Arti Amount dalam Akuntansi

Updated
September 6, 2022
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Arti Amount dalam Akuntansi
Reading Time: 2 minutes

Amount adalah istilah yang pastinya cukup familiar bagi kamu, baik di kehidupan sehari-hari maupun di dunia akuntansi. Artikel ini akan membahas lengkap tentang arti amount dalam akuntansi dan penjelasan tentang berbagai istilah amount lainnya. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Amount dalam Akuntansi?

cara menghitung amount dalam akuntansi

Pada dasarnya, arti amount adalah sejumlah dana yang digunakan dalam transaksi.

Istilah-istilah Amount dalam Akuntansi

Terdapat berbagai istilah dan jenis-jenis amount yang sering muncul di dunia keuangan, akuntansi maupun laporan keuangan. Berikut beberapa di antaranya berikut penjelasan lengkapnya.

Total Amount

Total amount adalah istilah yang terdiri dari 2 kata, yaitu total dan amount. Seperti susunan katanya, total amount berarti seluruh total jumlah dana yang terdapat pada suatu transaksi.

Amount Due

Amount due adalah jumlah uang yang perlu dibayarkan pada tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan untuk pembelian barang atau jasa. Jumlah yang harus dibayar merupakan total biaya barang dan jasa, termasuk pajak atau biaya tambahan lainnya yang berlaku.

Amount Received

Sementara itu, amount received adalah jumlah pendapatan yang diperoleh dari jasa atau produk yang dijual oleh sebuah perusahaan.

Amount Applied

Amount applied adalah total biaya tidak langsung yang berkaitan dengan produksi barang namun tidak bisa dibebankan secara khusus kepada objek biaya mana pun. Amount applied bisa digunakan dalam perencanaan proyek masa depan.

Sales Amount

contoh amount

Sales amount adalah total volume barang serta jasa yang berhasil dijual selama bisnis berjalan pada periode tersebut.

Recoverable Amount

Ada pula recoverable amount, yaitu nilai sekarang dari arus kas yang diharapkan bisa timbul dari penggunaan aset atau penjualan. Recoverable amount dapat dihitung dengan dua cara, yaitu nilai wajar aset dikurangi dengan penjualan atau nilai penggunaan aset tersebut.

Nah, itu dia arti amount dalam akuntansi dan beberapa jenis amount yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai transaksi keuangan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Buat kamu yang ingin belajar lebih lanjut tentang keuangan, akuntansi dan lainnya, kamu bisa mendapatkan informasi tersebut secara lengkap dan gratis di Pintu Blog.

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja. Selain itu, Pintu juga menyediakan fitur Pintu Academy, di mana kamu bisa belajar segala hal mengenai crypto dan NFT secara mudah dan terstruktur.

Download Pintu sekarang di App Store dan Play Store kamu!

Referensi:

Accounting Tools. Sales Definition. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

Investopedia. Accounts Receivable. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

MediaKom. Langkah Cepat Menguasai MYOB Accounting. Diakses pada Selasa, 7 Juni 2022.

Penerbit Salemba Infotek. Pengembangan Sistem Akuntansi bagi Usaha Perdagangan Ritel dengan MYOB. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

Payroll Heaven. Amount Due. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

Transmedia. Cara Cerdas Berinvestasi via Online. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

WallStreetMojo. Recoverable Amount. Diakses pada Rabu, 8 Juni 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->