Perbedaan High Net Worth Individual dengan Ultra High Net Worth Individual

Updated
January 26, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Perbedaan High Net Worth Individual dengan Ultra High Net Worth Individual
Reading Time: 4 minutes

Dalam 5 tahun ke depan, The Wealth Report 2022 memprediksi persentase orang kaya di Indonesia yang masuk kategori high net worth individual adalah 134.015 orang atau 63 persen lebih banyak dibanding tahun 2021. Mereka yang layak disebut crazy rich atau Ultra High Net Worth Individuals juga naik sebanyak 29 persen menjadi 1.810 orang. Nah, tahukah kamu apa beda High Net Worth Individual (HNWI) dan Ultra High Net Worth Individual (UHNWI)? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa itu High Net Worth Individual (HNWI)?

hnwi adalah

Pengertian High Net Worth Individual (HNWI)?

High Net Worth Individual (HNWI) adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi, yaitu orang atau keluarga dengan aset likuid bernilai setidaknya US$ 1 juta atau setara dengan sekitar Rp15 miliar. 

Aset likuid adalah aset yang dapat dicairkan cepat secara tunai seperti rekening giro, rekening tabungan, rekening pasar uang, saham, dan obligasi. Sedangkan real estate, tanah atau barang koleksi bukan termasuk aset likuid. 

Baca juga: Apa Perbedaan Giro dan Tabungan? Ini Faktanya!

Orang dalam kategori HNWI harus memiliki aset likuid mencapai nominal minimum meskipun telah dikurangi utang. Seseorang dengan aset likuid US$ I juta namun memiliki utang US$500.000 tidak temasuk dalam kategori HNWI.

Dari segi investasi, HNWI cenderung berinvestasi di saham, real estate, atau sertifikat deposito bank yang tidak terlau beresiko. Untuk membuat perencanaan keuangan dan investasi, pada umumnya HNWI memperkerjakan penasihat keuangan. Selain itu, penasihat keuangan juga dibutuhkan untuk bekerja dengan agen asuransi jiwa, sekuritas, dan agen profesional lainnya untuk menjalankan perencanaan keuangan. 

Jumlah High Net Worth Individual (HNWI) di Indonesia

Pada tahun 2020, jumlah HNWI di Indonesia berdasarkan Wealth Report 2022 oleh Knight Frank adalah 86.651 orang. 

Selanjutnya tahun 2021, terdapat 82.012 HNWI di Indonesia. Jumlah ini menunjukkan adanya pengurangan jumlah HNWI di Indonesia sebanyak 5% dari 2020-2021. 

Meskipun terdapat pengurangan jumlah HNWI pada tahun 2021, Knight Frank memprediksi Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah HNWI sebesar 63% di tahun 2026 dan mencapai angka 134.015.

Apa itu Ultra High Net Worth Individual (UHNWI)?

contoh uhnwi

Pengertian Ultra High Net Worth Individual (UHNWI)

Ultra High Net Worth Individual (UHNWI) adalah individu dengan kekayaan bersih sangat tinggi, yaitu orang atau keluarga yang memiliki kekayaan bersih yang dapat diinvestasikan setidaknya US$30 juta atau lebih yang mana setara dengan Rp448 miliar. 

Jumlah aset bersih ini diluar aset kewajiban contohnya investasi perumahan atau hobi seperti kapal pesiar atau hobi kolektor.

Kekayaan bersih diperoleh dari banyak aset, aset yang dapat diinvestasikan dan aset likuid. Aset yang dapat diinvestasikan seperti uang tunai, saham, obligasi dan dana investasi. Orang dengan kekayaan bersih sangat tinggi memiliki akses investasi yang tidak bisa diakses oleh investor ritel biasa.

Baca juga: Dua Jenis Investor, Ritel dan Institusional. Ini Perbedaannya!

Di tahun 2021, terdapat lebih dari 600.000 UHNWI di dunia. Individu dalam kategori ini mungkin memperoleh aset mereka melalui bisnis, investasi maupun kekayaan keluarga yang diwariskan. 

UHNWI umumnya berinvestasi pada produk dengan profil resiko yang tinggi dan lebih canggih contohnya logam mulia, crypto dan pasar dunia. Konsumsi yang mereka lakukan juga biasanya tidak berdasarkan harta benda melainkan pengalaman, UHNWI biasanya aktif dalam mendukung kegiatan amal dengan menyediakan sumber daya yang signifikan.

