membelinya...
Mengenal Compound (COMP) dan Cara Membelinya
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Bicara mengenai aset crypto, hal yang terlintas pertama kali di pikiran biasanya adalah Bitcoin. Namun, tahukah kamu bahwa di luar sana masih banyak jenis aset crypto selain Bitcoin? Compound (COMP) misalnya.

Peluncuran blockchain Enthereum sebagai open source membuat banyak orang bebas melakukan modifikasi hingga menghasilkan sebuah inovasi baru, salah satunya adalah Compound yang lahir dari seorang ahli ekonomi bernama Robert Lasher. Seperti apa cara kerja Compound dan bagaimana cara membelinya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Compound (COMP)?

Compound merupakan hasil inovasi dari jaringan blockchain Ethereum yang memfasilitasi pengguna dalam mengambil dan memberikan pinjaman aset crypto. Dalam praktiknya, pengguna Compound harus menyetorkan sejumlah mata uang crypto sebagai jaminan yang kemudian dikunci menggunakan protokol.

Sederhananya, cara kerja protokol Compound ini mirip dengan bank. Di bank, kamu bisa menikmati layanan deposito untuk mendapatkan bunga tahunan. Begitu pula dengan Compound. Protokol ini memudahkan pengguna untuk menyimpan berbagai aset crypto dan akan menerima bunga tahunan sebagai hasilnya.

Bedanya, Compound mengaplikasikan smart contract yang membuat setoran aset crypto dari pengguna tidak bisa dikendalikan atau diambil saldonya oleh pihak lain, termasuk Compound sebagai penyedia protokol. Keuntungannya, sekalipun aset crypto telah dikunci menggunakan protokol, pengguna tetap bisa menariknya kapan saja.

Secara teknis, pengguna bisa meminjam 50-75% dari total aset crypto yang disetorkan. Angka tersebut akan disesuaikan kembali dengan kualitas aset yang tersimpan. Mengenai bunga, keuntungan yang diperoleh akan disisihkan sebanyak 10% sebagai cadangan dan sisanya akan diberikan kepada pemasok.

Sama seperti Uniswap, Compound juga punya token asli yang dikenal sebagai cToken. Setiap kali pengguna menyetor aset cypto miliknya, protokol akan membuat cToken baru. Misalnya Teman Pintu menggunakan ETH sebagai jaminan, maka kamu akan menerima cETH sebagai imbalannya.

Keuntungan dari Compound

Kehadiran Compound membuat proses negosiasi persyaratan transaksi tak lagi diperlukan baik bagi pemasok maupun peminjam. Sebagai gantinya, Compound memungkinkan setiap pihak dapat berinteraksi secara langsung menggunakan protokol yang mengambil alih urusan jaminan dan suku bunga ini.

Keuntungan lainnya adalah pihak yang bertransaksi menggunakan Compound tidak diperkenankan memegang dananya masing-masing, melainkan dana tersebut disimpan ke dalam smart contract yang dikenal sebagai pool likuiditas.

Lebih dari itu, saat proses meminjam dan memasok terjadi, algoritma dalam protokol ini akan menyesuaikan tingkat bunga secara otomatis berdasarkan jumlah permintaan dan penawaran. Khusus pemilik token COMP, mereka mendapat hak eksklusif berupa wewenang dalam menyesuaikan tingkat bunga.

Cara Membeli COMP

Sama seperti aset crypto lainnya, COMP dapat dibeli lewat aplikasi Pintu, berikut panduannya:

  • Step 1, tentukan aset kripto yang ingin kamu beli, dalam hal ini adalah Compound pada daftar crypto di bagian beranda. Fitur jual/beli krcrypto pto juga bisa diakses dari wallet card di setiap halaman wallet crypto.
  • Step 2, klik tombol Jual atau Beli.
  • Step 3, masukkan jumlah nominal transaksi. Nominal tersebut bisa menggunakan kurs Rupiah atau kripto.
  • Step 4, lakukan pengecekan ulang sebelum menyetujui transaksi.
  • Step 5, Pintu akan mengirimkan notifikasi apabila transaksi berhasil diproses.

Ingat, nilai aset kripto cenderung fluktuatif, tak terkecuali COMP. Harga COMP dapat berubah sewaktu-waktu tergantung besaran volume transaksi yang terjadi. Dengan demikian, nilai transaksi akan dihitung berdasarkan harga COMP paling baru.

Tak jauh berbeda dengan jenis investasi lainnya, kamu yang berencana terjun ke dunia cryptocurrency wajib meninjau kembali potensi risikonya. Jika kamu ingin memulai investasi crypto kamu bisa download aplikasi Pintu dan mulai sekarang!

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.