10 Tips Untuk Mulai Bisnis Online yang Bisa Kamu Coba

Updated
November 18, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Tips Untuk Mulai Bisnis Online yang Bisa Kamu Coba
Reading Time: 4 minutes

Untuk membuka sebuah bisnis, kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Sebab jika langkah kamu salah dalam memulai bisnis maka bisa saja bisnis kamu gulung tikar. Oleh karena itu pastikan kamu benar-benar mengerti tentang bisnis yang akan kamu buka. Apakah bisnis tersebut membutuhkan modal yang besar hingga bagaimana cara memperbesar bisnis yang kamu miliki.

Di era modern ini, bisnis online memang sangat diminati. Mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga pekerja kantoran mencoba bisnis online dan menjadikannya pekerjaan sampingan. Pada dasarnya bisnis online memang lebih mudah untuk dikelola dan tidak menghabiskan waktu yang banyak. Beberapa jenis bisnis online seperti kuliner, pakaian, paket data, hingga produk kosmetik.

Tips Memulai Bisnis Online

tips memulai bisnis online

Cara mulai bisnis online dari nol bisa dibilang susah-susah gampang. Jika kamu tahu cara mulai bisnis online dengan benar maka kamu bisa lebih cepat menerima keuntungan. Sebelumnya kamu harus tau dulu bagaimana persaingan di pasar bisnis yang akan kamu geluti. Beberapa tips untuk memulai bisnis online berikut ini bisa kamu coba.

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar merupakan sebuah kegiatan untuk melihat barang apa saja yang saat ini paling dibutuhkan oleh masyarakat. Dari riset pasar inilah kamu akan memiliki data dan gambaran jenis bisnis online yang akan kamu buka.

Contohnya, di masa pandemi seperti ini masker dan hand sanitizer menjadi barang yang paling sering dibeli oleh masyarakat. Oleh karenanya kamu bisa mencoba buat masker dari kain lalu dijual. Atau kamu juga bisa menjadi dropshipper dari supplier masker dan hand sanitizer.

2. Atur Jumlah Modal yang Akan Digunakan

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya kamu mengatur jumlah modal yang akan kamu gunakan terlebih dahulu. Kamu bisa coba untuk membuat catatan kecil mengenai jumlah barang yang akan dibeli dari supplier dan berapa total harganya.

Setelah tau jumlah modal untuk membeli barang yang akan dijual, maka catat juga harga barang setelah dinaikkan. Kamu juga bisa mencatat setiap transaksi bisnis yang terjadi. Dengan begitu maka keuangan bisnis kamu lebih tertata.

3. Menentukan Jenis Iklan yang Sesuai

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah dengan menentukan iklan yang akan kamu gunakan. Pastikan jenis iklan sesuai dengan produk yang akan kamu jadikan sebagai bisnis. Sebab pada bisnis online, iklan memegang peranan yang sangat penting.

Semakin menarik dan unik iklan yang kamu buat maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk kamu. Misalnya kamu membuka bisnis pada bidang jasa seperti tutor online. Maka buat iklan yang berisikan alamat kamu dan tarif jasa yang kamu inginkan.

4. Menentukan Target Pasar

Jika kamu sudah tau produk apa yang laku dipasaran, maka selanjutnya tentukan target pasar yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin berbisnis untuk para remaja atau untuk orang dewasa. Jika kamu fokus untuk menargetkan ke para remaja maka produk dan jasa yang kamu miliki harus sesuai.

Seperti, saat ini masih banyak sekolah yang belum tatap muka. Maka kamu bisa membuka bisnis jasa les online sesuai dengan kemampuan kamu. Namun jika kamu ingin menjual barang untuk orang dewasa maka pastikan iklan yang kamu buat sampai dengan baik ke mereka.

5. Pastikan Produk yang Dijual Cocok Untuk Bisnis Online

Meski bisnis online bersifat fleksibel, bukan berarti semua produk bisa dijual secara online. Ada beberapa jenis produk yang justru akan tidak laku jika dijual online. Oleh karena itu mengetahui dengan baik apakah produk tersebut cocok dijadikan bisnis online sangat penting.

Sebab jika kamu asal untuk memulai bisnis online tanpa tau caranya maka bisnis kamu akan cepat gulung tikar. Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup besar maka coba jadi dropshipper terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba jual barang tanpa modal dan hanya melakukan iklan secara online.

6. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Apabila kamu ingin mencoba iklan bisnis secara online seperti di website maupun sosial media maka gunakan kata kunci yang tepat. Cara mulai bisnis online satu ini bisa dibilang cukup efektif jika kamu benar menggunakan kata kuncinya.

Yang mana kata kunci ini bisa kamu sesuaikan dengan bisnis yang kamu mulai. Pastikan kata kunci ini merupakan kata yang populer saat ini. Hal ini juga berlaku jika bisnis yang kamu miliki adalah online shop. Gunakan kata kunci yang tepat setiap upload produk agar banyak pengunjungnya.

7. Belajar Dari Kompetitor

Persaingan pada bisnis online bisa dibilang lebih ketat daripada bisnis biasa. Ini karena siapa saja bisa membuka bisnis online bahkan dengan produk yang sama. Oleh karena itu, jika kamu masih pemula dalam bisnis online maka coba belajar dari kompetitor.

Kamu bisa melihat barang apa yang kompetitor jual dan laris dipasaran. Lalu coba jual barang yang sama namun dengan teknik yang berbeda. Agar barang yang kamu jual lebih laku dipasaran maka kamu bisa sedikit menurunkan harga barang.

8. Membuat Sosial Media Hingga Website

Karena bisnis online menggunakan internet, maka coba buat sosial media khusus untuk bisnis kamu. Kemudian cari follower agar bisnis kamu bisa dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu maka customer lebih tertarik untuk mencoba produk kamu sebab punya banyak pengikut sehingga terlihat meyakinkan.

Atau jika modal yang kamu miliki cukup besar maka kamu bisa mencoba membeli sebuah website dengan traffic yang tinggi. Yang mana cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan bisnis yang kamu miliki ke masyarakat yang lebih luas.

9. Gunakan Bantuan Influencer

Iklan sebuah bisnis tidak hanya bisa dilakukan sendiri dengan memasangnya di sebuah website ataupun media sosial. Kamu bisa menggunakan bantuan influencer untuk mengiklankan produk kamu agar lebih banyak yang tahu.

Pastikan kamu menggunakan jasa influencer yang terpercaya dan sudah terbukti bisa menaikkan omset penjualan. Sesuaikan juga budget yang kamu miliki dengan tarif yang diminta oleh influencer.

10. Promosi Potongan Harga

Masyarakat Indonesia akan lebih menyukai produk dengan kualitas bagus namun memiliki harga yang murah. Di awal pembukaan bisnis, kamu bisa mengadakan promosi potongan harga. Yang mana potongan harga ini bisa kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

Tambah Uang Modal Dengan Trading Online

Jika saat ini kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis, maka kamu bisa coba adalah melakukan jual beli aset crypto. Di aplikasi Pintu, kamu bisa mulai trading hanya dengan Rp. 11.000. Aplikasi Pintu tidak hanya menyediakan fasilitas trading saja.

Referensi:

Ian Pribyl, 7 Tips for Starting an Online Business. Diakses tanggal: 25-10-2021

Power Commerce Asia, Tips for Starting Your Own Online Business. Diakses tanggal: 25-10-2021

Allen Moon, 7 Steps to Starting a Small Business Online. Diakses tanggal: 25-10-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->