Untuk mengelola kekayaan mereka, UHNWI sudah seharusnya memiliki tim perencana keuangan termasuk di dalamnya pakar hukum dan pajak. Mungkin saja bagi UHNWI untuk membuka kantor di bidang manajemen aset swasta yang juga menangani aset mereka serta kebutuhan gaya hidup lainnya seperti biaya pendidikan, perjalanan, ataupun hobi.

Jumlah Ultra High Net Worth Individual (UHNWI) di Indonesia

Berdasarkan Wealth Report 2022 oleh Knight Frank, jumlah Ultra High Net Worth Individual (UHNWI) di Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 1.390 orang. 

Pada tahun 2021, terjadi peningkatan menjadi 1.403 UHNWI di Indonesia. Diketahui bahwa jumlah orang dengan UHNWI di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 1% dari 2020-2021. 

Dalam laporannya, Knight Frank memprediksi jumlah UHNWI di Indonesia pada 2026 akan mengalami peningkatan 29% atau sekitar 1.810 orang dengan kategori Ultra High Net Worth Individual.

Perbedaan HNWI dan UHNWI

Perbedaan utama High Net Worth Individual (HNWI) dan Ultra High Net Worth Individual (UHNWI) adalah pada jumlah aset yang dimiliki. 

Total Kekayaan

HNWI memiliki aset likuid bersih setidaknya US$ 1 juta, tidak termasuk aset tempat tinggal utama. Sedangkan UHNWI memiliki kekayaan bersih yang dapat diinvestasikan setidaknya US$30 juta atau lebih. Di antara HNWI dan UHNWI, sebenarnya ada satu kategori lagi, yaitu very high net worth individual, yakni mereka yang punya kekayaan sampai US$5 juta. 

Jenis Aset yang Dimiliki

Perbedaan kedua antara UHNWI dan High Net Worth Individual adalah jenis aset yang dimiliki. Pada umumnya, jenis aset yang dimiliki individu di kategori HNWI adalah aset likuid seperti rekening giro, rekening tabungan, rekening pasar uang, saham, dan obligasi. Sedangkan real estate, tanah atau barang koleksi bukan termasuk aset likuid. Sedangkan aset yang dimiliki orang di kategori UHNWI bisa merupakan aset yang dapat diinvestasikan dan aset likuid. Aset yang dapat diinvestasikan seperti uang tunai, saham, obligasi dan dana investasi.

Pilihan Investasi

Dalam hal investasi, HNWI cenderung berinvestasi di saham, real estate, atau sertifikat deposito bank yang tidak terlalu beresiko. Sedangkan UHNWI cenderung berinvestasi pada produk dengan profil resiko yang tinggi contohnya logam mulia, crypto dan pasar dunia.

Baca juga: 6 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bisa Kamu Coba!

Kecenderungan Aktivitas

Perbedaan keempat adalah dari segi konsumsi, HNWI adalah konsumen setia barang-barang mewah seperti mobil mewah. Sedangkan UHNWI, Konsumsi yang mereka lakukan biasanya tidak berdasarkan harta benda melainkan pengalaman, UHNWI biasanya aktif dalam mendukung kegiatan amal dengan menyediakan sumber daya yang signifikan.

Perencanaan Keuangan

Perbedaan kelima adalah dari segi perencanaan keuangan, pajak dan perumahan. Orang di kategori HNWI mempekerjakan penasihat keuangan untuk membuat perencanaan keuangan, bekerja dengan agen asuransi jiwa, sekuritas dan agen profesional lainnya. Sedangkan orang di kategori UHNWI memiliki tim perencana keuangan termasuk didalamnya pakar hukum dan pajak. Mungkin saja bagi UHNWI untuk membuka kantor di bidang manajemen aset swasta yang juga menangani aset mereka serta kebutuhan gaya hidup lainnya seperti biaya pendidikan, perjalanan, ataupun hobi.

Itu dia penjelasan lengkap tentang HNWI dan UHNWI. Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya!

Sebelumnya, sempat dibahas mengenai investasi crypto. Buat kamu yang masih awam mengenai crypto, simak video berikut ini!

Kamu juga bisa belajar crypto secara lebih detail di Pintu Academy dan menyimak berita crypto terbaru lewat Pintu News.    

Siap berinvestasi crypto? Download crypto di sini dan investasi mulai dari Rp11.000 saja. 

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->