Cost of Equity: Pengertian, Rumus dan Cara Hitung

Updated
July 25, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Cost of Equity: Pengertian, Rumus dan Cara Hitung
Reading Time: 3 minutes

Cost of Equity adalah salah satu konsep penting dalam dunia investasi yang bisa membantu kamu memahami lebih dalam tentang bagaimana perusahaan membiayai operasionalnya dan bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi keputusan investasi kamu. Simak selengkapnye mengenai apa itu cost of equity dan rumusnya berikut ini!

Apa itu Cost of Equity?

Cost of Equity adalah tingkat pengembalian yang dibutuhkan oleh investor atas investasinya dalam ekuitas perusahaan. Ini adalah biaya yang harus dibayar perusahaan untuk mendapatkan modal dari investor. Fungsinya jelas untuk menilai seberapa besar daya tarik investasi berupa proyek internal dan lainnya.

Baca juga: Rumus, Contoh dan Cara Hitung Biaya Operasional

Cara Menghitung Cost of Equity

cara menghitung cost of equity

Cost of Equity dapat dihitung menggunakan model Capital Asset Pricing Model (CAPM) atau Dividend Capitalization Model (untuk perusahaan yang membayar dividen).

Rumus Cost of Equity dengan CAPM

Mengambil risiko investasi relatif terhadap pasar. Model ini kurang akurat karena estimasi yang dibuat dalam perhitungan (karena menggunakan informasi historis).

CAPM: E(Ri) = Rf + βi * [E(Rm) – Rf], di mana:

  • E(Ri) adalah pengembalian yang diharapkan pada aset i
  • Rf adalah tingkat pengembalian bebas risiko
  • βi adalah Beta aset i
  • E(Rm) adalah pengembalian pasar yang diharapkan.

Rumus Cost of Equity dengan Dividend Capitalization Model

Hanya berlaku untuk perusahaan yang membayar dividen, dan mengasumsikan bahwa dividen akan tumbuh dengan tingkat konstan. Model ini tidak memperhitungkan risiko investasi sejauh CAPM (karena CAPM membutuhkan beta).

Dividend Capitalization = (D1 / P0) + g, di mana:

  • Re adalah Cost of Equity
  • D1 adalah dividen per saham tahun depan
  • P0 adalah harga saham saat ini,
  • g adalah tingkat pertumbuhan dividen.

Baca juga: Apa itu Capital Gain? Ini Rumusnya!

Perbedaan Cost of Equity vs Cost of Debt

perbedaan cost of equity vs cost of debt

Nilai cost of equity seringkali lebih tinggi daripada cost of debt. Investor ekuitas dikompensasi lebih murah karena ekuitas lebih berisiko daripada utang.

Perusahaan biasanya membandingkan cost of equity dengan cost of debt saat mempertimbangkan strategi untuk mengumpulkan modal tambahan dari sumber eksternal.

Misalnya, jika cost of equity perusahaan adalah 8% sementara cost of debt-nya adalah 4%, perusahaan mungkin akan lebih memilih untuk mengeluarkan utang tambahan daripada ekuitas karena cost of debt lebih rendah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun cost of debt biasanya lebih rendah, perusahaan harus membayar kembali utang tersebut. Di sisi lain, ekuitas tidak perlu dibayar kembali, tetapi biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi daripada utang karena adanya keuntungan pajak dari pembayaran bunga.

Perbedaan Cost of Equity vs WACC

Kedua istilah ini sering tertukar satu sama lain padahal cukup berbeda. Dalam hal ini, cost of equity hanya berlaku untuk investasi ekuitas, sedangkan Weighted Average Cost of Capital (WACC) memperhitungkan investasi ekuitas dan utang.

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Cost of Equity hingga rumus dan cara menghitungnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kamu bisa menemukan informasi lain mengenai finansial dan investasi di Pintu Blog. Di Pintu, kamu bisa berinvestasi kapan saja dan di mana saja secara mudah dan mendapatkan bonus tahunan hingga 13% per tahun dengan memanfaatkan fitur Pintu Earn!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->