7 Penipuan Kripto dan Cara Menghindarinya

June 28, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 7 Penipuan Kripto dan Cara Menghindarinya
Reading Time: 3 minutes

Di tengah semakin populernya Bitcoin dan aset kripto lainnya, scam atau modus penipuan kripto pun menjadi semakin marak. Tidak sedikit dari mereka yang baru terjun ke dalam investasi aset kripto menjadi korbannya. Mata uang crypto legal di Indonesia akan tetapi mata uang kripto tidak luput dari inceran scammer. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang beberapa modus penipuan yang sering terjadi di dunia kripto.

Hadiah Gratis

Untuk menarik para pemain kripto awal, para penipu biasanya akan mengiming-imingi hadiah koin gratis. Penipu biasanya akan meminta data-data pribadi dari si korban. Jika ada yang menawarkan hadiah gratis, berhati-hatilah dan segera cari tahu keabsahan dari undian tersebut. Jangan pernah mengirimkan informasi data pribadi kamu ke orang yang tidak dikenal.

Meniru orang lain

Hal yang paling sering dilakukan oleh penipu adalah berpura-pura untuk meniru orang lain. Biasanya mereka akan menggunakan akun palsu dengan menyalin profil sosial media para influencer di dunia kripto. Berhati-hatilah dengan tawaran untuk melipatgandakan keuntungan kripto anda dari para influencer yang secara tiba-tiba mengirimkan Direct Message kepada anda. Jangan pernah menerima permintaan aneh dari orang yang tidak anda kenal dan selalu cek ulang akun dari orang yang mengirimkan pesan pribadi kepada anda.

Bursa Kripto Palsu

Di saat harga Bitcoin semakin naik, maka penipuan bursa kripto palsu marak terjadi. Biasanya bursa kripto palsu ini menawarkan harga Bitcoin yang jauh dari harga pasar sehingga membuat orang mengira mereka akan mendapatkan untung. Seperti kisah Toni Haryanto, seorang pedagang bakso, yang baru-baru ini ditipu oleh investasi Bitcoin bodong di sosial media. Toni melihat iklan di sosial media tentang investasi Bitcoin dengan harga murah, lalu ia diminta untuk mengirimkan uang ke akun si penipu. Toni kehilangan uang yang ia tabung untuk naik haji dan kasus ini marak diperbincangkan di media. Untuk menghindari penipuan kripto semacam ini, selalu beli Bitcoin pada aplikasi yang sudah terdaftar di dalam Bappebti. Bappebti adalah lembaga yang menaungi perdagangan kripto. Pastikan juga anda untuk selalu mengecek harga crypto agar anda tidak terkecoh dengan iming-iming harga murah dari bursa crypto yang tidak sah.

Phishing

Apa itu Phising? pengertian phising ada berbeda beda. Tetapi bisa kita bilang arti Phising adalah kejahatan dunia maya di mana target dihubungi melalui email, telepon, atau pesan teks oleh seseorang yang menyamar sebagai lembaga yang sah untuk menarik individu agar memberikan data sensitif seperti informasi identitas pribadi, detail kartu kredit dan perbankan, serta kata sandi. Phising adalah cara paling sering dilakukan untuk menipu seseorang. Seorang penipu akan membuat website palsu atau email palsu dan berpura-pura untuk menjadi seseorang atau pihak dari organisasi tersebut. Biasanya penipu akan memalsukan situs website bursa kripto atau wallet. Penipu pun biasanya mengabarkan bahwa akun korban mengalami gangguan/ dicurigai bermasalah sehingga penipu meminta korban untuk memasukkan data sensitif seperti password atau seedphrase dari wallet. Yang mana setelah korban memasukkan data tersebut, si penipu dapat mengambil Bitcoin atau aset kripto yang korban miliki. Kejadian phising paling terkenal baru-baru ini terjadi dimana seorang hacker mengambil data pembelian wallet ledger sebanyak 242.000 alamat email bocor dan penipu menggunakan strategi ini untuk membuat pengguna panik. Penipu meminta pengguna untuk mengirimkan seedphrase dari private keys ke dalam situs ledger palsu. Apabila anda mendapatkan email dari situs website aset kripto pastikan untuk mengecek alamat domain dari situs tersebut. Cek juga apakah website yang dituliskan itu benar adanya dengan cara mengeceknya di google. Berhati hati dengan huruf kapital i dan juga huruf l karena tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Ransomware

Serangan ransomware adalah upaya dari hacker untuk memblokir akses dari situs yang anda miliki dengan memasukkan program ke dalam komputer anda, satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan cara anda membayarkan tebusan Bitcoin. Sebaiknya jika hal ini terjadi kepada anda maka berkonsultasilah dengan orang ahli untuk mengatasi ini daripada membayarkan tebusan. Pastikan anda untuk berhati-hati mengunduh program dari internet terutama program yang membutuhkan akses administrator. Serta pastikan saat anda mengunduh program dari internet, program tersebut datang dari website yang terpercaya dan telah anda cek ulang alamatnya.

Koin tipuan

Dengan maraknya koin kripto alternatif atau yang disebut sebagai alt-coins, banyak juga penipuan yang mengatasnamakan koin baru. Penipuan kripto dengan alt-coins biasanya mengajak para investor untuk berinvestasi di koin baru sebelum di daftarkan ke dalam exchange atau menjual koin baru dengan harga diskon. Biasanya koin-koin baru ini juga melakukan yang namanya pump and dump, dimana penipu biasanya sudah memiliki koin banyak sebelum menarik investor baru, mereka juga akan menyewa penulis lepas untuk memberitakan koin ini di media massa dan independen. Saat koin tersebut mendapatkan popularitas maka harga koin akan menjadi naik. Dan setelah harga koin naik, para penipu akan menjual posisi mereka dan membuat harga menjadi anjlok. Berhati-hatilah untuk berinvestasi alt-coin yang baru. Kenali tim dibelakang dari koin tersebut dan cek pergerakan harga koin tersebut dari awal sebelum mulai berinvestasi.

Nadya Rahmaesya
Author
Nadya Rahmaesya

Bagikan

Artikel Terkait

Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.