10 Dampak Positif dan Dampak Negatif Modernisasi Investasi

Updated
October 28, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Dampak Positif dan Dampak Negatif Modernisasi Investasi
Reading Time: 4 minutes

Modernisasi adalah proses perubahan untuk menjadi lebih maju dari sebelumnya. Dalam bidang investasi, modernisasi juga memberi dampak cukup besar untuk menjadikan keseluruhan aktivitas tersebut lebih efektif dan efisien. Apa itu modernisasi? Bagaimana dampak positif dan dampak negatif modernisasi dalam dunia investasi? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Investasi Paling Aman Menurut Para Ahli

Pengertian Modernisasi

Modernisasi telah membantu berbagai elemen di masyarakat mengalami perubahan dan kemajuan. Secara etimologis, modernisasi diambil dari kata modernus (bahasa Latin) yang terbagi lagi menjadi dua kata, yaitu modo yang berarti cara dan ernus yang mengacu pada periode masa kini.  

Harold Rosenberg berpendapat bahwa modernisasi adalah suatu tradisi baru merujuk pada urbanisasi atau sejauh mana dan seperti apa pengikisan sifat pedesaan kelompok masyarakat tertentu bisa terjadi. 

Hal berbeda disampaikan oleh Soerjono Soekanto yang mengatakan bahwa modernisasi merupakan perubahan masyarakat tentang nilai sosial, norma sosial, dan segala aspek yang ada pada kehidupan sosial. 

Inilah sebabnya, modernisasi dikatakan juga sebagai proses yang kompleks dan luas. Bukan sekadar menyangkut bidang sosial saja, modernisasi juga meliputi bidang lain seperti ekonomi, teknologi, politik, hingga investasi. 

Dampak Positif Modernisasi dalam Investasi

ilustrasi dampak modernisasi

Dari sekian banyak ciri modernisasi dalam bidang investasi, salah satu yang paling kentara adalah banyaknya muncul berbagai layanan investasi berbasis aplikasi. Diketahui, Indonesia memiliki dua jenis layanan online yang mulai populer di kalangan masyarakat yakni e-commerce dan fintech

Selain fintech yang dikenal sebagai aplikasi pembayaran, terdapat juga fintech yang bergerak di bidang investasi online. Begitu juga dengan e-commerce, meski awalnya hanya sebagai aplikasi jual beli barang, tetapi investasi juga bisa dilakukan pada aplikasi tersebut. 

Nah, berikut ini ada beberapa dampak positif modernisasi yang terjadi di bidang investasi yang bisa dirasakan masyarakat. 

Kemudahan Melakukan Aktivitas Investasi

Seiring banyaknya aplikasi investasi yang bisa dijalankan secara online, kamu sebagai investor bisa dengan mudah mencari platform investasi yang paling cocok dengan kebutuhan kamu masing-masing. Tumbuh dan berkembangnya berbagai platform investasi tersebut pada akhirnya memberi kamu segudang pilihan. 

Sebelum memilih aplikasi investasi, ada beberapa aspek yang bisa kamu jadikan pertimbangan, diantaranya kemudahan dalam proses pendaftaran, biaya transaksi yang dibebankan relatif kecil, user friendly, dan penarikan aset yang mudah untuk dilakukan. 

Kalau kamu tertarik untuk investasi di bidang aset crypto, salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah aplikasi pintu. Di Pintu, kamu bisa mengetahui harga terbaru crypto sekaligus melakukan jual beli crypto secara mudah dalam satu aplikasi. Modal investasinya juga sangat murah, mulai Rp11.000 saja. 

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Investasi adalah salah satu komponen dari PDB atau produk domestik bruto. Dengan kata lain, semakin besar nilai investasi yang dilakukan oleh masyarakat secara keseluruhan, maka semakin besar juga nilai PDB yang dihasilkan. Modernisasi investasi membuat siapa saja bisa dengan mudah berinvestasi, sehingga nilai investasi akan cenderung meningkat. 

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Dampak positif lain dari adanya modernisasi adalah semakin berkembangnya sumber daya manusia. Karena setiap perusahaan, termasuk perusahaan investasi ingin memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat, maka akan ada seleksi dan pelatihan yang lebih intens untuk para karyawan yang tentunya akan berdampak positif pula pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. 

