13 Manfaat Ekonomi Kreatif, Keren ya!

Updated
January 19, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 13 Manfaat Ekonomi Kreatif, Keren ya!
Reading Time: 4 minutes

Ekonomi kreatif adalah salah satu konsep ekonomi yang mulai banyak terdengar belakangan ini. Prinsipnya adalah bagaimana industri berusaha memenuhi kebutuhan pasar dengan mengutamakan kreativitas dan kemampuan intelektual. Berikut merupakan 13 manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian dan bidang-bidang lainnya.

Baca juga: Apa saja Contoh Masalah Ekonomi Modern, Klasik, Mikro, dan Makro

Perkembangan Inovasi

apa itu ekonomi kreatif

Inovasi adalah kunci utama dalam perkembangan sebuah bisnis maupun perekonomian suatu negara. Dan salah satu manfaat dari ekonomi kreatif adalah terbukanya berbagai jenis ide-ide baru guna bersaing secara kompetitif antar satu bisnis dan bisnis lainnya. Dalam hal ini, setiap bisnis harus bisa membaca tren pasar dengan seksama untuk turut beradaptasi dengan menggunakan inovasi.

Persaingan yang Sehat

Adanya berbagai inovasi melalui ekonomi kreatif akan membangun persaingan yang sehat antar bisnis-bisnis di dalam sebuah industri. Dengan adanya pasar yang semakin terbuka, jenis kompetisi ini menjadi semakin mungkin untuk terealisasi. Di sisi lain, persaingan juga dapat memunculkan banyak variabel kreatif yang membuat industri menjadi semakin solid.

Kualitas Produk yang Membaik

Ekonomi kreatif juga akan membuat produsen-produsen menjadi lebih fokus pada pengembangan produk yang lebih baik. Seiring waktu, “tekanan” untuk terus bertahan di tengah persaingan pasar akan mendorong produsen untuk menciptakan produk-produk dengan standar kualitas yang lebih baik.

Membuka Lapangan Kerja

Kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan kreativitas di era modern ini membuat banyak pengusaha baru berani untuk membangun bisnis baru maupun mengembangkan cakupan bisnis mereka. Dengan semakin menjamurnya industri berbasis ekonomi kreatif, maka semakin besar pula lapangan kerja yang tersedia.

Menekan Angka Pengangguran

Masih terikat dengan poin manfaat dari ekonomi kreatif sebelumnya. Kesempatan untuk mendapatkan kerja yang semakin terbuka tentu akan secara drastis menekan angka pengangguran.

Mengurangi Angka Kemiskinan

Meski tidak terdampak secara langsung, namun dalam ruang lingkup yang lebih luas, tujuan dan manfaat ekonomi kreatif yang paling terasa adalah mengurangi angka kemiskinan.

Dengan semakin mudahnya peluang membuka bisnis baru, ekonomi kreatif menjadi salah satu opsi yang paling efektif untuk memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik.

Pertumbuhan Ekonomi

manfaat ekonomi kreatif

Secara prinsipil, manfaat ekonomi kreatif adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Faktanya, berdasarkan riset dari Global Talent Competitiveness Index (GTCI) yang dirilis INSEAS, negara dengan banyak pengusaha dan entrepreneur cenderung memiliki kemampuan finansial yang lebih kuat ketimbang negara yang hanya memiliki segelintir pengusaha saja.

Memberikan Peluang Usaha untuk Semua

Ekonomi kreatif juga dapat menjadi jalan transformasi baru untuk mereka yang ingin memulai usaha tanpa harus memiliki capital fund yang besar. Berbeda dengan segmentasi bisnis konvensional yang membutuhkan sumber pendanaan yang sangat besar, industri dengan basis ekonomi kreatif cenderung lebih lunak dalam hal modal.

Inilah mengapa, ekonomi kreatif bisa jadi pilihan bagi banyak entrepreneur muda yang memiliki ide-ide brilian namun intensinya tertahan karena tidak memiliki aliran modal yang cukup.

Pasar yang Semakin Beragam dan Spesifik

Bukan hanya pasar yang semakin luas, namun manfaat ekonomi kreatif lainnya adalah semakin beragamnya produk yang tersedia di pasaran. Variasi ini memberikan potensi konsumen yang juga semakin variatif. Tersedianya jasa dan produk yang spesifik akan membantu meningkatkan nilai jual sebuah entitas bisnis.

Dampak Positif pada Lingkungan

Salah satu karakter utama dari ekonomi kreatif adalah sisi green technology yang biasanya diadopsi secara terstruktur. Budaya menjaga lingkungan ini bisa jadi salah satu faktor penting yang dapat membantu semakin membaiknya kultur bisnis di masa yang akan datang.

Sumber Daya Manusia yang Semakin Kompeten

Inti dari ekonomi kreatif adalah kapabilitas sumber daya manusia yang mampu mengeksplorasi ide dan inovasi yang unik. Jika sebelumnya pattern bisnis hanya berdasar pada pola tradisional yang sudah dibangun oleh brand dan perusahaan tersebut, maka ekonomi kreatif memberikan ruang berkreasi yang lebih luas dan dapat dikondisikan sesuai dengan pergeseran permintaan konsumen.

Agar dapat beradaptasi dengan tren konsumsi yang dapat berubah-ubah ini maka mau tidak mau, perusahaan perlu untuk terus meningkatkan kemampuan pekerja mereka melalui training dan berbagai kanal pengembangan SDM lainnya.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Ketika basis manfaat ekonomi kreatif telah terasimilasi sempurna dalam tatanan kehidupan masyarakat secara luas, maka dampak positif seperti kualitas hidup yang membaik juga akan dapat dirasakan. Tujuan dan manfaat ekonomi kreatif yang satu ini juga secara luas dipercaya dapat memiliki dampak sosial yang besar.

Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif

Pada akhirnya, identitas bangsa dan citra sebuah negara akan secara langsung terdongkrak dengan adopsi ekonomi kreatif. Melalui kemampuan SDM yang kreatif, entitas bisnis yang terus berinovasi, serta pasar yang semakin luas dan kompetitif, maka rasanya sangat mungkin bagi sebuah negara untuk dapat berevolusi menjadi pionir ekonomi regional maupun internasional.

Itu dia beberapa manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian suatu negara maupun masyarakat secara umum. Selain ekonomi kreatif, literasi finansial juga menjadi salah satu faktor penting untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah melalui investasi.

Untuk kamu yang ingin memulai investasi namun tidak tahu harus mulai dari mana, kamu bisa coba mengakses aplikasi Pintu yang menyediakan informasi lengkap mengenai investasi dan trading sekaligus memungkinkan kamu melakukan jual beli crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja.

Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->