Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Updated
December 1, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
Reading Time: 3 minutes

Ada beberapa jenis pasar dalam ekonomi, yaitu pasar monopoli, oligopoli, dan pasar bebas. Dalam hal ini, pasar monopoli adalah salah satu yang dipandang paling merugikan konsumen. Namun, pasar ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu pasar monopoli, ciri dan struktur, serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Pasar Monopoli? 

Pasar monopoli adalah kondisi dimana hanya ada satu pemain di pasar yang menawarkan produk pada konsumen. Pasar ini adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna, dimana ada banyak perusahaan yang menawarkan produk. Pada pasar monopoli, perusahaan bebas menentukan kualitas barang, juga menetapkan harga dan menikmat profit

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Hanya ada satu pemain atau produsen di pasar yang luas.
  • Produsen dapat mengubah harga kapan saja, bahkan tanpa alasan. 
  • Nyaris tidak ada produk pengganti di pasar tersebut
  • Produsen menguasai seluruh pasar dan mendapatkan bagian laba yang sangat besar

Baca juga: Tips dan Cara Trading Crypto Bagi Pemula, Sudah Tau?

Jenis-Jenis Pasar Monopoli 

Pasar monopoli terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Pasar monopoli alami, yaitu pasar monopoli yang sempit hingga satu pemain saja sudah cukup memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Pasar monopoli legal, yaitu pasar monopoli yang dibentuk secara sengaja oleh pemerintah untuk melindungi kepentingan konsumen, misalnya monopoli Elpiji di pasar gas cair komersial.
  • Pasar monopoli regional, yaitu pasar monopoli yang cakupannya hanya pada wilayah tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Kelebihan Pasar Monopoli

Pasar monopoli sering dianggap merugikan. Namun sebenarnya ada beberapa manfaat pasar ini, di antaranya: 

  • Harga yang stabil, disebabkan tidak adanya persaingan. Harga yang stabil memudahkan konsumen menganggarkan biaya dan memprediksi laba.
  • Pasar monopoli mudah mengembangkan skala ekonomi. Perusahaan monopoli mudah memproduksi barang dan jasa dalam jumlah besar dengan biaya rendah.
  • Karena menguasai pasar, produsen mudah mengadakan riset dan pengembangan produk dengan biaya lebih efisien.

Kekurangan Pasar Monopoli

Pasar monopoli juga memiliki kekurangan, terutama bagi konsumen, di mana: 

  • Konsumen tidak memiliki banyak pilihan karena hanya ada satu pemain di pasar yang luas.
  • Sulit mencari produk pengganti, sehingga jika produsen mengalami guncangan, konsumen yang dirugikan.
  • Harga barang bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa alasan. Karena hanya ada satu pemain, maka konsumen mau tidak mau harus menerima kondisi tersebut. 
  • Adanya penghalang bagi kompetitor baru untuk memasuki pasar, baik dari peraturan pemerintah maupun harga yang tidak dapat diganggu gugat.

Bagaimana Struktur Pasar Monopoli?

struktur pasar monopoli
(sumber:businessjargons.com)

Monopoli merupakan salah satu bentuk struktur pasar, selain oligopoli dan pasar persaingan sempurna. Struktur atau bagian dari pasar ini hanya ada tiga, yaitu produsen atau penjual, harga, dan pembeli. Tidak ada produk substitusi dan pesaing di pasar ini. Produk komplementer pun umumnya disediakan oleh produsen yang sama. Sedangkan produk  pengganti nyaris tidak dapat ditemukan di dalam pasar.

Baca juga: Apa itu Modal Investasi dan Fungsinya?

Faktor yang Menyebabkan Timbulnya Pasar Monopoli

Pasar monopoli tidak terjadi begitu saja. Umumnya pasar ini timbul diawali oleh aksi merger dua pemimpin teratas pasar. Misalnya ketika Boeing membeli McDonnell Douglas, menjadikan Boeing satu-satunya pemain di pasar produksi pesawat terbang AS.

Pasar monopoli juga bisa terbentuk saat satu perusahaan besar membeli perusahaan-perusahaan kecil yang merupakan pesaingnya. Cara lain terbentuknya pasar monopoli adalah saat perusahaan besar melakukan perang harga dan mengalahkan para pesaingnya. 

Contoh Pasar Monopoli di Indonesia

Pasar monopoli juga ada di Indonesia. Beberapa di antaranya memang dibentuk oleh pemerintah untuk mengendalikan harga dan melindungi hak konsumen.

Beberapa contoh pasar monopoli di Indonesia adalah

  • Monopoli PLN dalam industri pembangkit listrik dan distribusinya.
  • Monopoli Pertamina dalam produksi dan distribusi gas cair dengan merk Elpiji

Adapun pasar monopoli alami tidak ditemukan di Indonesia karena regulasi pemerintah melarang hal tersebut.

Di sisi lain, beberapa pemain besar menguasai pasar, tetapi dalam bentuk oligopoli. Seperti Indofood di pasar retail barang konsumsi atau Wilmar di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu pasar monopoli, ciri dan kelebihannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Kamu bisa menemukan informasi lain seputar ekonomi di Pintu Blog

Buat kamu yang mau belajar crypto, salah satu aset yang tengah menarik perhatian masyarakat luas saat ini dengan total investor crypto di Indonesia mencapai 17 juta orang di Februari 2023, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja. Di Pintu, tersedia fitur Pintu Earn di mana kamu bisa menabung crypto dan mendapatkan bonus hingga 13% per tahunnya. Menarik sekali, bukan?

Referensi: 

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->