Pengertian Etika Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Updated
November 26, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian Etika Bisnis yang Harus Kamu Tahu
Reading Time: 3 minutes

Ketika kamu melihat sebuah peluang bisnis dan akan menjalankannya, maka kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja aturan yang ada di dalam bisnis. Sebab aturan ini akan berdampak pada kelancaran bisnis yang kamu jalankan. Misalnya seperti etika bisnis, yakni sebuah aturan yang harus dipatuhi oleh semua pebisnis agar tidak ada perselisihan bisnis di antara mereka.

Pengertian Etika Bisnis dan Pendapat Para Ahli

Apa itu etika bisnis? Etika bisnis adalah tindakan yang dilakukan ketika sedang menjalankan kegiatan bisnis dengan tidak melanggar aturan yang ada di organisasi dan masyarakat. Etika bisnis memegang peran yang sangat penting seperti mencegah adanya persaingan tidak sehat antar perusahaan. Sedangkan pendapat para ahli tentang pengertian etika bisnis adalah:

1. Sumarni (1988)

Menurut Sumarni, etika bisnis berkaitan dengan menilai perilaku dan aktivitas bisnis yang mengacu pada hal yang benar berupa kejujuran dalam berbisnis.

2. Bertens (2000)

Pada dasarnya etika bisnis diatur dalam undang-undang yang jelas, namun Bertens tidak setuju dengan ini. Menurutnya etika bisnis memiliki standar minimum yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan standar bisnis yang dimiliki oleh hukum. Ini karena di dalam bisnis selalu terdapat grey area yang tidak tersentuh oleh hukum.

3. Steade Et Al

Sedangkan pendapat Steade Et Al, pengertian etika bisnis adalah sebuah standar etika yang berkaitan dengan tujuan bisnis dan bagaimana cara pengambilan keputusan.

4. Hill dan Jones

Hill dan Jones memberikan pendapat mengenai etika bisnis, yaitu ajaran atau ilmu yang diberikan ke para pemimpin perusahaan tentang benar atau salah sebuah keputusan. Sehingga diharapkan para pemimpin perusahaan ini bisa lebih bijak ketika menghadapi permasalahan yang moral dan kompleks.

5. Velasques

Menurut Velasques, etika bisnis yaitu kajian bisnis yang bertumpu pada akhlak yang benar ataupun salah.

Prinsip Etika Bisnis

Setelah mengetahui apa itu etika bisnis, maka kamu juga harus tahu apa saja prinsip etika bisnis. Ini karena prinsip etika bisnis menuntut kejujuran dari para pelaku bisnis. Adapun jenis-jenis prinsip etika bisnis yaitu:

1. Prinsip Moral Integrity

Prinsip etika bisnis moral integrity mengharuskan setiap pelaku bisnis untuk menjaga nama baik perusahaan mereka. Yakni dengan cara menjalankan usaha mereka dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya. Sehingga konsumen tetap percaya kepada perusahaan tersebut dan relasi bisnis juga tetap terjaga dengan baik.

2. Prinsip Otonomi

Setiap pelaku bisnis harus memiliki prinsip otonomi etika bisnis, yaitu kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan kesadaran diri masing-masing. Artinya prinsip ini harus dimiliki oleh semua pelaku bisnis sehingga setiap orang tahu apa saja hak dan kewajiban mereka sebagai pebisnis. Prinsip otonomi juga akan membantu pebisnis untuk tahu resiko yang ia hadapi nantinya.

3. Prinsip Saling Menguntungkan

Simbiosis mutualisme juga ada di dalam bisnis dan bisa berlaku untuk sesama pebisnis ataupun antara pelaku bisnis dengan konsumen. Prinsip etika bisnis saling menguntungkan mengharuskan setiap pelaku bisnis memberikan pelayanan yang maksimal ke konsumen dan relasi bisnis mereka. Sehingga kedua pihak sama-sama mendapat keuntungan.

4. Prinsip Wajar di Etika Bisnis

Kejujuran dalam bisnis adalah hal yang penting sehingga terciptalah prinsip kewajaran etika bisnis. Yang mana prinsip ini mengharuskan pemilik bisnis untuk berperilaku adil pada karyawan internal perusahaan maupun konsumen eksternal perusahaan. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan dicurangi ketika sedang berbisnis.

Selain keempat prinsip di atas, masih ada 5 prinsip etika bisnis yang lain. Yaitu:

  • Loyalitas

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus memiliki loyalitas yang besar. Yang mana loyalitas ini nantinya akan membuat kamu dipercaya oleh pihak lain ketika berbisnis.

  • Integritas

Seorang pelaku bisnis juga harus memiliki prinsip integritas, yakni sebuah prinsip untuk menjalankan semua kegiatan bisnis berdasarkan etika bisnis yang berlaku.

  • Keadilan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jika dalam bisnis sikap adil sangatlah penting. Dengan begitu maka setiap karyawan yang bekerja akan merasa nyaman dan konsumen juga merasa puas akan pelayanan yang adil.

  • Peduli dan Menghormati

Peduli dan menghormati merupakan dua prinsip yang harus kamu miliki jika ingin membuka sebuah bisnis. Prinsip ini akan membuat kamu lebih peduli ke sesama dan menghormati orang lain tanpa memandang jabatan yang ia miliki.

  • Jujur

Sikap jujur juga termasuk ke dalam prinsip etika bisnis. Yang mana kamu harus menjalankan semua kegiatan bisnis yang kamu miliki dengan jujur.

Tujuan Etika Bisnis

tujuan etika bisnis

Etika bisnis dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

1. Memberikan Dorongan Kesadaran Moral

Adanya etika bisnis adalah untuk memberikan dorongan kesadaran moral pada pemilik bisnis. Sehingga mereka tahu batasan ketika akan berbisnis dan tidak melampaui batasan tersebut.

2. Terciptanya Persaingan Bisnis yang Sehat

Tujuan etika bisnis selanjutnya adalah agar tercipta lingkungan persaingan bisnis yang sehat. Yang mana etika bisnis mengharuskan setiap pelaku bisnis untuk berlaku adil dan juga jujur. Selain itu, bisnis juga harus dijalankan sesuai dengan peraturan undang-undang yang sudah disepakati.

Memulai bisnis dari bawah memang bukan hal yang mudah, oleh karenanya kamu harus benar-benar paham mengenai bisnis tersebut. Sebelum memutuskan membuka sebuah bisnis, kamu harus tahu dengan benar apa itu etika bisnis hingga undang-undang yang mengatur tentang bisnis.

Referensi:

Indeed Editorial Team, Business Ethics Definition and Examples. Diakses tanggal: 09-11-2021

Pintek, Etika Bisnis: Contoh, Tujuan, dan Penerapannya, Pengusaha Wajib Tahu!. Diakses tanggal: 09-11-2021

Michael Josephon, 12 Ethical Principles For Business Executives. Diakses tanggal: 09-11-2021

Wikipedia, Business Ethics. Diakses tanggal: 09-11-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+