Apa itu Prinsip Ekonomi? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Updated
November 12, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Prinsip Ekonomi? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Reading Time: 4 minutes

Prinsip ekonomi adalah bentuk penerapan dari tiga aktivitas berbeda, yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Apa itu prinsip ekonomi? Simak pengertian, tujuan, dan contoh prinsip ekonomi secara lengkap dalam artikel berikut.

Baca juga : Apa itu Fluktuasi Ekonomi?

Pengertian dari Prinsip Ekonomi

apa itu prinsip ekonomi

Menurut ahli ekonom asal Inggris Alfred Marshall, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia dalam penggunaan barang-barang material.

Sementara itu, pengertian prinsip ekonomi adalah melingkupi bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang jumlahnya terbatas.

Tujuan Prinsip Ekonomi

Setelah mengetahui tentang apa itu prinsip ekonomi, kamu mungkin bertanya-tanya apa tujuan dari prinsip ekonomi? Pada dasarnya, tujuan utama prinsip ekonomi adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal serta meminimalisasi kerugian. Secara spesifik, berikut 5 tujuan prinsip ekonomi yang utama.

Mencegah Terjadinya Kelangkaan

Dengan diterapkannya prinsip ekonomi, akan ada batasan tertentu untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh pelaku ekonomi. Konsumen akan membatasi jumlah konsumsi yang tidak penting dan produsen tidak akan menggunakan sumber daya secara sembrono, yang dapat berdampak pada terjadinya kelangkaan.

Efektivitas Dan Optimasi Sumber Daya

Salah satu tujuan prinsip ekonomi adalah sebagai pedoman seseorang untuk memanfaatkan sumber daya secara optimal untuk memperoleh keuntungan sebesar mungkin.

Menciptakan Persaingan Aman dan Sehat

Berkat prinsip ekonomi, para perusahaan bisa bersaing secara sehat. Sebab, prinsip ini turut mengatur peran serta pemerintah dalam pengelolaan pasar, manfaat variasi produk, serta berbagai aktivitas ekonomi agar bisa berjalan secara harmonis dan saling mendukung.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Tujuan lain dari prinsip ekonomi adalah untuk membantu tiap pelaku ekonomi mengambil keputusan belanja yang tepat sesuai skala prioritas yang dimiliki. Keputusan diambil berdasarkan pada prinsip trade-off yang berarti setiap individu harus rela melepaskan sesuatu demi mendapatkan hal lain yang jauh lebih bernilai.

Memudahkan Upaya Meraih Suatu Tujuan

Perlu diketahui pula, bahwa prinsip ekonomi turut membantu individu ataupun organisasi dalam meraih tujuannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap gerak-gerik manusia tak akan lepas dari aktivitas ekonomi.

Contohnya, ketika kamu ingin membeli apartemen seharga 500 juta dalam waktu satu tahun, maka kamu akan menghadapi sejumlah pilihan.

Di antaranya adalah menabung penghasilan bulanan kamu hingga tercapai 500 juta atau justru menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan tersier yang tidak terlalu penting. Penerapan prinsip ekonomi bisa membantu kamu untuk tetap berpegang pada tujuan ekonomi utama kamu sebelum mengambil keputusan.

Jenis-Jenis Prinsip Ekonomi

jenis-jenis prinisp ekonomi

Secara garis besar, prinsip ekonomi terbagi menjadi prinsip ekonomi konsumen, produsen, dan distribusi. Berikut ulasan selengkapnya.

Prinsip Ekonomi Konsumen

Konsumen bisa diartikan sebagai orang atau pihak yang menggunakan produk atau jasa tertentu demi memenuhi kebutuhannya. Bisa dipastikan, konsumen hanya menggunakan produk atau jasa yang dibeli tanpa menjualnya kembali kepada pihak tertentu.

Konsumen memiliki peran cukup penting. Sebab, tanpa kehadiran konsumen maka rantai pasokan tak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Konsumen juga memiliki peranan penting untuk menciptakan peningkatan pendapatan nasional suatu negara.

Beberapa penerapan prinsip ekonomi konsumen dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Membuat prioritas barang maupun jasa yang ingin dibeli dengan cara memperhatikan manfaatnya secara matang.
  • Memilih barang berkualitas unggulan.
  • Tidak ragu melakukan aktivitas tawar-menawar saat membeli barang ataupun jasa demi mendapat harga terbaik.

Prinsip Ekonomi Produsen

Produsen kerap diartikan sebagai seorang pengusaha yang bekerja untuk menghasilkan barang atau jasa, yang kemudian akan dimanfaatkan oleh konsumen.

Berikut ini beberapa contoh dari prinsip ekonomi produsen, antara lain:

  • Menyesuaikan jumlah barang yang hendak diproduksi sesuai permintaan konsumen.
  • Memproduksi barang sesuai kebutuhan dan memang banyak dicari masyarakat.
  • Mencari sumber bahan baku berkualitas unggulan dengan harga terjangkau.

Prinsip Ekonomi Distributor

Berdasarkan definisinya, distributor merupakan individu ataupun kelompok yang bertugas menyalurkan produk kepada konsumen akhir.

Selain itu, distributor juga sering diartikan sebagai pihak yang sengaja membeli produk jadi dari produsen tanpa melakukan perubahan ataupun modifikasi apapun sampai didistribusikan pada konsumen.

Di samping itu, distributor juga memiliki peran untuk menyimpan barang dan jasa dalam periode tertentu sebelum disalurkan kepada pedagang lain ataupun konsumen.

Beberapa prinsip ekonomi produsen adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan saluran distribusi terbaik dan mencari alat angkut paling ekonomis. Dengan begitu, distributor bisa menyalurkan setiap produk secara tepat, cepat, dan murah dengan keuntungan maksimal.
  • Melakukan klasifikasi barang maupun jasa sesuai ukuran, jenis, dan jumlahnya sebelum tiba ke tangan konsumen.
  • Menyalurkan barang tepat waktu dengan memperhatikan aspek keamanan proses pengiriman untuk meminimalisir risiko terjadinya kerusakan barang.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu prinsip ekonomi. Pada dasarnya, prinsip ekonomi adalah salah satu prinsip penting yang harus diketahui oleh setiap pelaku ekonomi, baik itu produsen, distributor maupun konsumen. Cukup mudah dipahami, bukan?

Pintu, Aplikasi Jual Beli Bitcoin dan Aset Crypto Lainnya

Kami adalah Pintu, aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Investasi crypto belakangan ini semakin menarik minat masyarakat Indonesia. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Wajar saja, mengingat harga aset crypto bisa mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan dalam waktu singkat. Sebut saja bitcoin, yang per 9 November lalu telah mengalami peningkatan harga hingga 349% dalam kurun waktu setahun saja.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi maupun trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11,000 saja, lho!

Referensi:

Andrew Beattie. 4 Economic Concepts Consumers Need to Know. Diakses tanggal: 3-11-2021

Catherine S. The Economic Principle: Definition & Example. Diakses tanggal: 3-11-2021

CSRWire Blogs. The Three Economic Principles of Sustainability. Diakses tanggal: 3-11-2021

Husnul Abdi. Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Prinsipnya yang Perlu Dipahami. Diakses tanggal: 3-11-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+