10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Bantu Bayar Kuliah!

Updated
December 2, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Bantu Bayar Kuliah!
Reading Time: 4 minutes

Apakah kamu pernah merasa dilema antara memilih kuliah dulu atau kerja dulu? Hal ini kerap kali dirasakan oleh pelajar yang baru lulus. Namun kini kamu tidak perlu khawatir, sebab banyak mahasiswa yang kuliah sembari menjalankan bisnis sampingan. Bisnis sampingan ini bisa menjadi uang saku maupun tambahan untuk membayar uang kuliah.

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

Mahasiswa memang memiliki kewajiban untuk belajar, namun memiliki bisnis sampingan bukan hal yang salah. Justru dari bisnis sampingan ini kamu bisa meringankan beban orang tua dan bisa menambah uang saku yang kamu miliki. Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk mahasiswa, di antaranya adalah:

1. Jasa Penerjemah

Jika kamu merupakan mahasiswa dari jurusan bahasa maka kamu bisa membuka bisnis jasa penerjemah. Coba untuk cari perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan sebuah dokumen dari bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Bisnis penerjemahan dokumen ini termasuk jenis bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Sebab kamu bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah tergantung jumlah dokumen dan tingkat kesulitan yang kamu alami, sambil mengaplikasikan pendidikan yang kamu dapat di universitas.

2. Jasa Print Dokumen

Apa kamu memiliki printer di rumah? Jika iya maka kamu bisa menggunakan printer tersebut untuk membuka bisnis print dokumen. Seperti yang kita tahu jika mahasiswa pasti membutuhkan jasa print untuk mencetak tugas kuliah mereka.

Oleh karena itu tidak ada salahnya, sembari kuliah kamu juga membuka bisnis jasa print dokumen. Kamu bisa mulai mempromosikan bisnis kamu ke teman sejurusan. Tetapkan harga yang terjangkau agar teman-teman kamu tertarik menggunakan jasa kamu.

3. Bisnis Barang Preloved

Barang preloved atau barang bekas yang masih layak pakai kerap kali dijadikan sebagai bisnis oleh para mahasiswa. Biasanya para mahasiswa ini menjual barang bekas merk ternama dengan harga yang terjangkau bahkan sangat murah.

Meski barang bekas namun jika diproduksi oleh perusahaan fashion ternama maka akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Jika kamu ingin berbisnis barang preloved ini maka pastikan barang yang kamu jual bersih dan aman dari bakteri.

4. Asisten Dosen

Asisten dosen atau yang lebih dikenal dengan asdos juga bisa kamu jadikan sebagai ladang bisnis. Biasanya mahasiswa yang punya andil yang besar di kelas sering ditawari untuk menjadi asisten dosen. Dari profesi asisten dosen ini kamu bisa mendapat fee yang lumayan bahkan uangnya bisa kamu gunakan untuk membayar uang semesteran.

5. Desain Grafis

desain grafis ide bisnis untuk mahasiswa

Kamu kuliah di jurusan desain? Maka kamu bisa mencoba berbisnis di bidang desain grafis. Coba upload karya desain kamu ke platform yang ada di internet. Biasanya perusahaan ternama berani membayar dengan harga tinggi untuk desain yang unik dan belum pernah ada. Desain grafis memang bisa menjadi salah satu bisnis menguntungkan untuk mahasiswa.

6. Online Shop

Bisa dikelola kapanpun dan di manapun merupakan salah satu kelebihan online shop. Sehingga tidak heran jika online shop menjadi bisnis paling populer di kalangan mahasiswa. Bisnis untuk mahasiswa ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Kamu bisa mulai bisnis online shop dengan coba jadi reseller ataupun dropshipper sehingga tidak perlu melakukan stok barang. Dengan menjadi dropshipper maka kamu cukup memposting iklan produk di sosial media dan jika ada yang tertarik untuk beli maka supplier yang akan mengirimkan barangnya.

7. Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data bisa menjadi salah satu bisnis sampingan untuk mahasiswa. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan tidak perlu menyewa ruko. Berjualan pulsa dan paket data di kampus berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar.

8. Bisnis Bimbingan Belajar

Saat ini banyak sekali lembaga bimbingan belajar yang mencari tenaga pendidik baru dengan latar belakang sarjana. Bahkan ada beberapa lembaga yang menerima mahasiswa semester akhir sebagai guru pengajar di lembaga bimbingan belajar mereka.

Jika kamu tidak ingin gabung secara resmi maka kamu bisa coba buka jasa les privat. Tawarkan jasa kamu ke pelajar jenjang SD hingga SMA sesuai dengan kemampuan kamu.

9. Jasa Servis Komputer

Kehidupan mahasiswa pasti tidak akan jauh dari komputer. Yang mana hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa servis komputer. Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa jurusan IT maka hal ini tentu mudah untuk kamu.

Bisnis jasa servis komputer ini tidak hanya bisa dipromosikan ke mahasiswa saja, namun kamu juga bisa mempromosikannya ke masyarakat sekitar. Atau kamu bisa memasang iklan online sehingga banyak yang tau toko servis komputer kamu.

10. Catering

Bisnis sampingan untuk mahasiswa selanjutnya adalah bisnis catering. Karena ruang lingkup kamu dari berbagai kalangan maka membuka bisnis catering merupakan langkah yang tepat. Kamu bisa menawarkan harga yang terjangkau untuk paket catering yang kamu miliki.

Atau ketika ada event kuliner di kampus juga bisa kamu jadikan sebagai media promosi bisnis kamu.

Bitcoin Sebagai Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Siapa yang tidak tahu Bitcoin? Tentunya kamu tidak asing dengan instrumen investasi satu ini. Dewasa ini, Bitcoin menjadi salah satu jenis investasi yang paling dicari oleh para pebisnis karena keuntungan yang ditawarkannya.

Meski masih mahasiswa kamu juga bisa menjadikan jual beli Bitcoin sebagai bisnis sampingan kamu atau berinvestasi untuk masa depan kamu. Namun ingat untuk selalu gunakan aplikasi Pintu karena kamu bisa mulai investasi dengan modal minim namun dengan banyak pilihan aset crypto untuk investasi.

Referensi:

Anuja Bharech, 9 Successful Business Ideas For Students That You Can Start In 2020. Diakses tanggal: 10-11-2021

Dayna Winter, The Founder’s Zodiac: The College Student’s Star Map to Starting a Small Business. Diakses tanggal: 10-11-2021

Ruth Bushi, 53 Small Business Ideas to Start at University. Diakses tanggal: 10-11-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->