Apa itu Metaverse di Dunia Crypto?

Updated
September 24, 2021
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa itu Metaverse di Dunia Crypto?
Reading Time: 2 minutes

Perkembangan teknologi telah membawa manusia ke era baru melalui interaksi digital dan pengalaman virtual kolektif. Dunia metaverse tumbuh menjadi ruang hiburan, perdagangan dan telah ikut mempengaruhi berbagai industri mulai dari musik, ekonomi, dan industri lainnya. Apa itu metaverse dan bagaimana kaitannya dengan dunia crypto? Simak pengertian metaverse hingga 5 karakteristik utamanya dalam artikel berikut!

Pengertian Metaverse

Menurut Coinmarketcap, Metaverse adalah ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Secara lebih jelasnya, istilah metaverse mengacu pada dunia virtual yang menyerupai kehidupan dunia nyata, dengan tanah, bangunan, avatar yang bisa dibeli dan dijual, seringkali menggunakan mata uang kripto. Di dalam dunia ini, orang-orang dapat beraktivitas, berteman, mengunjungi tempat tertentu, membeli barang dan jasa, layaknya di kehidupan nyata.

Secara etimologis, Metaverse sendiri berasal dari kata ‘meta’ yang bermakna ‘melampaui’ dan ‘verse’ yang berarti ‘alam semesta’. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai sebuah ruang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Konsep metaverse pertama kali dikenalkan dalam novel Snow Crash karya Neal Stephenson di tahun 1992 yang menceritakan perjalanan metaverse sepasang kurir untuk menyelamatkan diri dari distopia kapitalis.

Sementara itu, penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform yang bahkan bisa menyerap tenaga kerja baru. Ia yakin bahwa metaverse mampu menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan generasi baru bagi perusahaan dan menjadi pemimpin industri.

Baca juga: Apa itu Aset Digital?

5 Karakteristik Utama Metaverse

Para futuris menyebut bahwa konsep Metaverse mirip dengan penggambaran dalam cerita fiksi ilmiah Ready Player One. Metaverse dapat dikenali dengan beberapa karakteristik dasar seperti berikut:

Persisten

Metaverse akan terus berjalan tanpa pernah mengalami reset, jeda, dan tidak akan pernah berakhir.

Real-time

Meski peristiwa dalam ruang metaverse telah didesain sebelumnya, namun pengguna bisa merasakan tiap pengalaman secara real-time.

Fungsi Ekonomi

Seperti di dunia nyata, ekonomi di ruang metaverse berfungsi secara penuh. Berbagai aktivitas jual beli, transaksi produk dan layanan dilakukan dengan mata uang asli berbasis blockchain.

Jembatan dengan Dunia Nyata

Jika virtual reality metaverse hanya menghadirkan sesuatu secara virtual, maka augmented reality metaverse bekerja sebaliknya. Teknologi ini menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata melalui digitalisasi atau tautan koordinat grafis yang sebenarnya.

Ruang Terbuka Bagi Pengguna

Salah satu hal yang menarik dalam ruang metaverse adalah peran pengguna sebagai kontributor konten terbesar. Hal ini sedikit berbeda dari konsep digital universe versi sebelumnya di mana konten dan pengalaman yang ada dibuat bersama oleh perusahaan dan pengguna.

Crypto di Dunia Metaverse

Besarnya dominansi crypto terlebih belakangan ini membuat banyak pengembang aplikasi melihat metaverse sebagai peluang, termasuk Beeple. John Herrman dari New York Times mengungkap bahwa Beeple tengah mengembangkan startup bernama Wenew, yang akan menjual NFT dalam bentuk momen-momen penting seseorang. Ia menyebutnya sebagai istana memori dari metaverse.

Arthur Madrid, CEO dan salah satu pendiri The Sandbox juga mengatakan bahwa teknologi blockchain dan cryptocurrency akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan metaverse di masa depan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Metaverse, termasuk perannya dalam dunia crypto. Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan jual beli crypto baik untuk tujuan investasi maupun trading, download Pintu sekarang! Mulai dari Rp11.000, kamu sudah bisa memiliki berbagai aset seperti BTC, ETH, BNB, SAND, AXS, dan masih banyak lagi.

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Alexandria, What Is Metaverse? Diakses tanggal: 20-09-2021.

Eli Tan, A Crypto Guide to the Metaverse. Diakses tanggal: 20-09-2021.

The New York Times, Are We in the Metaverse Yet? Diakses tanggal: 20-09-2021.

https://www.reuters.com/technology/what-is-metaverse-how-does-it-work-2021-09-08/

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+