Apa itu Regresi dan Penerapannya dalam Investasi?

Updated
February 24, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Apa itu Regresi dan Penerapannya dalam Investasi?
Reading Time: 5 minutes

Dalam membuat keputusan untuk melakukan investasi, tentunya investor harus melakukan analisis mendalam dan komprehensif agar tidak salah langkah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan analisis regresi. Apa itu regresi dan bagaimana pemanfaatannya dalam dunia investasi? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Regresi?

Dikutip dari Investopedia, regresi adalah sebuah metode statistik yang digunakan dalam bidang keuangan, investasi, serta disiplin ilmu lainnya untuk menentukan hubungan antara variabel dependen dan independen.

Dalam bidang keuangan, analisis regresi dilakukan untuk membantu manajer investasi dan keuangan dalam menilai suatu aset keuangan serta memahami hubungan antara dua atau lebih variabel yang menarik minat mereka. Misalnya, bagaimana hubungan antara harga komoditas dan saham perusahaan yang menghasilkan komoditas tersebut.

Dengan melakukan analisis regresi, para investor dapat memahami dan membedakan manakah faktor yang penting dan mungkin berpengaruh terhadap variabel yang mereka amati, serta pengaruh apakah yang diberikan oleh faktor-faktor tersebut terhadap variabel yang tengah diamati.

Baca juga: Apa itu Fluktuasi Ekonomi dan Contohnya?

Istilah-Istilah dalam Model Regresi

Untuk memahami lebih mendalam tentang apa itu regresi, kamu juga harus mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan dalam model regresi.

Variabel Dependen

Variabel Dependen adalah variabel yang besaran, sifat, dan karakteristiknya bergantung pada variabel lainnya (variabel independen). Variabel ini digunakan untuk menggambarkan variabel yang sedang diteliti, biasanya dilambangkan dengan huruf y.

Variabel Independen

Variabel Independen adalah variabel yang besaran, sifat, dan karakteristiknya tidak tergantung pada variabel lainnya. Variabel ini biasanya digunakan untuk menggambarkan jenis variabel yang mempengaruhi variabel lainnya, dan dilambangkan dengan huruf x.

Jenis-Jenis Regresi

Dilihat dari hubungan kedua variabel tersebut, berikut jenis-jenis regresi yang seringkali digunakan oleh banyak orang. Rumus-rumus regresi di bawah ini biasanya tidak dikalkulasi secara manual melainkan menggunakan aplikasi pengolah data seperti Phyton.

Regresi Linear

Regresi linear adalah jenis regresi sederhana dan banyak digunakan untuk melakukan analisis prediktif. Regresi linear menggambarkan hubungan antara kriteria atau respon skalar dengan beberapa prediktor atau variabel penjelas.

Secara sederhana, regresi linear biasa digunakan untuk menganalisis hubungan pengaruh antara variabel x terhadap y. Dalam kondisi yang lebih rumit, biasanya jumlah variabel x yang dianalisis terdapat lebih dari satu. Berikut ini adalah rumus regresi linear:

rumus regresi linear

Regresi Polinomial

Regresi polinomial digunakan untuk membuat analisis regresi pada jenis data yang apabila diplot antara datanya akan membentuk grafik curvilinear atau melengkung. Jenis regresi ini umumnya digunakan untuk menganalisis data dengan metode kuadrat terkecil.

Analisis regresi polinomial bertujuan untuk memodelkan nilai yang diharapkan dari variabel y dalam kaitannya dengan variabel x. Berikut ini adalah rumus regresi polinomial:

rumus regresi polinomial

Regresi Stepwise

Regresi stepwise atau regresi bertahap digunakan untuk menyesuaikan model regresi dengan model prediktif. Analisis regresi ini dilakukan dengan cara menambahkan atau mengurangkan variabel dari himpunan variabel penjelas.

Terdapat beberapa macam pendekatan yang dapat digunakan untuk analisis regresi bertahap, yakni seleksi maju, eliminasi mundur, dan eliminasi dua arah. Secara umum, rumus regresi stepwise adalah sebagai berikut.

rumus regresi stepwise

Regresi Ridge

Regresi ridge adalah teknik dalam ilmu statistik untuk menganalisis data regresi berganda.

Analisis regresi berganda sangat rawan terhadap kesalahan standar yang diakibatkan oleh terjadinya multikolinearitas.

Regresi ridge menambahkan tingkat bias ke estimasi regresi, sehingga dapat mengurangi tingkat kesalahan standar yang muncul akibat multikolinearitas. Secara umum, berikut rumus regresi ridge.

rumus regresi ridge

Regresi Lasso

Regresi Lasso adalah istilah dalam ilmu statistik yang merujuk pada suatu metode analisis regresi yang melakukan seleksi variabel dan regularisasi dengan menggunakan soft thresholding. Metode ini hanya akan memilih subset dari kovariat yang disediakan untuk digunakan pada model akhir.

