Pintu Blog
/
Perencanaan Keuangan
/
Pengertian Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Jenis, dan Contohnya

August 16, 2021
Combined Shape 2
4 Menit
Bagikan
Gambar Pengertian Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Jenis, dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Selain membuat laporan keuangan, perusahaan juga dianjurkan untuk melakukan analisis laporan keuangan secara berkala. Apa pengertian dan tujuan analisis laporan keuangan, serta apa saja jenis-jenis analisis laporan keuangan yang bisa kamu lakukan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Secara Umum

pengertian analisis laporan keuangan menurut para ahli

Analisis laporan keuangan adalah sebuah proses mengamati performa perusahaan dalam konteks lingkungan industri dan ekonomi dengan tujuan pengambilan keputusan tertentu.

Biasanya, keputusan yang akan dibuat berkaitan dengan penyediaan modal bagi perusahaan, terutama investor yang ingin menanamkan modal atau lembaga pemberi pinjaman. Secara umum, fokus dari analisis laporan keuangan adalah evaluasi terhadap kemampuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan setidaknya sejumlah modal yang dimiliki, menjalankan kegiatan yang profitable, dan mampu menghasilkan uang untuk memenuhi kewajiban perusahaan dan mengejar kesempatan yang lebih baik.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Selain memahami konsep umum dari analisis laporan keuangan, ada baiknya kamu juga mengetahui pengertian analisis laporan keuangan menurut para ahli di bidang ekonomi.

Dalam buku The Analysis and Use of Financial Statements, Gerald White mendefinisikan analisis laporan keuangan sebagai sebuah metode atau proses yang meliputi teknik khusus untuk mengevaluasi risiko, performa, kesehatan finansial, dan prospek masa depan sebuah perusahaan.

Richard W. Metcalf dan Pierre L. Titard dalam Principle of Accounting menjelaskan analisis laporan keuangan sebagai proses evaluasi hubungan antara komponen-komponen laporan keuangan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang posisi dan performa sebuah lembaga.

Sementara itu, dalam bukunya yang berjudul Financial Statement Analysis, John Nicholas Myer menyebut analisis laporan keuangan sebagai sebuah studi besar mengenai hubungan antara berbagai faktor finansial dalam sebuah bisnis seperti yang tercantum dalam sebuah laporan.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Tujuan analisis laporan keuangan adalah memudahkan pihak-pihak tertentu untuk membuat keputusan finansial berdasarkan penilaian terhadap performa perusahaan. Analisis laporan keuangan sangat penting bagi investor untuk membantu mereka memutuskan ingin menambah modal atau menariknya, juga bagi lembaga penyedia pinjaman agar mereka bisa mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar utangnya.

Baca juga: 7 Unsur-Unsur Laporan Keuangan dan Contohnya

Jenis Analisis Laporan Keuangan Paling Umum

contoh analisis laporan keuangan

Secara umum, terdapat 3 jenis analisis laporan keuangan yaitu analisis horizontal, vertikal, dan rasio.

Analisis Horizontal

Analisis horizontal adalah perbandingan antara laporan perusahaan tahun ini dengan tahun sebelumnya, untuk melihat tren perubahan dalam keuangan sebuah perusahaan. Dalam metode analisis ini, perubahan dijelaskan dalam nominal mata uang atau persentase.

Analisis Vertikal

Sementara itu, analisis vertikal adalah mencangkup representasi dari pos-pos standar dalam laporan keuangan yang dinyatakan dalam bentuk persentase. Analisis vertikal bisa diterapkan dalam laporan laba dan rugi perusahaan.

Analisis Rasio

Seperti namanya, analisis rasio adalah analisis yang melibatkan rasio antara dua metrik yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara berbagai macam aspek dalam neraca keuangan, laporan laba rugi, dan laporan akuntansi lainnya.

Metode Analisis Laporan Keuangan Lain

Selain ketiga metode analisis laporan keuangan di atas, metode lain yang bisa digunakan adalah:

Leverage Analysis

Leverage analysis adalah salah satu metode yang banyak digunakan oleh analis untuk mengevaluasi kinerja sebuah perusahaan dengan mengatur aset tetap sedemikian rupa sehingga nilai pengembalian tetap terjamin.

Rasio Pertumbuhan

Pengertian metode analisis rasio pertumbuhan adalah menganalisis riwayat pertumbuhan dan memprediksi pertumbuhan perusahaan di masa depan dengan metode bottom-up (dimulai dari sumber-sumber pendapatan perusahaan) dan top-down (analisis market size dan market share perusahaan).

Contoh Analisis Laporan Keuangan

Contoh analisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis horizontal adalah dengan melihat keuntungan atau jumlah pendapatan sebuah perusahaan.

Misalnya, pada tahun 2020, perusahaan ABC membukukan penghasilan sebesar Rp200 juta lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Angka tersebut dianggap sebagai hasil yang positif.

Namun setelah dievaluasi lebih lanjut, total pengeluaran untuk bahan baku dan layanan konsumen meningkat Rp250 juta dari tahun sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan ABC tidak lagi dianggap menunjukkan tren yang positif karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Terdapat juga analisis horizontal yang ditunjukkan dengan persentase untuk menunjukan pertumbuhan perusahaan secara lebih jelas. Misalnya, perusahaan ABC mengalami peningkatan pendapatan dari Rp100 juta di tahun 2019 menjadi Rp150 juta pada tahun 2020, yang artinya terjadi peningkatan pendapatan sebesar 50%/tahun. Hasil analisis laporan keuangan dengan menggunakan persentase tersebut dianggap lebih meyakinkan, terutama bagi investor dan lembaga penyedia pinjaman.

Kini, kamu sudah paham bukan bahwa analisis laporan keuangan dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan ekonomi. Namun, analisis laporan keuangan ini juga bisa kamu lakukan untuk keperluan finansial pribadimu, lho. Dengan demikian, akan semakin mudah pula buatmu untuk memutuskan tindakan keuangan yang cukup krusial, misalnya investasi.

Instrumen investasi ada banyak macam dan jenisnya. Investasi aset kripto termasuk yang sedang diminati oleh masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan tingginya jumlah investor aset kripto di Indonesia, yaitu sebanyak 6,5 juta orang per Mei 2021 lalu! Jumlah tersebut meningkat sebesar 62,5% dari tahun sebelumnya dan lebih tinggi dibandingkan investor pasar modal yang berjumlah 4 jutaan.

Untuk kamu yang tertarik terjun di dunia investasi dan jual beli kripto, Pintu hadir untuk membantumu memiliki aset kripto favoritmu secara mudah! Jangan khawatir apabila kamu masih awam dengan aset kripto karena kamu bisa belajar kripto secara gratis sekaligus mengecek perubahan harga aset kripto secara real-time melalui Pintu!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Will Kenton & David Kindness, Financial Statement Analysis. Diakses tanggal: 6-8-2021.

Corporate Finance Institute, Types of Financial Analysis. Diakses tanggal: 6-8-2021.

Tools Hero, Financial Statement Analysis (FSA). Diakses tanggal: 6-8-2021.

CFA Institute, Introduction to Financial Statement Analysis. Diakses tanggal: 6-8-2021.

Gerald White, dkk, The Analysis and Use of Financial Statements. Diakses tanggal: 6-8-2021.

Richard W. Metcalf dan Pierre L. Titard, Principle of Accounting. Diakses tanggal: 6-8-2021.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.