Cara kita berkomunikasi dengan orang lain adalah bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan, begitu juga dengan komunikasi bisnis. Bagaimanapun juga, perusahaan bukanlah sebuah entitas tanpa jiwa melainkan sebuah kumpulan manusia yang saling berkolaborasi, itu sebabnya kita membutuhkan komunikasi bisnis yang efektif.
Komunikasi bisnis yang efektif dapat mempengaruhi proses dan efisiensi kinerja antara setiap manajer dan karyawan hingga 25%.
Bagaimana peningkatan 25% pada komunikasi bisnis berdampak pada kesuksesan sebuah perusahaan? Apakah manajemen akan melihat peningkatan pendapatan melalui peningkatan efisiensi komunikasi bisnis? Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai komunikasi bisnis.
Komunikasi adalah elemen penting dalam keberhasilan bisnis apa pun. Proses pemindahan informasi dari satu pihak ke pihak lain baik secara eksternal maupun internal dalam lingkungan bisnis disebut sebagai komunikasi bisnis. Istilah komunikasi bisnis berasal dari makna komunikasi secara umum yang dikaitkan dengan kegiatan bisnis. Dalam konteks lain, komunikasi bisnis adalah kegiatan pertukaran informasi yang dilakukan antara manajemen dengan karyawan untuk urusan yang berhubungan dengan bisnis.
Beberapa ahli memiliki definisi yang berbeda untuk menjelaskan definisi dari komunikasi bisnis, beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:
Menurut Ricks dan Gow, komunikasi bisnis adalah suatu sistem yang bertanggung jawab untuk mempengaruhi perubahan di seluruh organisasi. Komunikasi bisnis adalah pertukaran pandangan, ide, dan berita terkait bisnis di antara pihak-pihak terkait.
Prof. J. Haste menyatakan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang terjadi antara dua atau lebih dari dua pelaku bisnis untuk tujuan organisasi dan administrasi bisnis yang efektif. Komunikasi bisnis mencakup berbagai aspek seperti pemasaran, hubungan masyarakat, hubungan pelanggan, komunikasi perusahaan, komunikasi pribadi, dan sebagainya.
Baca juga: CVP Adalah: Cost, Volume dan Profit dalam Bisnis
Komunikasi bisnis memiliki tujuan yang spesifik untuk meningkatkan produktifitas komunikasi unuk semua pihak yang ada dalam perusahaan. Namun, komunikasi bisnis juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi terjadinya konflik dan kesalahan dalam menerima instruksi. Fungsi dan manfaat komunikasi bisnis dalam sebuah organisasi dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini:
Komunikasi bisnis yang efektif meningkatkan produktivitas staf dan meningkatkan kerja tim. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang dapat dipercaya dan kondusif antara pengusaha, manajemen, dan karyawan. Komunikasi yang efektif berkaitan dengan kerja sama dengan karyawan dan memahami kebutuhan dan keinginan serta tanggung jawab mereka. Selain itu, potensi karyawan untuk melakukan kesalahan selama bekerja dapat diminimalkan karena komunikasi yang efektif.
Pelanggan adalah bagian penting dari setiap bisnis dan komunikasi bisnis yang efektif dapat menarik minat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan tetap. Strategi pemasaran dan kampanye yang baik dapat membangkitkan minat pelanggan terhadap produk yang dijual perusahaan dan membantu membangun citra perusahaan di mata pelanggan.
Komunikasi bisnis juga dapat meningkatkan kemitraan dalam bisnis karena memiliki peran penting pada klien atau vendor bisnis eksternal. Komunikasi bisnis yang efektif dapat menjaga hubungan binnis yang harmonis dengan mitra bisnis lain. Tak ayal komunikasi bisnis yang efektif dapat menarik unit bisnis lain untuk menjalin bisnis dengan mereka.
Komunikasi bisnis yang efektif dapat membantu menjembatani inovasi bisnis serta memfasilitasi karyawan untuk menyampaikan ide dan saran mereka secara terbuka. Demikian pula, pada saat meluncurkan produk baru di pasar, komunikasi yang efektif dapat memastikan kinerja tim penjualan, penerimaan pasar terhadap produk, pengiriman produk yang cepat di pasar, dan sebagainya.