Berikut merupakan rumus regresi lasso.

rumus regresi lasso

Regresi Elastic Net

Regresi Elastic Net adalah teknik statistik yang menggunakan metode regresi reguler guna mengatasi kelemahan dari regresi lasso dan ridge. Biasanya, analisis regresi Elastic Net digunakan untuk mendukung pembelajaran matrik, dan optimalisasi portofolio.

Berikut merupakan rumus regresi elastic net.

rumus regresi elastic net

Fungsi Regresi dalam Investasi

Secara umum, analisis regresi sangat membantu para investor dalam membuat keputusan investasi. Bagaimanakah hal tersebut dapat dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa fungsi regresi dalam investasi.

Membantu Pengambilan Keputusan

Pertama, dengan adanya analisis regresi maka para investor dapat lebih mudah mengidentifikasi faktor-faktor apa sajakah yang mungkin mempengaruhi keputusan mereka dalam berinvestasi, dan sejauh mana faktor-faktor tersebut mempengaruhi keputusan investasi mereka.

Dengan begitu, para investor dapat membuat keputusan yang logis dan rasional, dan tentunya tepat serta akurat. Ketepatan keputusan ini akan berdampak pada efisiensi sumber daya dan perolehan keuntungan investor.

Analisis Beta dan CAPM

Persamaan CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah suatu model analisis regresi yang menentukan hubungan antara tingkat pengembalian yang diharapkan dari suatu aset dan premi risiko pasar sekaligus memproyeksikan tingkat pengembalian yang diharapkan untuk saham dan biaya modal yang dikeluarkan.

Di sisi lain, beta merupakan risiko saham yang berkaitan dengan kondisi pasar atau indeks volatilitas pengembalian relatif terhadap pasar secara keseluruhan. Beta dicerminkan sebagai tingkat kemiringan dalam model CAPM.

Baca juga: Perbedaan CML dan SML dalam Analisis CAPM

Meramalkan Tingkat Pendapatan yang Diperoleh

Analisis regresi berganda sangat membantu para investor dalam meninjau laporan keuangan suatu perusahaan untuk menentukan apakah perubahan asumsi atau variabel tertentu dapat berdampak terhadap pendapatan atau pengeluaran biaya di masa yang akan datang.

Misalnya, ketika perusahaan melaporkan kemungkinan penambahan tenaga kerja atau membuka cabang baru, maka apakah hal tersebut akan berpengaruh terhadap pendapatan yang dihasilkan atau sebaliknya hanya akan menambah pengeluaran biaya di masa depan.

Contoh Regresi dalam Investasi

Secara umum, regresi banyak digunakan oleh para investor untuk menentukan faktor yang mungkin mempengaruhi pergerakan harga suatu aset, misalnya harga komoditas, suku bunga, bidang industri yang digeluti perusahaan, atau pengaruh dari sektor lain.

Salah satu contoh penggunaan regresi dalam investasi adalah pemanfaatan analisis regresi pada investasi kripto. Para investor biasanya menggunakan analisis regresi untuk menganalisis tingkat volatilitas yang dimiliki oleh aset kripto serta mengetahui seberapa besar pengaruh aset kripto terhadap mata uang fiat pada negara tertentu.

Bagi para pelaku trading kripto, khususnya para pemula, analisis regresi linear sederhana terhadap faktor-faktor tertentu pada pasar aset kripto dapat membantu penyusunan strategi trading yang paling tepat dan efisien untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu regresi dan bagaimana penerapannya dalam investasi. Cukup mudah dipahami, bukan?

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading kripto namun tidak tau harus mulai dari mana, kamu bisa menggunakan Pintu, platform jual beli kripto yang legal dan telah terdaftar resmi di Bappebti. Hanya dengan Rp11.000 saja, kamu sudah bisa menjadi investor kripto, lho! Pintu juga menyediakan berbagai fitur menarik yang memungkinkan kamu untuk mengecek perubahan harga Bitcoin setiap saat serta belajar kripto secara mudah di Pintu Akademi

Referensi:

Brian Beers, Regression Definition. Diakses tanggal: 09-12-2021

Corporate Finance Institute, Regression Analysis. Diakses tanggal: 09-12-2021

Geeks for Geeks, Types of Regression Techniques. Diakses tanggal: 09-12-2021

Great Learning Team, What is Regression? Definition of Regression? Diakses tanggal: 09-12-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->