Apa itu Market Outlook dan Manfaatnya di 2022?

Updated
March 8, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Market Outlook dan Manfaatnya di 2022?
Reading Time: 4 minutes

Pengenalan tentang pasar dan pergerakannya merupakan kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap pelaku ekonomi, khususnya pebisnis dan investor. Nah, pada pembahasan kali ini, Pintu akan membahas tentang market outlook, yakni alat yang dapat kita gunakan agar dapat lebih mengenal tentang pasar dan pergerakannya. Simak selengkapnya dalam artikel ini mengenai apa itu market outlook dan manfaatnya.

Baca juga: Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder

Apa itu Market Outlook?

contoh market outlook

Market outlook juga dikenal sebagai market forecast atau ramalan pasar. Pada dasarnya, market outlook adalah suatu perkiraan mengenai tren yang kemungkinan akan berkembang pesat di masa depan, yang meliputi bisnis, segmen ekonomi, komoditas, maupun bursa pasar aset tertentu.

Penyusunan market outlook biasanya secara resmi dilakukan oleh International Monetary Fund (IMF) dalam bentuk laporan yang diberi nama World Economic Outlook (WEO). Namun ada pula beberapa institusi tertentu yang juga menerbitkan market outlook.

Penyusunan market outlook umumnya didasarkan atas kinerja atau hasil evaluasi di tahun terakhir, faktor kebijakan ekonomi yang berlaku saat ini, serta pergeseran kurva permintaan dan penawaran.

Berdasarkan laporan resmi yang dikeluarkan oleh IMF, market outlook biasanya turut menganalisis poin-poin pengawasan IMF terhadap perkembangan dan kebijakan ekonomi di negara-negara anggota, serta proyeksi terhadap perkembangan pasar keuangan global dan sistem ekonomi.

Mengapa Market Outlook Penting Untuk Diperhatikan?

Setelah memahami tentang apa itu market outlook, kamu mungkin bertanya-tanya tentang apa manfaat market outlook bagi pebisnis maupun investor. Simak beberapa fungsi market outlook berikut ini.

Memprediksi dan Membuat Perencanaan

Pemahaman tentang pasar dapat membantu para pelaku ekonomi untuk menentukan arah bisnis dan investasi mereka di masa yang akan datang. Bagi para investor, market outlook akan sangat membantu dalam menentukan perencanaan investasi dan memprediksi tingkat keuntungan yang mungkin diperoleh.

Bagi para pebisnis, memperhatikan market outlook dapat membantu dalam mengidentifikasi tren bisnis dan menganalisa kebutuhan konsumen. Lebih lanjut, pemahaman tentang market outlook akan membantu pihak internal dalam merencanakan penjualan secara akurat.

Perencanaan penjualan yang akurat nantinya akan sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek berikut:

  • Strategi untuk menjaga tingkat stok produk agar tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen, misalnya dengan mengontrol (menambah atau mengurangi) jumlah barang yang diproduksi, membeli mesin baru, menambah jumlah supplier, dan lain-lain;
  • Menentukan jumlah karyawan yang dipekerjakan dan mempertimbangkan urgensi kebutuhan karyawan baru jika diperlukan; dan
  • Menempatkan karyawan pada divisi yang sesuai dengan keahlian masing-masing untuk mendukung permintaan konsumen

Investasi dengan Bijak

Selain membantu memprediksi tingkat keuntungan, market outlook juga membantu para investor dalam menyusun portofolio investasi dan menggunakan dana investasi mereka secara bijaksana.

Tak sampai di situ, perusahaan juga dapat menggunakan market outlook sebagai dasar untuk mengambil keputusan terkait investasi, baik dengan cara mengakuisisi perusahaan lain yang mampu mendukung operasional perusahaan maupun menambah jumlah aset tetap yang dimiliki, baik dalam bentuk kendaraan, peralatan, maupun gedung atau bangunan.

