Pasar Bebas adalah: Pengertian, Tujuan & Contoh Pasar Bebas

Updated
June 7, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pasar Bebas adalah: Pengertian, Tujuan & Contoh Pasar Bebas
Reading Time: 4 minutes

Pasar bebas telah menjadi salah satu cara paling adil dan efisien untuk menetapkan harga suatu produk atau barang. Bahkan beberapa dari para ekonom setuju dengan anggapan tersebut. Pasalnya, praktik pasar ini hanya melibatkan dua pihak saja yang akan mengatur semua transaksi mereka yakni pedagang dan pembeli. Akan tetapai ada beberapa pendapat yang menentang pasar bebas demi menjaga eksistensi industri lokal. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pasar bebas, berikut ini penjelasan selengkapnya. 

Apa itu Pasar Bebas?

Pasar bebas adalah suatu sistem ekonomi yang berdasarkan pada penawaran dan permintaan terhadap suatu produk atau jasa tanpa adanya campur tangan pemerintah. Dengan kata lain, pasar bebas adalah pasar yang melakukan sistem pertukaran secara sukarela yang terjadi di lingkungan ekonomi. 

Sehingga transaksi atau jual beli tersebut tidak akan terjadi jika dilakukan secara paksa. Namun secara hukum politik, ekonomi pasar bebas yang terdapat di suatu negara bisa berjumlah sangat besar atau bahkan seluruhnya ilegal. 

Jadi, pada pasar bebas produsen mempunyai kewenangan yang mutlak atas pengelolaan produksi hingga penetapan harga jual produk tersebut. Selain itu, produsen juga berwenang dalam memilih siapa saja konsumen yang dijadikan sebagai target penjualan mereka. 

Pengertian Pasar Bebas Menurut Para Ahli

pengertian pasar bebas

Selain makna secara umum, ada beberapa ahli ekonomi yang berpendapat mengenai pasar bebas. Adapun pendapat para ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Adam Smith, pasar bebas merupakan pasar yang menjadikan kebebasan masyarakat sebagai hal utama. Dalam hal ini, masyarakat dapat membuat atau bertransaksi jual beli sesuka hati mereka. Bahkan mereka bisa membuka pasar sampai keluar negeri dan menciptakan persaingan ekonomi yang lebih luas lagi.
  2. Menurut David Ricardo, pasar bebas merupakan pasar yang memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan perdagangan antar negara tanpa adanya hambatan dari pihak pemerintah negaranya masing-masing.

Fungsi Pasar Bebas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pasar bebas ini dilakukan tanpa adanya paksaan dari pemerintah. Hal ini tentunya pasar bebas berfungsi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di suatu daerah.

Selain itu, pasar bebas juga akan memberikan masyarakatnya kebebasan dalam melakukan transaksi bai itu sebagai produsen maupun konsumen. Adapun fungsi pasar bebas lainnya yaitu:

  1. Sebagai sumber informasi mengenai pasokan, permintaan dan harga barang.
  2. Sebagai pendorong untuk pengembangan usaha dan peningkatan SDM.
  3. Sebagai pendorong untuk kegiatan produktivitas.

Tujuan Pasar Bebas

Adapun tujuan pasar bebas yang perlu kamu ketahui antara lain:

  1. Untuk membuka peluang ekonomi yang tidak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga ke luar negeri dengan mudah. Sehingga produsen dalam negeri dapat mengekspor produk dalam jumlah besar dengan biaya ekspor yang rendah.
  2. Untuk meningkatkan pendapatan negara dan perekonomian masyarakat. Jika semakin banyak permintaan pasar, maka akan semakin besar pula peningkatan ekonominya. 
  3. Untuk meningkatkan perkembangan teknologi menjadi lebih maju dari luar negeri. Sehingga peningkatan teknologi ini dapat dilakukan dengan mudah dan merata.
  4. Untuk memenuhi segala kebutuhan dalam negeri.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Untuk Kamu

Ciri-ciri Pasar Bebas

Adapun ciri-ciri pasar bebas yang perlu diketahui sebagai berikut:

Tercipta dari sumber daya yang dimiliki oleh individu

Ekonomi pasar bebas ini muncul disebabkan karena Sebagian besar berasal dari sumber daya yang dimiliki oleh individu atau perusahaan swasta. Dengan kata lain, sumber daya tersebut bukan berasal dari lembaga pemerintahan pusat.

