Apa itu Paper Trading dalam Crypto, Menguntungkankah?

Updated
August 29, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Paper Trading dalam Crypto, Menguntungkankah?
Reading Time: 4 minutes

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh trader pemula dalam rangka memperluas wawasan dan menambah pengalaman mereka, mulai dari mengikuti berbagai komunitas atau forum hingga melalui paper trading atau “trading kertas”. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu paper trading dan apakah hal tersebut menguntungkan. Simak selengkapnya di sini!

Apa itu Paper Trading?

contoh paper trading

Paper trading adalah suatu simulasi perdagangan yang memungkinkan trader untuk melatih kemampuan mereka dalam mengambil keputusan menjual atau membeli aset investasi tanpa menggunakan uang yang sebenarnya. 

Selama proses simulasi berlangsung, para trader dapat melatih kemampuan mereka dalam menentukan posisi, menyusun portofolio investasi, serta menemukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian yang mungkin timbul. 

Sejarah dan Latar Belakang Paper Trading

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa aktivitas ini disebut sebagai paper trading? Istilah paper trading sendiri mengacu pada aktivitas trading di masa lampau, ketika calon trader berlatih trading dengan cara menuliskan riwayat aktivitas trading mereka secara hipotetis, mulai dari posisi trading, jumlah profit dan loss serta portofolio mereka di selembar kertas.

Tentunya, aktivitas latihan ini sudah mulai berubah seiring perkembangan teknologi dengan adanya berbagai simulator yang dapat diakses secara digital oleh trader.

Fungsi Paper Trading

Mengapa para trader melakukan paper trading? Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan fungsi paper trading yang perlu kamu ketahui:

Menambah Wawasan  

Salah satu kunci kesuksesan trader terletak pada seberapa luas wawasan mereka mengenai kondisi pasar dan jenis strategi apa yang sebaiknya diterapkan untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. 

Paper trading dapat digunakan sebagai sarana untuk memperluas wawasan sekaligus praktik langsung bagi para trader dalam menghadapi situasi pasar yang kerap berubah. 

Memahami Cara Kerja dan Sistem Trading

Dalam praktiknya, trader pemula sering membuat kesalahan, misalnya dalam memilih dan menempatkan order. Apabila kesalahan tersebut terjadi pada saat melakukan transaksi sesungguhnya, maka tentu saja para pemula akan mengalami kerugian yang cukup fatal. 

Paper trading merupakan fasilitas yang dapat membantu para pemula dalam memahami mekanisme dasar trading dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat tanpa menggunakan uang atau modal sungguhan, sehingga tidak perlu mengalami kerugian apabila melakukan kesalahan atau kecerobohan. 

Uji Coba Strategi

Tidak hanya bagi pemula, paper trading juga sering dimanfaatkan oleh trader berpengalaman untuk melakukan uji coba strategi trading yang telah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan keputusan yang harus diambil pada kondisi perdagangan tertentu. 

Mengendalikan Emosi

Pengendalian emosi merupakan hal krusial bagi trader agar tidak terbawa FOMO atau FUD dalam mengambil keputusan investasi. Pada dasarnya, setiap keputusan investasi yang diambil atas dasar emosi sesaat lebih berpotensi menimbulkan risiko kerugian.  

Tidak hanya membantu trader untuk menguasai mekanisme perdagangan dalam rangka menyusun portofolio investasi, paper trading juga membantu para pemula dalam mengendalikan emosi agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan. 

Kelebihan dan Kekurangan Paper Trading

simulasi paper trading online

“Apakah paper trading menguntungkan?”

Pertanyaan ini yang biasanya diajukan oleh trader pemula yang ingin melakukan paper trading

Pada dasarnya, paper trading memang bisa memberi keuntungan seperti yang telah disebutkan dalam fungsi paper trading di atas, meskipun bentuk keuntungannya bukan dalam bentuk uang atau profit. 

Kelebihan Paper Trading

Beberapa kelebihan paper trading adalah sebagai berikut. 

Tidak Ada Risiko Kerugian

Berbeda dari perdagangan riil yang menggunakan uang sungguhan, paper trading merupakan simulator perdagangan, sehingga kamu tidak benar-benar menggunakan uang. Karena tidak ada modal atau uang, maka trader tidak akan mengalami kerugian sama sekali. 

Sarana Berlatih Mengendalikan Emosi

Paper trading dapat membantu trader untuk memanajemen tingkat stres mereka. Mirip seperti bermain game, mereka bisa melatih emosi sekaligus strategi trading agar mendapatkan hasil yang terbaik guna memenuhi kepuasan emosional, meskipun keuntungannya bukan dalam bentuk uang sungguhan. 

Menyeimbangkan Teori dan Praktik

Paper trading dapat menjadi sarana bagi trader untuk mengaplikasikan teori dan strategi yang telah mereka ketahui ke kondisi perdagangan yang sesungguhnya. Kombinasi teori dan praktik ini dibutuhkan, khususnya oleh para pemula untuk memaksimalkan kemampuan trading mereka.  

Kekurangan Paper Trading

Dibalik berbagai kelebihan tersebut, kekurangan paper trading yang paling utama adalah tidak adanya keuntungan (gains) yang diperoleh trader. 

Bagaimanapun, paper trading tidak menggunakan uang sungguhan dalam pelaksanaannya. Tidak ada risiko rugi, tentunya tidak ada profit nyata yang bisa diperoleh trader. Sementara sebagian trader mungkin lebih bersemangat apabila mereka memperoleh profit yang riil. 

Bagaimana Cara Melakukan Paper Trading?

Untuk bisa melakukan paper trading, kamu tinggal mencari platform yang menyediakan fasilitas tersebut, mendaftarkan diri, dan langsung mencoba fitur-fitur tersedia layaknya trading yang sebenarnya. 

Sementara bagi kamu yang sudah siap terjun langsung di dunia trading dan investasi crypto, kamu bisa melakukannya di Pintu.  Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Telah diunduh lebih dari 4,85 juta kali (per tanggal perilisan artikel ini), kamu bisa berinvestasi crypto di Pintu mulai dari Rp11.000 saja. 

Referensi

Alan Farley. Pros and Cons of Paper Trading. Diakses pada Jumat, 15 Juli 2022.

Christina Majaski. Paper Trade. Diakses pada Jumat, 15 Juli 2022.

Dayana Yochim dan Pamela de la Fuente. Paper Trading: What It Is and How It Works. Diakses pada Jumat, 15 Juli 2022.

NM Press. What is Paper Trading? What are its pros & cons? Diakses pada Jumat, 15 Juli 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->