Psstt… Ini 7 Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita

Updated
September 6, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Psstt… Ini 7 Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita
Reading Time: 4 minutes

Mendapatkan uang sebanyak-banyaknya adalah impian banyak orang. Namun, hal tersebut tidak semudah itu dilakukan. Bagaimanapun, ada batasan terhadap jumlah penghasilan dan pendapatan yang bisa kamu terima. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai 7 cara membuat uang bekerja untuk kita. 

Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Menerapkan Budgeting

cara membuat uang bekerja untuk kamu

Agar uang bekerja untuk kita, pertama-tama kita harus belajar budgeting atau mengatur keuangan pribadi. Langkah ini sangatlah penting karena Jika kita paham ke mana saja kita mengeluarkan uang, maka kita akan tahu bagaimana uang kita bekerja sejauh ini.  

Kita juga akan tahu bagaimana uang kita dialokasikan untuk pengeluaran A, B, C, dan seterusnya. Jika ternyata tidak penting, maka uang tersebut bisa dialokasikan untuk pos lain yang bisa mendukung pertumbuhan uang, sebut saja dengan berinvestasi 

Cara yang paling mudah adalah dengan mencatat pengeluaran kita setiap harinya. Di akhir bulan, lakukan review untuk mengetahui pengeluaran yang bisa dieliminasi. 

Dari catatan yang kita buat, kita bakal tahu beberapa hal penting, diantaranya: 

  • Mengetahui kemana habisnya uang kita
  • Bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting
  • Melakukan identifikasi mana saja kebiasaan keuangan yang buruk
  • Melunasi utang tanpa membuat utang baru
  • Membuat prioritas pengeluaran yang penting
  • Membuat simpanan untuk masa depan. 

Mulai bulan depannya, kita bisa memperbaiki pos-pos pengeluaran tersebut dan membuat uang sepenuhnya bekerja seperti apa yang kita inginkan. 

Melunasi Utang

Mengapa utang ada hubunganya dengan cara membuat uang bekerja untuk kita? Sebab jika kamu berhutang, sama artinya kamu membayar lebih dari apa yang kamu dapatkan karena kamu harus membayar bunga.

Dengan melunasi utang dan tidak membuat utang baru, memungkinkan kamu mengarahkan uang pada hal-hal yang lebih penting. Kamu bisa membuat uang bekerja untuk kamu, misalnya menggunakan uang untuk membeli aset yang menghasilkan uang.  

Kamu juga bisa menggunakan uang untuk tabungan pendidikan, dana pensiun dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menginvestasikan uang tersebut agar uang bisa menghasilkan lebih banyak uang di masa depan. 

Memanfaatkan Program Referral

Cara membuat uang bekerja untuk kita berikutnya adalah dengan mengikuti program referral. Apa itu? Referral adalah strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk mendapatkan berbagai keuntungan dengan cara mengajak pelanggan baru. 

Ajakan tersebut sesuai dengan program yang diikuti. Ada yang berupa ajakan untuk membuat akun, registrasi, membagikan konten ataupun membeli produk. Setiap ajakan yang berhasil akan diberikan reward. 

Misalnya program referral yang diselenggarakan oleh Aplikasi Pintu. Dengan mengajak teman melakukan registrasi dan transaksi crypto di aplikasi pintu, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan ribu setiap bulannya. Untuk lebih jelas seperti apa program referral ini, kamu bisa baca artikel ini: Program Referral Pintu yang Terbaru Telah Rilis, Komisi Berlipat!

Investasi

cara agar uang bekerja untuk kita

Bicara soal uang yang bekerja sendiri, investasi adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan orang-orang. Dengan perkembangan teknologi dan internet, kini investasi dapat dilakukan secara mudah hanya dengan bermodalkan smartphone kamu saja. 

Kini, terdapat berbagai jenis investasi, di antaranya saham, investasi emas online, reksadana hingga crypto. Pilihlah aset yang sekiranya paling sesuai dengan tujuan investasi dan dana yang kamu miliki.  

Buat Tabungan Khusus untuk Dana Darurat

Kebanyakan orang punya akun tabungan khusus untuk hari tua. Tapi masih jarang yang memiliki akun khusus untuk dana darurat. Padahal, jika terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, akhirnya kita terpaksa akan mengambil tabungan dari akun hari tua. 

Misalnya saja suatu saat tiba-tiba kehilangan pekerjaan, kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya. Kalau kita punya tabungan khusus untuk dana darurat, setidaknya ada dukungan dari akun khusus. Jadi akun tabungan hari tua tidak terusik. Dana untuk masa depan pun tetap aman tersimpan. 

Membuat tabungan khusus bisa menjadi salah satu cara uang bekerja untuk kita, terlebih ketika kamu mengalokasikan sejumlah dana untuk investasi. 

Bagaimanapun, investasi perlu direncanakan secara baik agar bisa mendapatkan hasil yang optimum. Mengeluarkan dana investasi secara tiba-tiba sebelum target profit tercapai dapat menyebabkan terjadinya kerugian. Oleh karena itulah, dana darurat sangatlah penting untuk melindungi dana investasi tersebut. 

Alokasikan Dana untuk Real Estate

Real estate menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang menarik perhatian banyak orang karena nilainya yang stabil atau bahkan cenderung meningkat terus, terlebih untuk real estate dengan tanah atau lahan yang jumlahnya terbatas. 

Namun perlu diingat bahwa investasi real estate sifatnya jangka panjang, sehingga butuh waktu cukup lama untuk bisa merasakan hasilnya.

Belanja Secara Cerdas

Tiap bulan kita pasti punya kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Belakangan ini, banyak bisnis yang menawarkan promo berupa potongan harga atau cashback bahkan hingga 50%. Memanfaatkan promo-promo ini juga bisa menjadi cara membuat uang bekerja untuk kita yang efektif, lho terlebih jika produk yang kamu beli adalah untuk investasi leher ke atas seperti bootcamp, workshop, dan banyak lagi. 

Itu dia 7 cara membuat uang bekerja untuk kita. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa memaksimalkan dana yang kamu miliki, ya!

Ingin mengetahui informasi lainnya tentang ekonomi dan investasi? Download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Belakangan ini, investasi crypto tengah menarik perhatian banyak orang. Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang. Untuk memudahkan investasi, Pintu juga menyediakan berbagai fitur istimewa di antaranya: 

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Ashley Kilroy. 8 Ways to Make Your Money Work For You. Diakses tanggal: 28 Februari 2022

Miriam Caldwell. How To Make Your Money Work for You. Diakses tanggal: 28 Februari 2022

Milan Ganatra. How Can You Make Your Money Work Harder For You?. Diakses tanggal: 28 Februari 2022

*Artikel ini hanya bertujuan untuk memperkaya pengetahuan pembaca. Segala keputusan investasi yang dilakukan menjadi tanggung jawab pembaca. 

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->