Apa itu Cryptojacking dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Updated
September 27, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Cryptojacking dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?
Reading Time: 3 minutes

Cryptojacking adalah salah satu bentuk tindakan penyerangan digital yang terjadi dalam aktivitas mining crypto. Bagaimana cara kerja crypto jacking dan cara mendeteksinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Cryptojacking?

Cryptojacking adalah sebuah tindakan peretasan atau pembajakan sumber daya komputasi pihak lain secara tidak sah (tanpa seizin pihak tersebut) untuk menambang crypto

Biasanya, peretas akan membajak segala jenis sistem yang dapat mereka ambil alih seperti desktop, server, infrastruktur cloud, dan lainnya untuk menambang crypto secara ilegal guna mendapatkan keuntungan pribadi. Aktivitas ini pun termasuk sebagai salah satu tindak kejahatan dalam dunia crypto

Biasanya, korban dari aktivitas cryptojacking ini tidak curiga akan adanya peretasan karena bisa menggunakan sistem dan perangkat mereka seperti biasa. Satu-satunya tanda yang mungkin mereka rasakan adalah kinerja perangkat yang lebih lambat, konsumsi daya yang tinggi dan panas berlebih pada perangkatmu. 

Bagaimana Cara Kerja Cryptojacking?

Cryptojacking dilakukan oleh para peretas untuk memangkas biaya penambangan dengan mencuri sumber daya komputasi dan energi milik pihak lain. 

Mereka menggunakan berbagai teknik peretasan untuk mendapatkan akses ke sistem yang kemudian akan melakukan pekerjaan komputasi yang mereka inginkan. Setelahnya, sistem yang telah dibajak tersebut akan mengirimkan hasilnya ke server yang dikendalikan oleh peretas.

Secara umum, terdapat dua jenis cryptojacking, yaitu file-based cryptojacking dan browser-based cryptojacking. 

File-Based Cryptojacking

cara kerja cryptojacking lewat email

(fortinet.com)

Pada jenis ini, peretas biasanya akan mengirimkan email kepada target mereka. Ketika pengguna membuka lampiran pada email tersebut, script crypto mining akan otomatis berjalan pada perangkat mereka. 

Browser-Based Cryptojacking

cara kerja cryptojacking di browser

(sectigostore.com)

Pada jenis cryptojacking ini, peretas akan menambahkan malcode (kode jahat) pada berbagai website. Ketika target mengakses website yang terinfeksi, script crypto mining akan langsung bekerja pada device tersebut. 

Baca juga: Apa saja 7 Penipuan dalam Dunia Crypto dan Cara Menghindarinya?

Bagaimana Cara Mendeteksi Cryptojacking?

Secara umum, cara mendeteksi cryptojacking dapat dilakukan dengan melihat beberapa tanda adanya cryptojacking berikut. 

  • Kinerja perangkat yang tiba-tiba melambat. 
  • Perangkat yang terlalu panas meskipun hanya menggunakan sedikit aplikasi
  • Kinerja baterai yang terlalu cepat habis meskipun sebelumnya tidak mengalami masalah. 

Bagaimana Cara Mencegah Cryptojacking?

Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah cryptojacking? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.  

  • Gunakan perlindungan anti-malware yang kuat dan mampu mendeteksi adanya crypto miner. 
  • Kelola ekstensi browser kamu secara berkala untuk meminimalkan risiko eksekusi script berbasis browser. 
  • Gunakan pemantauan cloud yang menyeluruh serta perketat konfigurasi cloud. 

Cryptojacking adalah tindakan yang sudah pasti merugikan pihak lain. Pastikan untuk selalu menjaga keamanan perangkat kamu agar terhindar dari aktivitas peretasan ini, ya. 

Buat kamu yang ingin melakukan investasi crypto secara mudah, download Pintu! Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti yang disajikan dengan tampilan yang simpel dan mudah digunakan oleh investor crypto pemula sekalipun.  

Download Pintu sekarang melalui App Store atau Play Store kamu sekarang!

Referensi:

CSO Online. What is cryptojacking? How to prevent, detect, and recover from it | CSO Online. Diakses pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Coinmarketcap, Crypto Jacking. Diakses pada Rabu, 14 September 2022. 

*Disclaimer: Artikel ini hanyalah bertujuan untuk menambah informasi pembaca. Segala keputusan dan aktivitas berkaitan dengan crypto yang dilakukan menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->