Tips dan Cara Membuat Tabel Menabung Harian di Buku Tulis, Mudah!

Updated
February 15, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Tips dan Cara Membuat Tabel Menabung Harian di Buku Tulis, Mudah!
Reading Time: 4 minutes

Buat kamu yang ingin mencapai tujuan finansial tertentu, menabung mungkin jadi cara termudah yang bisa kamu lakukan. Cukup dengan Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa mengumpulkan adalah banyak uang. Untuk membantu proses menabung kamu, tim Pintu Blog telah merangkum tips dan cara membuat tabel menabung harian di buku tulis dan mengikuti beberapa tips di bawah ini!

Cara Menabung Harian untuk Pemula

tips menabung harian untuk pemula

Bagi pemula, beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menabung harian antara lain adalah:

Buat Gol

Ada tipe orang yang mudah menabung meski tanpa gol yang jelas. Tapi ada juga yang harus punya tujuan agar bisa lebih termotivasi. Agar lebih mudah tercapai, langkah menabung untuk pemula adalah dengan membuat gol atau target menabung.

Gol bisa dibuat bulanan, tahunan, atau bahkan mingguan saja. Misalnya, minggu ini kamu harus berhemat dan menabung karena akan membeli kebutuhan A dengan nominal Rp50 juta, maka per bulannya kamu harus mengumpulkan Rp1 juta atau Rp2 juta? Tentunya hal ini bergantung pada jumlah pemasukan kamu dan pengeluaran kamu tiap bulannya.

Dahulukan Menyisihkan untuk Tabungan

Awali hari dengan menyisihkan uang yang akan ditabung. Dengan begitu, ini akan menghindarkan terpakainya uang tersebut untuk kebutuhan yang lain. Misalnya, jika kamu sudah berniat menabung Rp20.000 per harinya, maka sejak awal sisihkan uang tersebut agar tidak terpakai untuk hal lain.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Investasi!

Perhatikan Pengeluaran Harian

Merasa kesulitan menyisihkan sedikit uang setiap hari? Coba cek lagi pengeluaran harian kita. apakah semuanya itu perlu? Misalnya, beli bahan makanan berlimpah hingga tidak terpakai atau bahkan membusuk, ini harus dikurangi. Hemat biaya listrik dengan mencabut kabel alat elektronik yang tidak digunakan seperti TV atau perangkat lain. Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin di pagi dan siang hari. Langkah sederhana ini bisa membantu kamu menghemat pengeluaran.

Siapkan Akun Tabungan Terpisah

Sulit menabung di akun yang sama karena akhirnya sering terpakai untuk keperluan lain? Jika begitu, mulai pertimbangkan menabung di akun yang lain. Sekarang sudah banyak dompet digital yang aman dan terpercaya dengan biaya transfer gratis. Jika tak ada waktu ke bank untuk membuat akun baru, kamu bisa gunakan cara mudah ini.

Cara Membuat Catatan Tabungan di Buku Tulis

Ingin laporan tabunganmu tersusun dan tercatat rapi? Simak bagaimana cara membuat catatan tabungan di buku tulis berikut ini!

Siapkan Peralatan

Cara membuat buku tabungan sendiri di rumah tidaklah sulit. Cukup siapkan buku tulis, pena atau pensil kalau ingin bisa dihapus dan penggaris pendek. Pilih buku tulis yang ukurannya standar saja supaya lebih mudah dibawa ke mana saja. Jangan lupa, siapkan celengan untuk menaruh uang yang kamu tabung. Pilih celengan yang paling sulit dibuka.

Disiplin

Sudah memiliki perlengkapannya? Sekarang, yakinkan diri sendiri untuk tetap disiplin. Tanamkan bahwa gol harus diraih sesuai batas waktu yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih termotivasi dan menyisihkan uang pun jadi lebih mudah.

Baca juga: Cara Alokasi Gaji Bulanan Agar TIdak Cepat Habis!

Catat Tabungan Setiap Pagi

Usahakan untuk menabung dan mencatat tiap uang yang kamu sisihkan untuk tabungan setiap paginya, sebelum mulai beraktivitas. Jadi, kamu sudah bisa mengawali hari dengan hal yang positif. Jatah uang seharian sudah terpotong, jadi sisanya bisa kamu gunakan dengan lebih leluasa.

Jika uang jatah sehari memang dibutuhkan semua dan habis, tidak masalah, karena paginya kamu sudah menabung. Namun jika ternyata dari jatah masih terdapat sisa, uang ini boleh juga dimasukkan ke dalam tabungan di akhir hari. Jangan lupa untuk mencatatnya dalam buku tulis.

Cara Membuat Tabel Menabung Harian

Lalu bagaimana langkah-langkah membuat tabel menabung harian?

Buat Tabel Sesuai Jumlah Hari dalam Sebulan

Karena tujuannya adalah menabung setiap hari, maka buat tabel dengan jumlah hari sesuai bulan tersebut. Baik itu 28, 30 atau 31 hari. Tulis tanggal sejak awal supaya tidak ada satu pun yang terlewat.

Bagi-Bagi Kolom

Membuat tabel tabungan harian, jumlah kolom yang harus ada tidak perlu terlalu banyak. Hanya kolom tanggal dan jumlah tabungan saja sebenarnya sudah cukup. Namun jika ingin lebih detail, bisa juga tambahkan total tabungan agar bisa dihitung tiap hari berapa jumlah total yang sudah ditabung.

Tambahkan Kolom Keterangan

Ini sebenarnya pilihan saja. Kolom keterangan dapat digunakan untuk menambahkan catatan penting, misalnya ketika ada sisa uang di akhir hari, lalu kamu hendak menambahkannya ke tabungan, di mana tabungan pada hari tersebut sudah melebihi target harian. Di kolom keterangan bisa dicatat, misalnya ‘ekstra Rp 20.000 karena tidak beli bubble tea’ dan semacamnya. Dari keterangan juga bisa dipantau, sebenarnya berapa banyak yang bisa kamu tabung lebih dengan mengurangi pengeluaran yang mana.

Tulis Gol

Supaya lebih termotivasi, tambahkan gol di tiap tabel yang dibuat. Gol bisa ditulis di atas tabel, bisa juga di kolom keterangan. Misalnya, sudah diatur gol per minggu. Minggu 1 golnya ada di keterangan awal, minggu ke-2 mulai dari hari ke-8, dan seterusnya. Tambahkan gol bulanan, kalau ada. Ini membuat kamu lebih termotivasi tiap kali mencatat.

Contoh dan Template Tabel Tabungan

Berikut ini adalah contoh template tabel tabungan harian:

TABUNGAN FEBRUARI

GOL BULAN INI: BELI RICE COOKER

TABUNGAN PER HARI: Rp 25.000

contoh tabel menabung harian

Dengan target dan jumlah uang yang bisa disisihkan per harinya, maka kamu akan bisa membeli rice cooker di hari ke-20 sejak menabung.

Itu dia tips dan cara membuat tabel menabung harian di buku tulis secara mudah. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Temukan informasi lainnya seputar keuangan dan investasi di Pintu Blog. Buat kamu yang sudah bisa teratur menabung dan siap untuk berinvestasi, cari tau lebih lanjut tentang crypto, salah satu aset yang tengah diminati masyarakat sekarang ini di Pintu Academy, pusat belajar crypto secara mudah dan gratis. Kamu juga bisa menemukan berbagai berita crypto terbaru di Pintu News.

Download Pintu dan investasi mulai dari Rp11.000 saja!

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->