Apa itu Moving Average dalam Crypto dan Jenis-Jenisnya?

Updated
October 22, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Moving Average dalam Crypto dan Jenis-Jenisnya?
Reading Time: 3 minutes

Dalam pasar saham maupun crypto, moving average bukanlah istilah yang asing lagi. Apa itu moving average? Pada dasarnya, moving average adalah indikator yang bisa dimanfaatkan oleh para trader untuk membaca pergerakan tren pasar. Simak pengertian moving average dalam crypto, cara menggunakan moving average secara tepat dan jenis-jenis moving average dalam artikel berikut.

Baca juga: Cara Menggunakan Indikator Bollinger Band dalam Trading

Apa itu Moving Average dalam Crypto?

Menurut Coinmarketcap, pengertian Moving Average (MA) adalah indikator yang digunakan oleh para trader untuk mengidentifikasi arah tren dan menentukan level resistance serta support.

Selain itu, moving average juga sangat membantu trader dalam melakukan analisis harga dan selanjutnya membantu mereka untuk menentukan langkah potensial berikutnya sesuai pergerakan pasar.

Cara Menggunakan Moving Average untuk Trading

Moving average merupakan indikator yang digunakan untuk melihat tren pasar melalui pergerakan harga. Lalu, bagaimana cara menggunakan indikator moving average untuk trading?

Pada dasarnya, indikator moving average selalu mengacu pada riwayat harga aset sebelumnya. Umumnya, periode waktu yang digunakan dalam moving average adalah 15, 20, 30, 50, 100, dan 200 hari.

Lama rentang waktu moving average yang digunakan tergantung dari tujuan trading itu sendiri, Moving average pendek digunakan untuk trading jangka pendek, sementara moving average jangka panjang biasanya digunakan untuk trading jangka panjang.

Periode waktu yang paling umum digunakan oleh para trader adalah 50 hari dan 200 hari karena kedua waktu tersebut dianggap sebagai sinyal perdagangan yang penting.

Indikator moving average sendiri biasanya terdiri dari dua garis seperti yang bisa terlihat di bawah ini.

ilustrasi moving average

Sumber: Coinmarketcap.com

Apabila garis kuning berada di atas garis ungu dengan jarak yang cukup besar di antara keduanya, maka harga aset crypto sedang mengalami pergerakan bullish.

Sebaliknya, saat garis ungu memotong garis kuning yang mengalami penurunan hingga tercipta jarak di antara keduanya, maka harga aset crypto sedang mengalami tren bearish.

Baca juga: Apa itu Fear and Greed Index dalam Crypto

Jenis-Jenis Moving Average

Berikut ini adalah 2 jenis moving average yang paling utama.

Simple Moving Average (SMA)

Simple Moving Average (SMA) adalah indikator moving average yang diperoleh dengan menjumlahkan harga aset dalam kurun waktu tertentu, lalu membaginya dengan periode waktu tersebut.

Trader menggunakan indikator moving average ini untuk mendapatkan sinyal kapan saat yang tepat untuk masuk atau keluar dari pasar. SMA adalah indikator yang didasarkan pada data-data yang terdapat di masa lalu dalam kurun waktu tertentu.

Dalam pasar crypto, SMA bisa digunakan untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjual aset.

Rumus Simple Moving Average adalah sebagai berikut.

rumus simple moving average

Sumber: Coinmarketcap.com

Keterangan:

A = harga aset dalam kurun waktu bersangkutan

n = jumlah periode waktu

Exponential Moving Average (EMA)

Pada dasarnya, Exponential Moving Average adalah jenis indikator moving average yang menitikberatkan pada harga aset terbaru. EMA umumnya lebih disukai oleh para trader berpengalaman dibandingkan dengan Simple Moving Average (SMA) karena lebih berfokus pada harga terbaru tanpa mengesampingkan harga lama sehingga para trader dapat melakukan analisis dan membuat keputusan investasi yang lebih akurat.

Rumus Exponential Moving Average adalah sebagai berikut.

rumus exponential moving average

Sumber: Coinmarketcap.com

Keterangan:

EMA = Exponential Moving Average

ValueToday = Harga aset hari ini

Days = rentang periode waktu (hari)

Smoothing = 2

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu moving average dalam crypto serta cara menggunakannya. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Coin Market Cap, Moving Average (MA). Diakses pada 12-10-2021.

Corporate Finance Institute, Moving Average. Diakses pada 12-10-2021.

Crypto Telegram, Best Moving Average Trading Strategies for Cryptocurrencies. Diakses pada 12-10-2021.

Jason Fernando, Moving Average (MA). Diakses pada 12-10-2021.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->