Terima Dukungan Pemegang Jangka Panjang, Dominasi Pasar Bitcoin Meningkat Jadi 56%!

Updated
August 22, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Meskipun menghadapi tantangan dalam mempertahankan dukungan harga, ETF Bitcoin terus menunjukkan aliran masuk yang positif, menunjukkan minat investor yang berkelanjutan.

Selama sepuluh hari perdagangan terakhir, spot ETF mencatat aliran masuk pada delapan hari, dengan aliran masuk agregat yang signifikan sebesar $88 juta pada 20 Agustus. Aliran masuk yang terus berlanjut ke dalam BTC ETF menekankan kepercayaan investor dan fokus pada potensi jangka panjang.

Pada saat penulisan (22/8/24), harga BTC berada di Rp950.842.817, dengan kenaikan harian sebesar 2,51%. Volume perdagangan juga naik sebesar 29%, mencapai $34,859,469,171 atau Rp4,226 triliun.

Bitcoin Memperkuat Dominasi Pasar

Sumber: Glassnode

Menurut laporan terbaru dari Glassnode, dominasi Bitcoin telah melonjak dari 38% pada November 2022 menjadi 56% dari seluruh pasar aset digital saat ini.

Baca juga: Galaxy Digital Borong Bitcoin dengan Total Rp1,29 Triliun di Tengah Penurunan Pasar!

Di sisi lain, Ethereum, sebagai aset terbesar kedua dalam ekosistem, mengalami penurunan dominasi sebesar 1,5%, yang relatif tidak berubah selama dua tahun terakhir. Stablecoin dan sektor altcoin yang lebih luas mengalami penurunan yang lebih signifikan, masing-masing sebesar 9,9% dan 5,9%.

Meskipun terjadi gejolak pasar baru-baru ini, para pemegang jangka panjang secara konsisten mencatatkan keuntungan sekitar $138 juta per hari.

Lebih lanjut, Glassnode menemukan bahwa tekanan jual harian sebesar $138 juta dari kelompok investor Bitcoin ini kemungkinan mencerminkan jumlah modal yang dibutuhkan setiap hari untuk menyerap pasokan ini dan menjaga harga tetap stabil.

Meskipun kondisi pasar telah bergejolak, laporan tersebut menyebutkan bahwa “harga secara umum datar selama beberapa bulan terakhir, yang menunjukkan bahwa bentuk keseimbangan sedang dicapai.”

bitcoin long term
Sumber: Glassnode

Menariknya, pasokan yang dipegang oleh pemegang jangka panjang saat ini meningkat dengan cepat, dan data menunjukkan bahwa tren ini menyoroti bahwa perilaku HODLing jauh melampaui pengeluaran.

Namun, justru pemegang jangka pendek yang paling merasakan kerugian selama penurunan pasar baru-baru ini.

Reaksi Berlebihan Investor Jangka Pendek Picu Penurunan

Meskipun Bitcoin telah pulih ke level $60.000, Glassnode menyebutkan bahwa penurunan lebih dari 15% hingga mencapai level terendah dalam enam bulan di $49.500 pada minggu pertama Agustus dipicu oleh “reaksi berlebihan” dari pemegang jangka pendek.

Baca juga: Mt. Gox Kembali Pindahkan Bitcoin Senilai Rp11 Triliun, Harga BTC Naik 3% Hari Ini (22/8/24)

Saat ini, banyak investor semacam itu, yang didefinisikan sebagai mereka yang memegang BTC kurang dari 155 hari, yang membeli selama reli tahun 2024, menghadapi kerugian yang belum direalisasikan.

bitcoin short term
Sumber: Glassnode

Akibatnya, rasio MVRV (Market Value to Realized Value) untuk investor ini turun di bawah 1,0, menunjukkan bahwa mereka sebagian besar bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi setelah koreksi pasar.

Namun, laporan tersebut juga menyatakan bahwa dampak terhadap sentimen investor mungkin tidak seburuk yang terlihat pada pandangan pertama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8