Apa itu Golden Cross dan Death Cross Crypto?

Updated
November 23, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Golden Cross dan Death Cross Crypto?
Reading Time: 3 minutes

Golden cross dan death cross merupakan pola grafik yang biasa digunakan oleh para investor untuk memprediksi pergerakan harga grafik ke depannya. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu golden cross dan death cross dalam dunia trading, termasuk trading crypto.

Untuk kamu yang baru saja masuk ke dunia trading, baca terlebih dahulu artikel Apa itu Moving Average untuk bisa lebih mudah memahami tentang golden cross dan death cross.

Apa itu Golden Cross?

Pengertian Golden Cross Crypto

Dilansir dari Investopedia, golden cross adalah pola grafik harga aset ketika Moving Average dengan jangka waktu yang lebih pendek memotong Moving Average dengan jangka waktu yang lebih panjang yang berada di atasnya. Moving average bisa menjadi tanda atau pemberi sinyal akan kenaikan terjadinya kenaikan harga aset atau bullish.

Untuk bisa lebih memahaminya, simak contoh pola Golden Cross di bawah ini.

gambar pola golden cross
(sumber: investopedia.com)

Dari grafik di atas, terlihat bahwa Moving Average dengan jangka waktu 50 hari (MA 50) memotong Moving Average dengan jangka waktu 200 hari (MA 200) membentuk pola Golden Cross.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Golden Cross?

Cara sederhana untuk mengidentifikasi Golden Cross secara mudah adalah dengan mengetahui tiga tahap yang terdapat pada Golden Cross.

  • Tahap pertama: terjadinya downtrend hingga grafik harga berada pada posisi terendah ketika pasar bearish sudah mulai “lelah”.
  • Tahap kedua: Moving Average dengan jangka waktu yang lebih pendek akan bergerak ke atas dan memotong Moving Average dengan jangka waktu yang lebih panjang, menandakan terjadinya pembalikan tren harga.
  • Tahap ketiga: kenaikan harga (uptrend) yang berkelanjutan ke titik yang lebih tinggi lagi.

Berapa Rentang Waktu MA Terbaik untuk Golden Cross?

Pada dasarnya, Moving Average yang paling sering digunakan untuk Golden Cross adalah 200 hari dan 50 hari (MA 200 dan MA 50).

Sementara itu, trader harian biasanya akan menggunakan jangka waktu yang lebih sempit, yaitu 5 hari dan 15 hari (MA 5 dan MA 15)

Baca juga: Apa itu Ethereum?

Apa itu Death Cross?

Pengertian Death Cross Crypto

Death cross adalah pola grafik harga aset ketika Moving Average dengan jangka waktu yang lebih pendek memotong Moving Average dengan jangka waktu yang lebih panjang yang berada di bawahnya. Moving average bisa menjadi tanda atau pemberi sinyal akan kenaikan penurunan harga aset atau bearish.

Pola grafik Death Cross bisa dilihat pada contoh di bawah ini ketika Moving Average dengan jangka waktu 50 hari (MA 50) memotong Moving Average dengan jangka waktu 200 hari (MA 200) dari atas.

gambar pola death cross
(sumber: delta.exchange)

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Death Cross?

Identifikasi golden cross dan death cross sangat penting agar kamu tahu tindakan seperti apa yang perlu kamu ambil ketika melihat pola tersebut, apakah kamu harus buka posisi atau tutup posisi.

Cara identifikasi Death Cross tidak berbeda jauh dengan Golden Cross, di mana akan terjadi tiga tahap seperti di bawah ini.

  • Tahap pertama: terjadinya uptrend hingga grafik harga berada pada posisi tertinggi ketika pasar bullish sudah mulai “lelah”.
  • Tahap kedua: Moving Average dengan jangka waktu yang lebih pendek akan bergerak ke bawah dan memotong Moving Average dengan jangka waktu yang lebih panjang, menandakan terjadinya pembalikan tren harga menjadi bearish.
  • Tahap ketiga: Penurunan harga (downtrend) yang berkelanjutan ke titik yang lebih rendah lagi.

Berapa Rentang Waktu MA Terbaik untuk Death Cross?

Sama seperti Golden Cross, moving Average yang paling sering digunakan untuk menentukan Death Cross adalah 200 hari dan 50 hari (MA 200 dan MA 50).

Namun, ada juga yang mengidentifikasi Death Cross dengan menggunakan MA dengan rentang waktu 30 hari dan 100 hari (MA 30 dan MA 100).

Perbedaan Golden Cross dan Death Cross

Lebih jelasnya terkait perbedaan antara golden cross dengan death cross bisa kamu baca pada tabel berikut.

No Keterangan Golden Cross Death Cross
1. Pola Moving Average jangka pendek memotong Moving Average jangka panjang yang berada di atasnya Moving Average jangka pendek memotong Moving Average jangka panjang yang berada di bawahnya
2. Jenis Sinyal Sinyal kenaikan harga (bullish) Sinyal penurunan harga (bearish)

Nah, itu dia pembahasan golden cross dan death cross yang bisa membantu kamu lebih memahami tentang indikator-indikator di dunia trading crypto.

Namun ingat, baik death cross maupun golden cross hanyalah salah satu indikator yang dapat digunakan ketika trading. Namun sama seperti indikator lainnya, indikator ini perlu dikonfirmasi dengan menggunakan sinyal dari indikator lain agar kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

Nah, untuk kamu yang tertarik investasi dan trading berbagai aset crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Adam Hayes, Golden Cross Definition. Diakses tanggal: 9-10-21.

Situmorang P, Mahardika J, Listiyarini T, Jurus Berinvestasi Saham untuk Pemula. Diakses tanggal: 9-10-21.

The Investopedia Team, Golden Cross vs Death Cross: What’s the Difference? Diakses tanggal: 9-10-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+