Apa Arti Suspend dalam Investasi Saham dan Dampaknya Bagi Investor?

Updated
June 22, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Arti Suspend dalam Investasi Saham dan Dampaknya Bagi Investor?
Reading Time: 4 minutes

Suspend adalah salah satu istilah dalam investasi saham yang artinya ditangguhkan. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu suspend, penyebab suspend, dan contoh suspend dalam dunia investasi saham.

Apa Itu Suspend dalam Investasi Saham?

apa itu suspend saham

Dalam dunia investasi, istilah suspend atau suspended artinya perdagangan saham yang ditangguhkan oleh bursa yang berwenang. Penghentian perdagangan ini utamanya dilakukan demi menjaga keamanan tertentu dan dalam waktu sementara. Biasanya, jangka waktu suspeded saham bisa berlangsung lama ataupun sebentar, tergantung pada kebijakan BEI.

Keamanan yang dijaga biasanya terkait dengan aset atau kegiatan operasional perusahaan, bisa juga untuk melindungi informasi finansial tertentu. Biasanya, bursa tidak memberi peringatan lebih awal pada investor akan suspended trading. Hal ini disebabkan karena pengumuman lebih dulu bisa memberi dampak negatif pada para investor.

Saat suspend saham terjadi, investor tidak bisa membeli atau menjual saham mereka. Biasanya, hal ini terjadi karena pihak yang berwenang (bursa efek) tidak atau belum menerima info akurat mengenai suatu perusahaan. Situasi ini bisa tidak menguntungkan bagi investor. Karena itu, lebih baik perdagangan saham untuk perusahaan tersebut dihentikan sementara.

Baca juga: 15 Manfaat Pasar Modal Bagi Investor, Emiten, dan Pemerintah

Penyebab Dilakukannya Suspend Saham

Beberapa penyebab suspend saham adalah sebagai berikut.

Berita Besar dari Perusahaan Penerbit Saham

Pada saat seperti ini, biasanya perusahaan penerbit saham menginformasikan bursa efek mengenai berita penting tersebut. Setelahnya, bursa akan langsung melakukan suspended trading. Dengan begitu, pasar akan punya waktu untuk menerima info penting yang diumumkan, terlepas apakah info tersebut menguntungkan atau tidak.

Langkah ini membuat harga saham terhindar dari pergolakan yang terlalu besar. Seperti apa jenis berita besar yang dimaksud? Contohnya adalah perusahaan tersebut membuat inovasi besar, melakukan merger dengan perusahaan lain maupun akuisisi oleh perusahaan atau pemilik baru.

Perusahaan Tidak Bisa Memenuhi Kelengkapan Data

Karena satu dan lain hal, bursa efek bisa meminta kelengkapan data saham sebuah perusahaan pada periode tertentu. Apabila perusahaan penerbit saham yang terkait tak kunjung melengkapi permintaan tersebut, maka dapat menyebabkan terjadinya suspended trading. Biasanya, langkah ini baru diambil oleh bursa apabila setelah satu hingga dua tahun tidak ada respon dari penerbit saham.

Alasan yang kedua ini sebenarnya yang paling sering terjadi. Cara mengatasi suspended trading ini sebenarnya cukup mudah. Perusahaan terkait cukup memberikan informasi yang dibutuhkan dan diminta oleh bursa efek. Begitu info sudah diberikan, maka masalah selesai dan suspended (penahanan) bisa langsung diangkat.

Aktivitas Melanggar Hukum dari Emiten

Emiten sedang disuspensi artinya tidak bisa melakukan perdagangan saham. Salah satu penyebabnya adalah emiten atau perusahaan penerbit saham diduga atau bahkan sudah terbukti terlibat suatu kasus yang melanggar hukum, sehingga bursa perlu mengambil langkah suspend untuk melindungi investor.

Kemungkinan Adanya Manipulasi Pasar

Kecurangan tidak hanya berasal dari perusahaan penerbit saham saja, melainkan bisa juga dari pasar. Misalnya bursa efek atau investor mencurigai adanya manipulasi pasar, maka di saat ini bisa juga dilakukan suspended trading.

