Mau Tahu Tentang Binance Coin (BNB)? Yuk Kepoin Artikel Ini!

Updated
November 3, 2020
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Mau Tahu Tentang Binance Coin (BNB)? Yuk Kepoin Artikel Ini!
Reading Time: 3 minutes

Binance Coin (BNB) jadi aset crypto yang lagi naik banget di minggu terkahir Februari 2021. Dalam seminggu terakhir, aset BNB naik 119%! Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu Binance coin atau sedang ingin mencoba berinvestasi BNB simak artikel menarik ini hingga selesai ya!

Baca Juga: Apa Itu Digital Asset? Panduan Lengkap untuk Pemula

Apa Itu Binance Coin (BNB)?

Binance coin (BNB) adalah aset crypto yang diterbitkan oleh Binance Exchange, dan diperdagangan dengan simbol BNB. Koin BNB adalah berjenis token ERC-20 yang berjalan di atas blockchain Ethereum. Nah, BNB ini memiliki total persedian sebanyak 200 juta token BNB. Binance exchange sendiri merupakan bursa crypto nomor satu jika dilihat dari volume transaksi dan jumlah pengguna aktif.

Di awal pengembangannya, koin BNB diperuntukkan hanya untuk mendukung operasional exchange mereka. Hal ini dikarenakan, BNB memiliki banyak utilitas yang meliputi pembayaran untuk biaya perdagangan, biaya pertukaran, biaya pencatatan, dan biaya-biaya lainnya yang terdapat di bursa Binance.

Dikutip dari Investopedia, di tahun pertama peluncurannya, Binance memberikan potongan harga sebesar 50% bagi trader yang melakukan perdagangan lewat BNB, dan pemberian potongan harga tersebut akan terus berkurang hingga lima tahun ke depan sejak 2017 hingga 2022 nanti dari 50%, 25%, 12,5%, 6,25, dan memasuki tahun kelima potongan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Kepopuleran Binance coin bukan hanya disebabkan oleh potongan harga yang diberikan untuk para trader saat melakukan perdagangan dengan koin ini di bursa Binance. Melainkan, BNB dapat digunakan untuk berinvestasi di ICO yang terdaftar lewat Launchpad Binance Cryptocurrency yang nantinya akan listing di bursa Binance.

Selain itu, koin BNB kian diminati lantaran sudah bekerja sama dengan berbagai platform seperti layanan jual-beli cryptocurrency, streaming video, pembayaran, dan aplikasi seluler. Koin BNB juga bisa kamu dapatkan lewat aplikasi jual-beli cryptocurrency Pintu.

Untuk mempertahankan nilainya agar tetap kompetitif, Binance melakukan proses pembakaran **setiap empat bulan. Binance akan membeli token yang sudah beredar di pasaran sebesar 50%. Bila total persedian BNB sebanyak 200 juta, berarti Binance akan membeli kembali 50% tokennya tersebut yaitu sebesar 100 juta token BNB.

Pembelian kembali token BNB berasal dari 20% keuntungan Binance. Di mana, 100 juta token BNB yang direncanakan dibeli oleh Binance secara bertahap akan dibakar dan dihancurkan.

Pada pertengahan April 2018, Binance mengumumkan bahwa mereka sudah menyelesaikan pembakaran sebanyak 2.220.314 token BNB (sekitar $30 juta). Tujuan dari pembakaran ini untuk menekan laju inflasi. Nilai BNB akan meningkat jika suplai yang berkurang dan demand stabil atau terus bertambah. Penghancuran atau pembakaran token BNB yang meningkat sesuai rencana yang dijadwalkan menunjukkan profitabilitas bursa Binance.

Mengapa Kamu Perlu Berinvestasi Binance Coin (BNB) di Pintu?

Setelah mengetahui apa itu Binance coin (BNB), terus bagaimana cara mendapatkannya? Bagi kamu yang ingin mendapatkan BNB, kamu bisa membelinya lewat bursa cryptocurrency resmi di Indonesia. Di Pintu, koin digital satu ini sudah tersedia bersama koin-koin digital lainnya. Berikut adalah alasan mengapa kamu perlu beli BNB:

Salah satu alasan mengapa banyak orang di luar sana membeli BNB. Bukan hanya karena memiliki segudang kegunaan untuk menunjang aktivitas trading-mu saja. Melainkan, koin digital ini juga berada di 10 besar cryptocurrency dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar.

BNB pun memiliki perkembangan harga yang cukup pesat. Menurut CoinMarketCap, pada Senin (22/02/2021) koin BNB menduduki peringkat #3 dengan kapitalisasi pasar sebesar USD$42,709,297,151.99 dengan jumlah token yang tersedia sebanyak sekitar 176 juta token BNB. Saat ini satu BNB memiliki harga USD$277 atau setara dengan Rp4,115,930.

Dalam dunia trading cryptocurrency, token BNB juga banyak dicari oleh trader karena memiliki tingkat likuiditas yang baik. Inilah alasan Binance coin banyak dipilih oleh trader sebagai koin likuiditas yang baik untuk melakukan trading di berbagai cryptocurrency exchange.

Baca Juga: Aplikasi Pintu Listing Token Baru; YFI, UNI dan MKR

Itulah beberapa informasi penting yang bisa Pintu sampaikan kepada kamu tentang apa itu Binance coin dan bagaimana cara mendapatkannya. Sebagai koin digital yang paling likuid saat ini untuk trading, BNB menawarkan begitu banyak proyek di luar sana yang bisa mendongkrak harga BNB itu sendiri.

Yuk investasi di Pintu! Dengan terlebih dahulu download aplikasi cryptocurrency Pintu yang tersedia di Play Store dan App Store yang dijamin aman karena diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Disclaimer: Artikel ini bukan anjuran investasi. Kegiatan investasi cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.

Pintu Kemana Saja
Author
Pintu Kemana Saja
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->