Apa Itu Pola Cup and Handle dalam Trading Crypto?

Updated
November 29, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Pola Cup and Handle dalam Trading Crypto?
Reading Time: 4 minutes

Pola cup and handle adalah pola yang banyak digunakan oleh trader untuk memprediksi arah pergerakan harga crypto. Apa itu pola cup and handle dalam trading crypto, serta bagaimana cara mengidentifikasinya? Simak selengkapnya di bawah inI!

Baca juga: Apa itu Golden Cross dan Death Cross dalam Crypto?

Apa itu Pola Cup and Handle?

Pola cup and handle adalah pola grafik harga yang menyerupai cangkir berbentuk “U” dengan tren diagonal ke sisi kanan bawah yang menyerupai pegangan cangkir. Pola ini kerap dianggap sebagai sinyal bullish yang mengindikasikan tren kenaikan harga.

Tim IG Markets menyatakan bahwa cup and handle pattern merupakan pola yang terbentuk dari perdagangan yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu, serta bisa memakan waktu beberapa hari atau bahkan satu tahun. Menurut James Chen dari Investopedia, pada umumnya, dibutuhkan waktu 7- 65 pekan untuk membentuk pola cup and handle.

gambar cup and handle pattern
(IG.com)

James menambahkan bahwa pola cup and handle adalah pola yang sering digunakan untuk melihat peluang pembelian aset atau open posisi. Umumnya, trader memposisikan stop buy order di posisi sedikit atas garis tren di bagian pola pegangan cangkir dengan tujuan agar trader tidak terlambat membuka posisi dan tertinggal tren kenaikan harga.

Bagaimana Contoh Grafik Cup and Handle?

Contoh Grafik Cup and Handle ETH

Pola cup and handle sering ditemui pada grafik harga aset crypto. Yashu Gola dari Cointelegraph melaporkan bahwa pola ini terlihat pada grafik harga ETH sepanjang 2021, dari rentang pertengahan April 2021 hingga Oktober 2021.

contoh grafik cup and handle ETH
(cointelegraph.com)

Contoh Grafik Cup and Handle Cardano

Sementara itu, Jordan Finneseth dari Cointelegraph mengungkapkan pola cup and handle bullish yang terlihat pada harga Cardano di rentang tanggal 14 Mei hingga 16 Agustus 2021 lalu.

contoh grafik cup and handle ADA
(cointelegraph.com)

Dilansir dari laman CMC Markets, pola cup and handle memiliki jenis pola lain yang disebut dengan inverted.

Inverted atau reverse cup and handle pattern adalah pola cangkir dan pegangan dengan posisi terbalik, di mana grafiknya menunjukkan sinyal bearish yang mengindikasikan tren penurunan harga.

gambar reverse cup and handle pattern
(IG.com)

Pola ini dibentuk oleh reli penurunan harga yang memicu trader untuk menjual aset. Ketika harga aset menembus level bawah dari pegangan cangkir, keadaan ini merupakan sinyal bagi trader untuk keluar dari posisi long dan memasuki posisi short.

Baca juga: Apa itu Cardano (ADA)?

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Pola Cup and Handle?

James menjelaskan bahwa skenario pola cup and handle adalah ketika harga aset mencapai titik tertinggi, tetapi kemudian dilanjutkan dengan koreksi harga yang tajam hingga 50%.

Harga aset kemudian mengalami rebound dan bertahap naik ke level harga sebelumnya. Grafik ini membentuk cekungan berbentuk “U”. Setelah itu, harga bergerak sedikit ke bawah secara diagonal membentuk pola pegangan cangkir. Menurut tim IG Markets, pegangan cangkir tidak boleh berada di bawah sepertiga bagian atas cangkir agar bisa disebut sebagai pola cup and handle.

Dilansir dari laman Harvard University, ada dua metode utama yang digunakan untuk mengidentifikasi pola grafik harga secara algoritmik.

  1. Menemukan titik maksimum dan minimum dari grafik OHLC (Open-High-Low-Close), kemudian menentukan pola yang sesuai dari data tersebut.
  2. Mencocokkan grafik kondisi pasar dengan template yang sudah ada untuk mengenali sebuah pola.

James Chen mengungkap ada tiga hal yang harus dipertimbangan ketika melakukan identifikasi pola cup and handle. Ketiga hal tersebut antara lain:

Panjang

Pola cangkir dengan bentuk “U” memberikan sinyal lebih kuat ketimbang cangkir dengan bentuk “V”. Menurut tim IG Markets, semakin panjang dan bulat cekungan cangkir, semakin kuat pula sinyalnya.

Kedalaman

Idealnya, pola cangkir yang akurat adalah yang memiliki cekungan dan pegangan yang tidak terlalu dalam.

Volume

Penurunan volume yang terjadi seiring dengan menurunnya harga aset adalah hal yang wajar. Investor tidak perlu khawatir jika volume lebih rendah dari rata-rata garis bawah cekungan cangkir karena nilainya akan meningkat ketika harga bergerak naik.

Cara Trading dengan Pola Cup and Handle

Dilansir dari laman IG Markets, waktu yang paling tepat bagi trader untuk melakukan pembelian aset ketika mengidentifikasi pola cup and handle adalah di titik terendah cekungan pada pola cup and handle. Ketika harga aset menurun hingga 50% dari harga semula, investor dapat membeli aset dan mengantisipasi adanya rebound ke level harga sebelumnya.

Sementara itu, Cory Mitchell, teknisi grafik pasar dan ahli trading harian, merekomendasikan trader untuk menunggu hingga pola pegangan terbentuk. Ketika harga bergerak keluar dari pegangan, harga aset diprediksi akan naik. Di titik ini, trader dapat mengambil posisi dalam trading dan membeli aset.

Di sisi lain, trader juga perlu mengendalikan risiko perdagangan dengan menjual aset ketika harga turun. Menurut Cory, titik stop loss idealnya diletakkan di sepertiga atas pola pegangan cangkir yang mulai terbentuk untuk meminimalkan kerugian yang akan terjadi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu pola cup and handle dalam trading crypto. Cukup sederhana, bukan?

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Kamu bisa jual beli berbagai aset crypto mulai dari Rp11.000 di Pintu, lho!

Referensi:

CMC Markets, Cup and Handle Pattern. Diakses tanggal: 19-11-21.

Coinmarketcap, Cardano. Diakses tanggal: 19-11-21.

Cointelegraph, 3 factors that can send Ethereum price to 100% gains in Q4. Diakses tanggal: 19-11-21.

Cointelegraph, Bullish cup-and-handle pattern sets Cardano (ADA) price up for a new ATH. Diakses tanggal: 19-11-21.

Harvard University, Cup and Handle pattern detection algorithm. Diakses tanggal: 19-11-21.

IG Markets, Cup and handle chart pattern explained. Diakses tanggal: 19-11-21.

Investopedia, Cup and Handle. Diakses tanggal: 19-11-21.

The Balance, How to Trade the Cup and Handle Chart Pattern. Diakses tanggal: 19-11-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->