Bitcoin ETF BlackRock Raih Inflow Rp3,4 Triliun, Harga BTC Diprediksi Tembus Rp1 Triliun?

Updated
August 28, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Coingape, pada hari Senin, 26 Agustus 2024, ETF spot Bitcoin AS mengalami arus masuk bersih yang substansial, yakni sebesar $202,6 juta (Rp3,1 triliun).

Selain itu, BlackRock Bitcoin ETF (IBIT) berkontribusi pada bagian tertinggi dalam arus positif ini. Oleh karena itu, ekspektasi harga BTC yang mencapai $70.000 (Rp1,082 miliar) telah muncul kembali.

ETF Bitcoin BlackRock (IBIT) Mencatat Arus Masuk $224 Juta (Rp3,4 Triliun)

Kontributor utama lonjakan ETF Bitcoin spot minggu ini adalah ETF IBIT BlackRock, yang menarik arus masuk sebesar $224,1 juta, menurut data Farside UK.

Baca juga: Harga Bitcoin Berpotensi Meroket ke Rp1 Miliar di Oktober 2024: Simak Faktor Pendorongnya!

Hal ini menunjukkan dukungan yang kuat dari investor institusional di tengah optimisme penurunan suku bunga Federal Reserve.

Selain itu, arus masuk penting lainnya terlihat pada EZBC Franklin Templeton, yang mencatatkan $5,5 juta, dan BTCW WisdomTree, dengan $5,1 juta.

ETF Bitcoin Bitwise (BITB) Catat Kerugian

Sementara itu, terlepas dari tren positif secara keseluruhan, arus masuk sebagian diimbangi oleh arus keluar di ETF lainnya. FBTC dari Fidelity mengalami arus keluar bersih sebesar $8,3 juta, sementara BITB dari Bitwise mencatat kerugian sebesar $16,6 juta.

HODL dari VanEck juga melaporkan arus keluar kecil sebesar $7,2 juta. Sementara itu, GBTC dari Grayscale, BRRR dari Valkyrie, dan BTCO dari Invesco Galaxy tidak mengalami arus keluar. Kinerja yang beragam di antara berbagai ETF menyoroti beragam strategi dan pandangan di antara para investor.

Baru-baru ini, BlackRock melaporkan penambahan 4.000 saham ETF Bitcoin IBIT ke dalam Dana Obligasi Global Strategis. Sekarang, dana tersebut memiliki 16.000 saham IBIT.

Pengumuman ini telah mendorong optimisme di sekitar ETF IBIT karena arus masuk yang kuat terus berlanjut. Selain itu, AUM ETF BTC Hong Kong telah melonjak menjadi $2,2 miliar, yang semakin mendorong optimisme.

Akankah Bitcoin (BTC) Mencapai $70.000 (Rp1.082.354.000)?

Lonjakan arus masuk untuk BlackRock Bitcoin ETF terjadi pada saat yang kritis bagi harga BTC. Menurut laporan CoinShares baru-baru ini, produk investasi BTC menyumbang arus masuk sebesar $543 juta minggu lalu dengan BlackRock Bitcoin ETF memimpin.

Pada 27 Agustus 2024, Bitcoin diperdagangkan pada $62,901.78, merosot di bawah Exponential Moving Average (EMA) 20 hari di $63,386. Ini menunjukkan bahwa harga BTC telah menembus level support penting, yang dapat menentukan langkah selanjutnya.

Baca juga: Siap-siap! Harga Ethereum Diprediksi Bisa Mengalahkan Bitcoin dalam 5 Tahun Mendatang

Namun, menurut analisis sebelumnya oleh Coingape, angka $64.000 dipatok sebagai titik penembusan potensial.

Rebound di atas level ini dapat memicu lonjakan minat beli, mendorong Bitcoin menuju target $70.000 dalam waktu satu minggu. Arus masuk ETF spot Bitcoin baru-baru ini kemungkinan besar akan berkontribusi pada momentum kenaikan ini. Sebagai konteks, peningkatan arus masuk modal sering kali berkorelasi dengan kenaikan harga aset, terutama ketika kepercayaan di pasar tinggi.

Namun, prospek bullish bukannya tanpa risiko. Jika Bitcoin gagal rebound di atas EMA 20 hari, hal ini dapat memicu gelombang tekanan jual. Penurunan di bawah support kritis ini dapat membuat Bitcoin terkoreksi ke $62.000, dengan kerugian lebih lanjut yang berpotensi meluas ke $60.000 jika terjadi penjualan panik.

Sementara itu, analis QCP Capital memangkas prediksi harga tertinggi baru untuk BTC meskipun ada optimisme penurunan suku bunga The Fed.

Mereka menyarankan bahwa harga Bitcoin tidak mungkin menembus di atas $70.000 bahkan setelah Federal Reserve menurunkan suku bunga. Meskipun demikian, mereka mempertahankan prediksi ATH baru pada kuartal keempat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8