7 Tips Cara Menabung Agar Target Keuangan Tercapai, Gampang!

Updated
July 14, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 7 Tips Cara Menabung Agar Target Keuangan Tercapai, Gampang!
Reading Time: 3 minutes

Berapapun gaji yang kamu miliki, menabung adalah salah satu aktivitas yang penting untuk mencapai tujuan finansial kamu. Untuk bisa menabung secara efektif, terdapat 2 prinsip utama yang bisa dilakukan, yaitu dengan meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan. Simak selengkapnya dalam artikel 7 tips cara menabung 10 juta dalam 3 bulan berikut ini!

Menghemat Pos Pengeluaran, Terutama Listrik

tips cara menabung 5 juta dalam 3 bulan

Listrik bisa menjadi pos pengeluaran paling besar bagi seseorang. Apalagi jika di rumah terdapat banyak barang elektronik, misalnya saja televisi, AC, dan sejenisnya.

Jika memang sudah tidak dipakai, ada baiknya segera matikan perangkat elektronik. Membiarkannya menyala tanpa dipakai dapat menyebabkan tagihan membengkak dan menghalangi usaha menabung kamu. Tergantung jumlah anggota keluarga dan pemakaiannya, di Indonesia sendiri, tarif tagihan listrik bahkan bisa mencapai Rp500 ribu/bulan.

Jika kamu lebih perhatian terhadap konsumsi listrik di rumah, tentu pengeluaran bulanan ini bisa terpangkas. Apabila kamu adalah kepala keluarga, coba buat peraturan ketat tentang penggunaan listrik, misalnya mengharuskan penghuni rumah mematikan alat elektronik saat tidak dipakai.

Memanfaatkan Diskon dan Cashback

Memang terlihat remeh, namun memanfaatkan diskon dan cashback bisa sangat membantu menghemat pengeluaran dan tercapainya target tabungan kamu.

Untuk merayakan event atau pada tanggal-tanggal istimewa, banyak bisnis yang mengadakan promo besar-besaran bahkan hingga 50%. Namun ketika memanfaatkan promo ini, pastikan untuk tidak terjebak FOMO dan justru membeli barang yang tidak kamu butuhkan, ya!

Strategi Menghemat Pengeluaran Transportasi

Macet bukanlah hal baru, terutama di kota-kota padat layaknya Jakarta, Bandung, bahkan sekelas New York juga mengalami hal serupa. Kemacetan ini timbul karena beberapa sebab, salah satunya ruas jalan yang sempit, dengan rasio kendaraan yang tidak mengimbangi.

Efek dari kemacetan ini bisa meningkatkan pengeluaran bahan bakar kamu yang menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mengantisipasi terjebak kemacetan, ubah jam berangkat kerjamu. Berkendara ke tempat kerja lebih awal akan menghindari kemacetan. Memang awalnya perlu penyesuaian, tetapi jika terus dilakukan, suasana hati juga akan lebih tenang karena tidak mengawali hari dengan kemacetan.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kendaraan umum seperti Kereta yang tidak terpengaruh padatnya jalan raya.

Hemat Pos Pengeluaran Makanan

tips cara menabung 1 juta dalam 3 bulan

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan berikutnya adalah dengan menghemat pos pengeluaran makanan, salah satunya dengan membawa bekal dari rumah bagi kamu yang bekerja di kantor.

Makan siang bisa menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar, terlebih bagi kamu yang bekerja di pusat kota dengan biaya hidup yang cukup besar.

Padahal jika kamu mau sedikit repot membawa bekal dari rumah, hal ini bisa menghemat banyak pengeluaran. Bangun lebih awal dan menyiapkan bekal tidak ada salahnya.

Cari Pekerjaan Tambahan/Buat Usaha Sampingan

Cara menabung uang 10 juta dalam 3 bulan tidak sebatas menghemat beberapa pos pengeluaran seperti di atas. Kamu juga bisa menambah pos pendapatan dari tempat lain, baik dengan mencari pekerjaan sampingan atau membuka usaha baru.

Jika kamu masih memiliki waktu kosong, gunakan untuk mencari pekerjaan tambahan. Misalnya jika kamu memiliki keahlian menulis, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan sebagai freelance writer.

Sementara jika kamu memiliki kemampuan memasak, membuka usaha katering juga merupakan ide cemerlang. Bertumpu ke lebih dari 1 pemasukan tentu lebih baik. Tidak hanya membuat keuangan jauh lebih sehat dan akan memudahkanmu untuk menabung lebih banyak.

Baca juga: 7 Cara Membuat Uang “Bekerja” Untuk Kamu

Berhutang Secukupnya

Jika dilakukan secara berlebihan, utang memang dapat menggerus pengeluaran secara masif. Jika sifatnya hanya konsumtif, sebaiknya urungkan niat untuk berhutang. Misalnya makan di restoran, kemudian membayarnya dengan kartu kredit.

Hal lain seperti membeli pakaian di marketplace dengan sistem pay later. Mungkin kamu bisa mencicilnya setiap bulan, tetapi bunganya tergolong besar apalagi jika kamu terlambat membayar. Urungkan niat berhutang jika sebatas untuk keperluan-keperluan yang tidak mendesak.

Lain halnya, jika utang kamu lakukan untuk keperluan bisnis, di mana bunga utang bisa ditutupi oleh profit dari bisnis kamu.

Mulailah Berinvestasi

Ketika penghasilan masih relatif kecil, banyak orang yang ragu untuk mulai berinvestasi. Padahal, investasi bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Sebut saja di Pintu, kamu bisa jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja.

Itu dia beberapa tips cara menabung 10 juta dalam 3 bulan. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasil mencapai tujuan finansial kamu, ya!

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->