Coinsurance vs Reinsurance, Mana yang Lebih Baik?

Updated
November 15, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Coinsurance vs Reinsurance, Mana yang Lebih Baik?
Reading Time: 3 minutes

Dalam mengambil keputusan finansial, terdapat banyak yang harus dipertimbangkan tergantung pada tujuan finansial dan modal kamu. Salah satu istilah yang kurang dipahami oleh orang-orang adalah coinsurance dan reinsurance. Padahal, keduanya memiliki arti yang sangat berbeda. Apa perbedaan, kelebihan dan kekurangan coinsurance vs reinsurance? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Coinsurance dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Coinsurance adalah sebuah istilah dalam dunia asuransi yang merujuk pada pembagian risiko antara kamu dan perusahaan asuransi. Dengan kata lain, kamu dan perusahaan asuransi akan berbagi biaya jika terjadi klaim.

Misalnya, jika polis asuransi kamu memiliki coinsurance 30%, itu berarti kamu akan membayar 30% dari total biaya klaim, sementara perusahaan asuransi akan membayar sisanya. Contoh sederhana dari coinsurance adalah ketika kamu memiliki asuransi kesehatan dengan coinsurance 20%. Jika kamu harus menjalani operasi yang biayanya $10,000, maka kamu akan membayar $2,000 (20% dari $10,000), dan perusahaan asuransi akan membayar $8,000.

Baca juga: Apa itu Insurable Value dan Contohnya?

Apa itu Reinsurance dan Bagaimana Cara Kerjanya?

reinsurance adalah

(this image is generated by AI)

Reasuransi adalah praktik di mana sebuah perusahaan asuransi (pihak yang memberikan atau cedent) mentransfer sebagian dari risiko yang diasuransikannya kepada perusahaan reasuransi. Transfer ini dilakukan melalui kontrak, dan perusahaan reasuransi mengambil alih sebagian atau seluruh dari satu atau lebih polis asuransi yang dikeluarkan oleh pihak yang memberikan.

Misalkan terjadi bencana alam, dan Perusahaan X harus membayar klaim sebesar $10 juta kepada pemegang polisnya. Berdasarkan perjanjian reasuransi:

  • Perusahaan X akan membayar 70% dari klaim, yaitu $7 juta.
  • Perusahaan Y akan membayar sisanya, yaitu 30% atau $3 juta.

Manfaat Reinsurance bagi Perusahaan X

  • Pengurangan Risiko: Perusahaan X berhasil mengurangi risiko keuangannya.
  • Stabilitas Keuangan: Membantu menjaga stabilitas keuangan Perusahaan X dalam menghadapi klaim besar.
  • Kapasitas Lebih Besar: Memungkinkan Perusahaan X untuk mengasuransikan lebih banyak properti tanpa meningkatkan risiko keuangannya secara signifikan.

Manfaat Reinsurance bagi Perusahaan Y

  • Pendapatan Premi: Perusahaan Y mendapatkan pendapatan dari premi yang dibayarkan oleh Perusahaan X.
  • Diversifikasi Risiko: Perusahaan Y mendiversifikasi portofolionya dengan menambahkan risiko asuransi properti dari Perusahaan X.

Dengan demikian, reasuransi memungkinkan Perusahaan X untuk mengelola risiko keuangannya dengan lebih efektif, sementara Perusahaan Y mendapatkan keuntungan dengan menerima premi dan menambah diversifikasi risikonya.

Perbedaan Reinsurance dengan Coinsurance

Reinsurance dan coinsurance mungkin terdengar mirip, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan, yang mana berpengaruh terhadap pihak-pihak yang berbeda pula. Reinsurance, atau asuransi ulang, adalah praktik di mana perusahaan asuransi memindahkan sebagian risiko polis asuransi kepada perusahaan asuransi lain. Sementara itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, coinsurance adalah pembagian biaya klaim antara kamu dan perusahaan asuransi.

AspekReinsuranceCoinsurance
DefinisiPemindahan risiko asuransi ke perusahaan lainPembagian biaya klaim antara kamu dan perusahaan asuransi
Struktur PolisPerusahaan asuransi membeli polis dari perusahaan lainBiaya klaim dibagi berdasarkan persentase yang ditentukan dalam polis
ContohPerusahaan asuransi A membeli reinsurance dari perusahaan B untuk mengurangi risikoKamu membayar 20% dari biaya operasi, perusahaan asuransi membayar sisanya

Baca juga: Bagaimana Cara Klaim Reimbursement?

Kelebihan dan Kekurangan Coinsurance dan Reinsurance

Kelebihan dan Kekurangan Coinsurance

Beberapa kelebihan coinsurance adalah dapat mengurangi premi asuransi karena risiko dibagi, memberikan fleksibilitas dalam memilih seberapa banyak risiko yang ingin ditanggung.

Sementara itu salah satu kekurangannya adalah jika klaim terjadi, kamu harus membayar sebagian biaya dari kantong sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Reinsurance

Di lain sisi, kelebihan utama reinsurance adalah perusahaan asuransi dapat mengurangi risiko dan stabilkan keuangan mereka. Sementara terdapat juga kekurangan dimana biaya reinsurance bisa menjadi beban bagi perusahaan asuransi.

Memahami istilah-istilah asuransi seperti coinsurance dan reinsurance sangat penting, karena jangan sampai karena istilah yang mirip, kamu justru mengambil keputusan yang salah karena kurangnya pemahaman konsep dan dasar dalam finansial, atau dalam hal ini, asuransi.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->