5 Cara Sukses di Usia Muda

Updated
October 4, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 5 Cara Sukses di Usia Muda
Reading Time: 3 minutes

Setiap orang pasti memiliki goal atau tujuan sukses dalam hidup mereka masing-masing. Ada yang berusaha keras agar bisa sukses di usia muda, namun banyak juga yang hanya mengikuti arus dan lebih lama dalam mencapai suksesnya. Lalu jalan mana yang akan kamu pilih, menunda sukses atau ingin cepat sukses di usia muda?

Salah satu keuntungan dari sukses di usia muda adalah masa tua yang lebih terjamin nantinya. Ini karena kamu sudah memiliki tabungan di awal sehingga di masa mendatang menjadi lebih tenang. Simak beberapa cara sukses di usia muda berikut ini.

Cara Sukses di Usia Muda Dalam Bidang Apapun

Cara menjadi sukses di usia muda ada banyak sekali dan bisa berasal dari jenis bisnis yang berbeda. Adapun cara sukses di usia muda yang bisa kamu coba adalah:

1. Selalu fokus pada proses

Ketika memulai sebuah bisnis dalam bidang apapun itu pasti kamu mengharapkan hasil yang maksimal, bukan? Namun agar usaha yang kamu lakukan bisa sukses maka kamu harus bisa lebih fokus pada prosesnya bukan hasilnya. Tetap berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan usahamu maka sukses di usia muda akan kamu dapatkan.

2. Buat perencanaan untuk sukses

Ingin sukses di usia muda? Maka kamu harus membuat perencanaan suksesmu terlebih dulu. Jangan pernah pesimis dengan mimpimu dan buat catatan tentang cara-cara untuk menggapai mimpi tersebut. Dengan membuat perencanaan untuk sukses ini maka kamu akan selalu memiliki motivasi untuk memulai sebuah usaha agar bisa sukses di usia muda.

3. Punya komitmen

Komitmen adalah hal yang paling penting dan harus kamu miliki. Saat kamu punya komitmen penuh dalam menuju sukses maka kamu akan serius untuk menjalankan usahamu. Komitmen ini juga akan menjaga kamu dari rasa menyerah serta putus asa saat usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil.

4. Sering evaluasi

Kebanyakan orang menganggap remeh kesalahan kecil yang mereka lakukan ketika sedang memulai usaha. Padahal kesalahan kecil yang tidak segera dievaluasi ini bisa menjadi penyebab dari bangkrutnya sebuah usaha. Oleh karena itu lakukan evaluasi pada usaha kamu, baik evaluasi bulanan maupun tahunan. Sehingga kamu tau kesalahan usaha mana yang harus diperbaiki.

5. Atur Keuangan

Mempunyai pengaturan keuangan yang baik merupakan salah satu cara sukses di usia muda. Dengan mengatur keuangan maka kamu akan tahu mana yang sebaiknya dibeli dan mana yang tidak. Selain itu kamu juga bisa menghemat pengeluaran dan uangnya bisa kamu gunakan untuk menambah modal usaha.

Tips Sukses di Usia Muda

Sukses di usia muda mungkin hanya mimpi bagi sebagian orang namun tidak untuk 4 pebisnis terkenal ini yang sukses sebelum usia 25 tahun. Berikut tips sukses di usia muda dari mereka.

1. Jonathan Koon

Jonatan Koon atau yang lebih akrab disapa Koon ini memulai bisnisnya saat ia masih berusia 16 tahun. Usia yang bisa dibilang masih sangat muda, Koon memulai bisnisnya dalam bidang onderdil mobil.

Bisnis onderdil mobil milik Jonathan Koon ini diberi nama Extreme Performance Motorsports yang kini menjadi salah satu usaha onderdil terbesar di New York. Selain itu, Koon juga bekerjasama dengan Young Jeezy guna melebarkan sayapnya di industri fashion. Jonathan Koon memberikan kiat suksesnya yaitu untuk mencoba lebih dari satu jenis bisnis.

2. Juliette Brindak

Tips sukses di usia muda selanjutnya datang dari pebisnis cantik, Juliette Brindak. Ia mulai meniti karirnya di dunia platform media sosial Miss O & Friends pada usia 16 tahun. Namun sebelumnya Juliette Brindak sudah membuat sketsa karakter bernama Cool Girls di usianya yang masih 10 tahun.

Di Miss O & Friends, Juliette menduduki posisi CEO dan Co-Founder. Dimana menurut info yang dikutip dari investor Procter & Gamble, penghasilan Juliette sudah mencapai US$15 juta. Wanita kelahiran 1989 ini berkata jika rahasia suksesnya adalah memiliki perencanaan bisnis dan selalu memperbaruinya beberapa waktu sekali.

3. Fraser Doherty

Memulai usahanya di usia 14 tahun tidak membuat Fraser Doherty gentar. Bahkan di usianya yang masih menginjak 16 tahun, Doherty dinobatkan sebagai salah satu orang kaya termuda. Beberapa bisnis yang dimiliki oleh Fraser Doherty adalah SuperJam, Beer52, dan Envelope Coffee.

Pada awalnya, Doherty mencoba membuat selai dari resep milik neneknya. Selain itu dijual dan perusahaannya ia namai SuperJam. Perjalanan awal bisnis Doherty sempat terhambat karena selai yang dibuatnya dinilai tidak sehat. Namun ia tidak menyerah dan mencoba inovasi baru sehingga selainya menjadi sangat laris dan membawanya sukses di usia muda.

4. Sean Belnick

Sean Belnick juga ikut memaparkan kiat suksesnya di usia muda. Ia berpesan jika tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah bisnis. Sean memulai bisnisnya di usia 16 tahun dengan modal US$600 atau hanya sekitar 8 juta rupiah.

Karena ketekunannya dalam berbisnis, pada 2001 ia berhasil mendirikan BizChair.com. Yakni sebuah perusahaan yang menjual perabot rumah. Selama ia berbisnis ini, Sean juga meminta pendapat dari ayah angkatnya. Lalu di usia 20 tahun, Sean Belnick memiliki aset US$24 juta dan dinobatkan sebagai salah satu pebisnis sukses saat ini.

Nyatanya sukses di usia muda bukanlah mimpi yang sulit dicapai. Asalkan mau bekerja keras dan tekun maka kamu bisa meraih sukses di usia muda. Kamu juga dapat meraih suksesmu dengan jual beli aset crypto melalui aplikasi Pintu. Aplikasi yang sudah terdaftar

Jual beli Bitcoin jadi lebih mudah dan aman karena telah terdaftar dan diawasi Kominfo. Yuk, mulai bertransaksi di Pintu dan raih suksesmu di usia muda.

Referensi:

Glusea, 5 ways to be successful at a young age. Diakses tanggal: 20-09-2021

Jeet Banerjee, 8 Ways To Set Yourself Up For Success At A Young Age. Diakses tanggal: 20-09-2021

Sintia Astarina, Cara Menjadi Orang Sukses dan Menjadi Kaya Sebelum 25 Tahun. Diakses tanggal: 20-09-2021

Sujan Patel, 12 Habits Of Successful Young Entrepreneurs. Diakses tanggal: 20-09-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->