Sehingga, pemilik sumber daya dapat mengontrol penuh atas alat produksi, alokasi hingga transaksi jual beli. Mereka juga akan mengontrol jumlah pasokan tenaga kerjanya.

Pasar keuangan yang berkembang

Adanya Lembaga keuangan menjadi salah satu faktor kunci utama untuk membantu perkembangan ekonomi pasar bebas. Misal, bank atau pialang. Lembaga keuangan tersebut akan memberikan individu atau perusahaan fasilitas untuk melakukan pertukaran barang dan jasa. 

Selain itu, mereka juga akan menyediakan layanan berinvestasi. Setelah itu, lembaga keuangan mendapatkan keuntungan dari bunga atau biaya transaksi.

Setiap individu dapat berpartisipasi

Ciri lain dari pasar bebas yaitu setiap individu diberikan kebebasan untuk berpartisipasi di dalamnya. Hal ini dikarenakan semua keputusan untuk memproduksi atau mengkonsumsi produk tertentu sepenuhnya atas dasar tanpa paksaan (sukarela).

Jadi, individu atau perusahaan dapat memproduksi atau membeli suatu produk sebanyak atau sedikit  mungkin sesuai yang mereka inginkan. 

Dampak Pasar Bebas

Adanya pasar bebas di dunia ekonomi tentunya akan memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi individu, perusahaan hingga negara. Berikut ini dampaknya:

Dampak Positif 

  1. Karena tidak terdapat campur tangan pemerintah, maka pemilik bisnis atau produsen memiliki kebebasan dalam berinovasi. Dalam hal ini, mereka dapat memunculkan ide-ide baru sesuai dengan kebutuhan konsumen. 
  2. Saat pasar berkembang, maka pihak yang terkait baik produsen, konsumen maupun pekerja akan diuntungkan. 
  3. Pasar bebas berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan transparansi.
  4. Keputusan konsumen akan menentukan produk atau jasa yang diinginkan.
  5. Memicu terciptanya persaingan.

Dampak Negatif

  1. Lingkungan yang kompetitif dalam bisnis akan mengabaikan keselamatan masyarakat umum. 
  2. Keuntungan atau kekayaan tidak diberikan secara merata (tidak ada jaminan). Sehingga masih banyak masyarakat yang mayoritas hidup dalam kemiskinan.
  3. Tidak terdapat stabilitas ekonomi akibat keserakahan dan kelebihan produksi. 
  4. Banyak asumsi yang dibutuhkan untuk keberhasilan operasi pasar bebas tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca juga: Apa Itu Konsep Biaya dalam Akuntansi?

Contoh Pasar Bebas

contoh pasar bebas

Misal, perusahaan di Singapura diizinkan untuk memperoleh dana sebesar $30.00 dalam dolar Singapura tanpa insiden sama sekali. Sementara, perusahaan di Amerika Serikat hanya boleh memperoleh dana sebesar $9,999 saja pada satu waktu. 

Dalam hal ini, ekonomi pasar bebas dapat memungkinkan individu atau perusahaan untung memperoleh lebih banyak pendapatan sekaligus. Hal ini dikarenakan tidak banyak batasan dan peraturan.

Singapura mempunyai banyak peraturan undang-undang yang melindungi para pemilik produksi. Selain itu, Singapura juga terlibat dalam perdagangan global yang menghubungkannya dengan banyak negara berbeda. Jumlah pajak yang dikenakan juga terbilang sangat kecil. 

Berbeda dengan Amerika Serikat, negara ini menjadi contoh bagus dari pasar bebas dalam aspek lain. Secara keseluruhan, AS tidak memiliki regulasi yang banyak. Bahkan Sebagian besar pebisnis dapat memilih bagaimana mereka menjalankan bisnis dan menetapkan harganya.

Penutup

Selain pasar bebas, kamu juga harus tahu apa itu pasar kripto. Karena di pasar kripto semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih keuntungan. Semua orang bisa masuk sehingga mendapatkan supremasi yang sama. Kamu bisa manfaatkan momentum yang ada pada pasar kripto melalui aplikasi Pintu. Segera instal aplikasi Pintu dan mulai trading sebelum kamu kehilangan momen berharga ini.

Referensi:

Corporate finance, free market, diakses tanggal 12 April 2022

Ecnmy org, free market, diakses tanggal 12 April 2022

Evan Tarver, free market, diakses tanggal 12 April 2022

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->