Lapangan Kerja Baru

Tidak bisa dipungkiri jika investasi mampu menciptakan semakin banyak lapangan kerja baru. Bahkan, kehadiran berbagai platform investasi di masyarakat saat ini akan turut meningkatkan permintaan tenaga kerja sekaligus menurunkan tingkat pengangguran dalam negeri. 

Akses yang Lebih Luas ke Teknologi

Bagaimanapun, perkembangan aplikasi berbasis investasi otomatis akan membawa teknologi-teknologi baru bagi masyarakat, terutama setelah adanya teknologi blockchain yang tidak hanya terpaku pada bidang crypto saja, namun juga turut mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Meningkatkan Penetrasi Investasi

Faktanya, angka penetrasi investasi di Indonesia memang masih tergolong rendah. Per Agustus 2021, jumlah investor pasar modal berada di angka 6,1 juta yang berarti hanya sekitar 2,24% dari total penduduk Indonesia. Dengan adanya modernisasi investasi, termasuk jenis-jenis instrumennya seperti crypto, angka penetrasi investasi di Indonesia juga akan semakin meningkat dengan jumlah investor crypto berada di angka 6,5 juta per Juni 2021 lalu.

Akses Terbuka Mengenai Informasi Investasi

Digitalisasi tak sekadar membuat aktivitas jual beli aset investasi menjadi lebih mudah, namun juga memudahkan investor menemukan berita dan informasi terbaru seputar investasi secara mudah lewat media internet. Selain mempelajari kondisi pasar, sekarang investor bahkan bisa belajar analisis fundamental dan teknikal secara mudah lewat internet saja.  

Kemudahan Memperluas Koneksi

Bukan hanya mempelajari investasi dari artikel maupun buku yang banyak tersedia di pasaran, modernisasi juga membantu investor untuk bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan dari investor berpengalaman melalui berbagai forum yang ada di Twitter, Facebook, Discord dan lain sebagainya. Untuk kamu yang tertarik berdiskusi lebih dalam mengenai crypto, Pintu juga punya channel discord khusus sebagai tempat diskusi dan belajar, nih!

Baca juga: Apa itu NFT?

Dampak Negatif Modernisasi dalam Investasi

dampak negatif modernisasi

Meski menawarkan banyak hal positif, modernisasi di bidang investasi juga bisa memberikan beberapa dampak negatif. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

Risiko Kerugian

Di satu sisi, modernisasi memang bisa memberikan akses investasi yang lebih luas bagi semua orang. Namun dengan kemudahan tersebut, bisa jadi investor-investor pemula masuk ke instrumen investasi beresiko besar secara sembrono dan berakhir mengalami kerugian. 

Arus FOMO

Dengan adanya modernisasi berupa perkembangan media sosial dan influencer, akan banyak investor yang terbawa FOMO ketika berinvestasi. Padahal, investasi seharusnya didasarkan pada pengetahuan, bukan hanya untung-untungan semata. 

Permainan Harga Pasar

Kamu pastinya tidak asing lagi dengan Elon Musk. Nama Elon Musk semakin banyak dikenal orang setelah beberapa cuitannya di Twitter berpengaruh besar pada harga aset-aset crypto di pasaran. Hal seperti ini tidak akan bisa terjadi jika modernisasi dalam bentuk media sosial belum diciptakan. 

Nah, itu dia dampak positif dan dampak negatif modernisasi di bidang investasi. Selama disikapi dengan baik, tentunya modernisasi akan sangat bermanfaat bagi investor maupun perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan pengetahuan tentang instrumen investasi terbaru, salah satunya crypto. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja,lho! 

Sebelum mulai investasi crypto, wajib baca ini dulu: Apa itu Cryptocurrency?

Referensi:

Alida D. Modernization Theory: Definition, Development & Claims. Diakses 22 Oktober 2021

The Investopedia Team. Foreign Direct Investment (FDI). Diakses 22 Oktober 2021

James Chen. Foreign Portfolio Investment (FPI). Diakses 22 Oktober 2021

Brent Radcliffe. A Look Into Foreign Direct Investment Trends. Diakses 22 Oktober 2021

J.B. Maverick. Direct Investment: What’s the Difference?. Diakses 22 Oktober 2021 

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+