Apa itu Mekanisme Pasar? Pengertian dan Contohnya

Updated
September 29, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Mekanisme Pasar? Pengertian dan Contohnya
Reading Time: 3 minutes

Mekanisme pasar adalah salah satu istilah penting yang berkaitan dengan penawaran, permintaan, dan harga keseimbangan. Berikut ini adalah definisi mekanisme pasar, cara kerja, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Pengertian Mekanisme Pasar

Menurut Syafii A, dkk (2020), pengertian mekanisme pasar adalah kecenderungan terjadinya perubahan harga hingga tercapainya keseimbangan pasar pada sebuah pasar bebas. Yang dimaksud keseimbangan pasar di sini yaitu ketika jumlah barang atau produk yang ditawarkan sama dengan jumlah permintaan.

Baca juga: Apa Perbedaan Hukum Permintaan dan Penawaran?

Pengertian Mekanisme Pasar Menurut Para Ahli

Selain itu, berikut definisi dan pengertian mekanisme pasar menurut para ahli ekonomi.

Boediono (1982)

Mekanisme pasar adalah proses yang berjalan atas dasar gaya atau kekuatan tarik menarik antar konsumen dan produsen yang bertemu di pasar. Dari proses tersebutlah, terbentuk suatu harga atas barang di pasar barang dan faktor produksi di pasar faktor produksi.

Rahardja dan Manurung (1999)

Mekanisme pasar merupakan proses penentuan harga berdasarkan kekuatan permintaan atau demand dan penawaran atau supply.

Kelebihan Mekanisme Pasar

Dilansir dari buku “Ekonomi Makro”, terdapat beberapa kelebihan dari sistem mekanisme pasar yaitu:

Memberi Informasi Jumlah Permintaan

Pasar akan memberikan informasi akurat tentang produk yang paling dibutuhkan konsumen sehingga produsen bisa meningkatkan kuantitas barang atau jasa yang dijualnya dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Merangsang Pengembangan Usaha

Dengan keadaan pasar yang selalu berubah seperti pertambahan jumlah penduduk dan pendapatan penduduk, sehingga produsen berusaha meningkatkan sumber daya, kualitas produk maupun pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Memberikan Keadilan Bagi Produsen dan Konsumen

Produsen bebas memilih jenis barang dan faktor produksi yang akan mereka gunakan, dan konsumen pun bebas memilih barang yang ingin dikonsumsi. Keduanya bisa memperoleh kebebasan tersebut dengan harga yang pantas berdasarkan jumlah permintaan dan penawaran yang ada.

Kelemahan Mekanisme pasar

Namun, sistem mekanisme pasar ini juga memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan, yaitu di antaranya:

Kebebasan Tidak Terbatas yang Menindas Golongan Kecil

Terkadang, terjadinya persaingan bebas bisa mengakibatkan pengusaha besar semakin berkuasa dan menindas pengusaha kecil.

Harga yang Fluktuatif

Harga di pasar naik dan turun secara drastis sehingga menimbulkan kebingungan pada pelaku usaha dan konsumen. Hal ini terjadi terutama pada produk yang langka atau terbatas.

Risiko Monopoli

Pada beberapa wilayah tertentu, perusahaan besar bisa mengendalikan harga dan memicu terjadinya monopoli pasar.

Cara Kerja Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar adalah proses untuk mendapatkan harga keseimbangan pasar, sehingga cara kerjanya sangat dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran di suatu wilayah tertentu.

Produsen menetapkan harga dengan mempertimbangkan keuntungan yang akan mereka dapat, sedangkan konsumen membeli barang berdasarkan pertimbangan utilitas. Dalam kondisi tersebut, pasarlah yang akan menentukan harga dan kuantitas terbaik bagi produsen maupun konsumen.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kerja mekanisme pasar adalah kebijakan pemerintah. Pemerintah dapat menetapkan kebijakan tertentu guna mengontrol harga pasar agar tetap stabil.

Contoh Mekanisme Pasar

Salah satu contoh mekanisme pasar adalah sebagai berikut. Terdapat produsen A yang memproduksi 50 kaos dan memasang harga Rp100.000 per potongnya. Produsen A berharap bisa menjual 50 kaos tersebut hingga habis, namun sayangnya ia hanya berhasil menjual 10 kaos. Karena hasil tidak sesuai harapan, maka produsen A menurunkan harga jual kaos menjadi Rp80.000 dan kaos yang terjual adalah sebanyak 40 buah. Akhirnya, produsen A menetapkan harga tetap untuk kaos tersebut sebesar Rp80.000.

Dari contoh mekanisme pasar di atas, maka bisa dilihat bahwa produsen merespon permintaan pasar dengan menurunkan harga yang terlalu tinggi. Harga Rp80.000 adalah harga terbaik yang akan dibeli konsumen sambil tetap memenuhi jumlah keuntungan yang diinginkan produsen.

Mekanisme pasar terjadi di berbagai aspek ekonomi, termasuk dunia investasi. Belakangan ini, masyarakat pun semakin menyadari pentingnya investasi dan mulai mencoba berbagai instrumen investasi mulai dari saham, obligasi, properti hingga crypto. Dilansir dari Liputan6.com, per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dengan total transaksi capai Rp370 triliun.

Untuk kamu yang tertarik untuk berinvestasi di bidang crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Farma J, Mekanisme Pasar dan Regulasi Harga. Diakses tanggal: 25-09-2021

Penpoin, Market Mechanism: Meaning, How It Works. Diakses tanggal: 25-09-2021

Syafii A, Hastin M, Rahmadana MF, et al, Ekonomi Mikro. Diakses tanggal: 25-09-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+