Hasil keputusan investasi dari perusahaan tentunya didasarkan atas perencanaan penjualan yang akurat. Dengan adanya rencana penjualan yang akurat maka perusahaan dapat membandingkan antara prediksi jumlah dana yang diterima dengan biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, perencanaan ini juga dapat memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menentukan saat yang paling tepat dalam berinvestasi.

Mengidentifikasi Risiko

Perencanaan yang akurat dapat menjadi pedoman bagi perusahaan sekaligus patokan dalam mengidentifikasi kemungkinan timbulnya risiko dengan cara menganalisis faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi perkiraan penjualan secara positif maupun negatif, di antaranya:

  • Ada tidaknya perubahan pada rencana kompensasi penjualan;
  • Adanya perubahan pada strategi pemasaran dan penjualan;
  • Munculnya pesaing, baik pemain lama dengan strategi baru, pendatang baru, maupun kompetitor yang menyediakan barang substitusi dari produk yang dijual;
  • Perubahan pada jenis produk atau layanan yang ditawarkan; dan
  • Perubahan kondisi ekonomi yang disebabkan oleh regulasi baru yang ditetapkan pemerintah

Semakin cepat perusahaan menyadari kemungkinan timbulnya risiko, maka semakin banyak pula waktu yang dimiliki perusahaan untuk mengambil langkah guna meminimalkan potensi risiko tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Dengan memahami faktor-faktor yang berpotensi menimbulkan risiko, maka pihak manajemen dapat merumuskan strategi pemasaran paling efektif yang tidak hanya dapat meningkatkan angka penjualan melainkan juga dapat meminimalkan faktor risiko tersebut.

Tidak hanya pihak perusahaan, market outlook juga dapat membantu para investor untuk menentukan kapan waktunya berinvestasi dan kapan saat untuk melepaskan instrumen investasi.

Bagaimana Market Outlook Tahun 2022?

market outlook 2022

Dikutip dari laman Forbes, Januari 2022 tidaklah terlalu baik bagi pasar saham Amerika Serikat. Indeks S&P 500 mengalami penurunan hingga 9,8% dari sebelumnya, begitu pula dengan indeks teknologi berat turun hingga hampir 17%.

Sementara itu, Februari 2022 juga tidak menjanjikan begitu banyak perubahan. Oleh sebab itu, banyak investor yang masih menunggu dan mengamati sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi.

Kendati demikian, berdasarkan riset global yang dilakukan oleh J.P. Morgan, diperkirakan tahun 2022 akan menjadi tahun pemulihan bagi sektor ekonomi pasca era pandemi COVID-19, khususnya untuk pasar saham. Bahkan, diperkirakan sektor ekonomi global akan meningkat drastis pada kuartal terakhir tahun ini.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 diperkirakan akan mencapai tingkat 7,07% berkat adanya mobilitas dan kegiatan ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, adanya percepatan dosis vaksinasi juga disebut menjadi salah satu faktor pemulihan ekonomi.

Belajar mengenal pergerakan pasar dengan memantau market outlook sangat penting untuk membantu membuat keputusan yang tepat, tidak terkecuali saat kamu berinvestasi.

Berbicara soal investasi, kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat diminati masyarakat Indonesia maupun dunia saat ini. Per Desember 2021, jumlah investor kripto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang.

Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi dan trading kripto, namun tidak tahu harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah platform jual beli kripto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, terdapat berbagai jenis fitur yang bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu, yaitu:

  • Pintu Akademi, pusat situs belajar crypto terlengkap meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, manfaatkan crypto staking aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Anna-Louise Jackson, March Stock Market Outlook. Diakses tanggal 28-03-2022.

Amy-Louise Pratt, Why Is Sales Forecasting Important? Diakses tanggal 28-03-2022.

Clay Halton, World Economic Outlook (WEO). Diakses tanggal 28-03-2022.

J.P. Morgan, 2022 Market Outlook: More Upside For Stocks, Economic Growth To Rebound. Diakses tanggal 28-03-2022.

Michael Byrd, Market outlook. Diakses tanggal 28-03-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->