Mengenal Apa itu Scalping Dalam Trading

Updated
November 19, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Mengenal Apa itu Scalping Dalam Trading
Reading Time: 3 minutes

Scalping adalah sebuah metode trading rendah resiko dengan cara mendapatkan profit dari perubahan harga kecil dan menghasilkan keuntungan yang lebih cepat dari penjualan kembali. Dalam dunia day trading, scalping adalah strategi memprioritaskan penjualan dalam volume tinggi dengan keuntungan kecil.

Scalping adalah metode trading yang mengharuskan trader untuk memiliki exit strategy yang ketat karena satu kerugian dari transaksi besar bisa menghilangkan banyak keuntungan kecil yang tadinya sudah didapat oleh trader.

Seorang scalper yang sukses harus memiliki rasio jual kembali menguntungkan yang jauh lebih tinggi daripada rasio loss. Dalam hal ini ia harus selalu menjaga keuntungan kira-kira sama atau sedikit lebih besar dari kerugian. Dalam sehari seorang scalper dapat melakukan banyak sekali transaksi bahkan mungkin hingga ratusan transaksi.

Bagaimana Teknik Scalping Bekerja

Scalping didasarkan pada asumsi bahwa sebagian besar saham akan menyelesaikan sebuah pergerakan harga. Setelah tahap awal itu selesai, beberapa saham berhenti naik, sementara yang lain terus naik.

Seorang scalper bermaksud untuk mengambil keuntungan kecil sebanyak mungkin. Ia mencoba untuk mengoptimalkan hasil perdagangan yang positif dengan meningkatkan ukuran perdagangan yang untung.

Teknik Scalper untuk Pemula

teknik scalping dalam trading

Dengan semakin banyaknya orang yang masuk di dunia trading, jumlah orang yang mencoba melakukan day trading dan strategi lainnya termasuk scalping, semakin meningkat. Pendatang baru yang ingin mencoba scalping trading perlu memastikan gaya trading ini sesuai dengan kepribadian mereka karena memerlukan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Pedagang perlu membuat keputusan cepat, melihat peluang, dan terus memantau layar komputer. Mereka yang cari aman dan puas profit kecil sangat cocok untuk scalping trading.

Namun, scalping trading bukanlah strategi trading terbaik yang mudah dilakukan untuk pemula. Hal ini karena scalping trading melibatkan pengambilan keputusan yang cepat, pemantauan posisi yang konstan, dan pergantian posisi jual yang sering. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memahami teknis scalping trading.

1. Eksekusi Order

Seorang pemula perlu menguasai seni eksekusi order yang efisien. Order yang tertunda dapat menghapus sedikit keuntungan yang diperoleh dan bahkan mengakibatkan kerugian. Karena margin keuntungan per perdagangan sedikit, maka eksekusi order harus akurat.

2. Frekuensi dan Biaya

Seorang scalper pemula harus memastikan untuk mengingat biaya saat melakukan perdagangan. Scalping trading melibatkan banyak transaksi perdagangan yang dapat menyebabkan biaya transaksi untuk membayar broker menjadi tinggi. Sering membeli dan menjual pasti akan membuat tarif atau komisi broker menjadi mahal sehingga dapat mengecilkan keuntungan.

Itu sebabnya memilih broker online yang tepat dengan biaya komisi yang kompetitif menjadi mutlak. Hal ini agar biaya transaksi saat melakukan scalping trading tidak membengkak.

3. Memahami Tren Sebelum Terjun

Mampu memahami denyut tren dan juga momentumnya akan menjadi skill yang sangat berguna bagi seorang scalper. Setelah seorang scalper mampu mengidentifikasi hal ini, tren dan momentum perdagangan akan menjadi gelombang yang dapat memberi arus yang menguntungkan.

4. Analisis Teknis

Para pemula pada scalping trading harus melengkapi diri mereka dengan pemahaman dasar-dasar analisis teknis untuk memerangi persaingan yang semakin meningkat di dunia day trading. Belum lagi adanya kenyataan bahwa sebagian besar perdagangan saham dan komoditas lainnya sekarang berlangsung jauh dari bursa dan tidak melaporkan perdagangan secara real-time.

Karena scalper tidak bisa lagi hanya mengandalkan analisis pasar real-time untuk mendapatkan sinyal yang mereka butuhkan untuk memperoleh  keuntungan, disarankan agar mereka menggunakan indikator teknis yang ditujukan untuk kerangka waktu yang sangat kecil.

5. Volume

Sebagai sebuah teknik, scalping adalah metode yang membutuhkan keputusan masuk dan keluar yang sering terjadi dalam jangka waktu yang singkat. Strategi seperti itu hanya dapat berhasil diterapkan ketika pesanan atau order dapat dipenuhi, dan ini tergantung pada tingkat likuiditas. Perdagangan volume tinggi membutuhkan likuiditas yang sangat tinggi pula.

Keuntungan Scalping Trading

Scalping trading bisa menjadi metode yang sangat menguntungkan jika seorang trader mampu menerapkan strategi keluar (exit strategy) yang benar. Scalper dapat memanfaatkan perubahan kecil pada harga saham yang mungkin belum tentu mencerminkan keseluruhan tren harga komoditas untuk hari itu.

Scalper juga tidak harus mengikuti fundamental dasar karena analisis fundamental tidak memainkan peran yang signifikan ketika berhadapan dengan jangka waktu yang sangat singkat. Untuk itu, trader tidak perlu tahu banyak tentang saham.

Keuntungan lainnya dari strategi ini adalah risiko pasar yang terlibat sangat kecil. Metode ini dirancang untuk membatasi kerugian, kamu juga tidak perlu tahu secara tepat kearah mana pasar akan bergerak selama kamu bisa memanfaatkannya.

Kelemahan Scalping Trading

Namun, ada juga kelemahan menggunakan scalping sebagai strategi trading. Scalping melibatkan jumlah transaksi yang besar dibandingkan dengan strategi lainnya. Membuka sejumlah besar transaksi perdagangan akan menimbulkan biaya transaksi yang lebih tinggi karena kamu harus membayar komisi untuk setiap perdagangan.

Dengan scalping, kamu harus memanfaatkan jumlah volume perdagangan yang tinggi untuk menghasilkan keuntungan yang cukup.

Kesimpulan

Jika kamu tertarik pada day trading, kamu harus memahami salah satu alternatif gaya trading yakni scalping. Scalping adalah metode yang bisa sangat menguntungkan bagi para trader yang memutuskan untuk menggunakannya sebagai strategi utama, atau hanya untuk metode alternatifnya saja.

Referensi:

Emily Norris, Scalping, diakses tanggal 9-11-21

Adam Milton, What Is Scalping?,  diakses tanggal 9-11-2

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->