Komunikasi bisnis memiliki banyak metode dan pendekatan yang berbeda. Hal ini bisa disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki atau efektivitas dari metode tersebut. Untuk lebih lengkapnya simak macam-macam contoh komunikasi bisnis di bawah ini:
Disebut juga komunikasi tatap muka, sebuah bentuk komunikasi paling umum dan disukai. Contoh umum komunikasai In-Person adalah pertemuan atau konferensi. Bentuk komunikasi ini membutuhkan keterampilan pribadi yang baik. Metode ini juga membutuhkan komunikasi non-verbal yaitu bahasa tubuh. Saat melakukan percakapan antara dua orang atau lebih komunikasi tatap muka dalam bisnis, bahasa tubuh seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, juga memainkan peran penting dalam mengkomunikasikan sikap seseorang terhadap orang lain.
Email adalah salah satu sistem komunikasi terbanyak digunakan karena fitur mengirim dan menerima pesan massal atau banyak sekaligus. Metode ini juga meningkatkan efisiensi karena email dapat dikirim dengan cepat dan murah. Percakapan melalui email dapat dilakukan antara dua atau lebih dari dua orang dan merupakan alternatif terbaik untuk pertemuan tatap muka formal karena diskusi dapat dilakukan dalam sistem email.
Dalam metode konferensi web komunikasi bisnis, internet digunakan untuk menjembatani komunikasi tatap muka dalam rapat, konferensi, presentasi, seminar, dan pelatihan. Telekonferensi juga mencakup banyak fitur-fitur pendukung seperti berbagi file, berbagi layar, perekaman, dan sebagainya. Metode ini dapat dianggap sebagai cara paling efektif untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada pada lokasi yang berjauhan.
Komunikasi bisnis tertulis adalah bentuk komunikasi yang formal dan terperinci dibandingkan metode lainnya. Media komunikasi bisnis tertulis diantaranya adalah surat formal, brosur, memo, dan poster. Metode lain yang dapat digunakan selain metode diatas diantaranya instant mesagging.
Baca juga: Apa itu Goodwill?
Kompomen dasar atau unsur komunikasi bisnis setidaknya ada empat yakni pengirim, isi informasi, penerima, dan tanggapan. Pengirim adalah sumber informasi pertama yang menyampaikan informasi kepada penerima. Contohnya adalah seorang manajer yang memberi pengumuman pada karyawan di bawahnya.
Isi informasi adalah hal yang disampaikan kepada penerima. Penerima adalah pihak yang menerima dan memberi tanggapan mengenai informasi yang diterima. Sedangkan tanggapan adalah respon penerima pada informasi yang diterima. Respon ini bisa berupa pertanyaan, penolakan, persetujuan, koreksi, hingga pengajuan pendapat.
Kamu sudah tahu apa itu komunikasi bisnis, jenis, dan manfaatnya, serta unsur-unsur di dalamnya. Kamu bisa mempelajari lebih banyak pengetahuan serupa dengan mengunjungi blog Pintu.
Jangan lupa untuk investasi di Pintu yang bisa kamu mulai dengan modal awal hanya Rp11.000 saja. Dengan aplikasi Pintu kamu bisa berivestasi dengan aman pada Bitcoin, Ethereum, Theter, dan 60+ cryptocurency lain. Pasalnya Pintu adalah aplikasi crypto yang sudah mendapatkan ijin dari Bappebti.
Ada banyak fitur baru dari Pintu yang bisa kamu manfaatkan, seperti:
Serta keuntungan lain yang bisa ddapat dengan mengajak kawan menggunakan aplikasi Pintu pada program Referral Pintu.
Download Pintu sekarang juga!
Referensi:
Nextiva, what is business communication, diakses tanggal 10 Juli 2022
Haiilo, Reasons why business communication is crucial, diakses tanggal 10 Juli 2022
Studiousguy.com, Business communication, diakses tanggal 10 Juli 2022