Meski begitu, adanya kecurangan baik dari dalam maupun luar perusahaan biasanya jarang terjadi. Kalau ini sampai terjadi, maka biasanya suspended trading bisa berlangsung dalam waktu lama. Selain itu, dampaknya pun biasanya untuk jangka panjang.

Jangka Waktu Suspend Saham

Seperti yang disinggung sebelumnya, jangka waktu suspensi saham adalah tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan. Jadi bisa berlangsung sebentar, namun juga bisa lama. Semua itu tergantung dengan berat ringannya pelanggaran.

Jika hanya pelanggaran ringan, suspend bisa berlangsung dalam hitungan hari atau minggu. Misalnya saja beberapa kali terjadi kasus suspended trading yang diakibatkan karena kesalahan teknis. Setelah dikonfirmasi dengan perusahaan penerbit saham dan masalah terselesaikan, maka dalam waktu  kurang dari sehari sudah tidak ditangguhkan lagi perdagangan sahamnya.

Tetapi jika pelanggaran berat, suspensi saham bisa berlangsung hingga  hitungan bulan atau bahkan tahun. Pada perdagangan saham tingkat nasional, begitu status suspended trading diangkat, perdagangan bisa langsung dilakukan saat itu juga.

Contoh Suspend dalam Investasi Saham

 

Berikut ini contoh suspend sahamadalah beberapa contoh suspend dalam investasi saham yang pernah terjadi:

Skandal Enron

Ini adalah kasus suspend yang paling terkenal di ekonomi modern. Terjadinya di tahun 2001, hanya dalam waktu beberapa hari saja, harga saham perusahaan menurun tajam, bahkan menjadi nyaris tak berharga. Di akhir tahun 2001, akhirnya Enron menyatakan bangkrut.

Di tahun 2002, Bursa Efek New York menyatakan suspended trading untuk saham Enron. Bursa Efek New York mengumumkan harga saham Enron saat itu sudah di bawah $1. Alasan suspended trading tersebut adalah karena Enron menyalahi standar Big Board.

Baca juga: Contoh Masalah Ekonomi Modern, Klasik, Makro, dan Mikro

Amazon

Kasus yang lebih baru adalah Bursa Efek New York memberlakukan suspended trading untuk beberapa saham yang sudah terdaftar Nasdaq. Salah satu yang paling terkenal adalah Amazon (AMZN).

Tapi suspend hanya berlaku kurang dari satu hari. Alasannya ternyata karena terjadi kesalahan teknis yang mengakibatkan para investor menerima laporan perdagangan yang kurang tepat.

Alphabet

Kasus yang serupa dengan Amazon juga pernah terjadi pada Alphabet (GOOG). Suspended trading hanya berlaku kurang dari satu hari. Penyebabnya pun sama, karena adanya kesalahan teknis. Begitu ditemukan penyebabnya, maka status suspend langsung diangkat oleh Bursa Efek New York.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa suspend adalah bagian dari cara bursa melindungi para investor. Salah satunya dari emiten yang bermasalah atau gejolak harga yang tidak terkendali.

Selain saham, crypto juga menjadi salah satu aset yang tengah menarik perhatian investor di Indonesia dan seluruh dunia, nih! Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto pun telah mencapai 11 juta orang, hanya di Indonesia saja.

Untuk kamu yang tertarik memulai investasi crypto, namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa melakukan jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja! Kamu juga bisa dengan mudah mengecek harga aset crypto seperti BTC to IDR, ETH to IDR, dan puluhan aset lainnya secara mudah lewat smartphone kamu!

Referensi:

James Chen. Suspended Trading. Diakses 11 Juni 2022

Kompas. Apa Itu Suspensi Saham? Berikut Pengertian dan Faktor Penyebabnya. Diakses 11 Juni 2022

Mike Price. What Is Suspended Trading?. Diakses 11 Juni 2022

Rachit Chawla. Suspension of trading: All your questions answered. Diakses 11 Juni 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->