Jumlah Pengembang Ethereum Melonjak 2,100% dalam 5 Tahun Terakhir, ETH Siap Naik ke $3.000?

Updated
September 2, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Dalam lima tahun terakhir, jumlah pengembang yang berkontribusi pada jaringan Ethereum meningkat secara signifikan, mencatat lonjakan lebih dari 2,100%. Pertumbuhan ini menunjukkan sinyal positif bagi jaringan blockchain terbesar kedua di dunia ini.

Simak lebih lanjut, yuk!

Pengembang Ethereum Melonjak Lebih dari 2,100%

Menurut postingan X oleh Emre Caliskan, seorang engineer di Electric Capital, kekuatan otak di balik pengembangan Ethereum mengalami lonjakan luar biasa lebih dari 2,100% selama lima tahun terakhir, menunjukkan tanda positif bagi jaringan blockchain terbesar kedua di dunia.

Baca juga: Meski Mengalami Penurunan, Premi dan Permintaan Bitcoin Tetap Kuat di Korea Selatan!

Jumlah peneliti yang terlibat dalam jaringan Ethereum tumbuh dari sekitar 25 orang pada kuartal pertama 2019 menjadi sekitar 550 orang pada kuartal pertama 2024, menandai peningkatan sebesar 2,100%.

Kecepatan inovasi Ethereum sangat berkorelasi dengan jumlah peneliti individu yang berkontribusi pada protokolnya.

Meskipun jumlah peneliti mengalami sedikit penurunan menjadi sekitar 450 pengembang pada kuartal kedua 2024, kekuatan otak di balik jaringan smart contract pertama di dunia ini tetap kuat.

Ethereum: Blockchain Terdepan dengan Pengembang Aktif Bulanan Terbanyak

pengembang di blockchain
Sumber: Developer Report

Menurut data dari Developer Report, Ethereum tetap menjadi blockchain terdepan dalam hal jumlah pengembang aktif bulanan, dengan total 2.788 pengembang penuh waktu dan lebih dari 8.865 pengembang secara keseluruhan per 1 Juli 2024.

Selain itu, blockchain Base milik Coinbase berada di posisi kedua, dengan 889 pengembang penuh waktu dan 3.991 pengembang secara keseluruhan.

Namun, Ethereum mengalami penurunan jumlah pengembang tahunan sebesar 10%, sementara Base mencatatkan peningkatan sebesar 14%.

contract deployers blockchain
Contract deployer per blockchain. Sumber Terminal Token

Dalam hal contract deployers, yaitu pengembang yang membuat dan menguji smart contract, Ethereum berada di posisi keenam, dengan 127.702 contract deployers bulanan.

Sementara itu, Base berada di peringkat pertama, dengan lebih dari 862.000 contract deployers, berdasarkan data dari Token Terminal.

Baca juga: BlackRock Luncurkan ETF Ethereum di Brasil, Perluas Akses Investor ke Aset Digital!

Harga ETH Melonjak 1.200% dalam 5 Tahun Terakhir, tetapi Tertekan di Bawah $2,7 Ribu

Mengutip laporan Cointelegraph, harga Ethereum (ETH) mengalami kenaikan lebih dari 1.200% selama lima tahun terakhir, sementara kekuatan intelektual di balik jaringan ini tumbuh sebesar 2.100%.

Harga Ethereum melonjak lebih dari 1.245% dalam lima tahun terakhir, dari $168 pada 30 Agustus 2019 menjadi diperdagangkan di atas $2.509 pada pukul 11:51 UTC, 31 Agustus, menurut data dari TradingView.

Sumber: TradingView

Hal ini berarti bahwa investasi sebesar $1.000 dalam Ethereum lima tahun lalu akan bernilai lebih dari $14.900 dengan valuasi saat ini.

Meskipun menunjukkan momentum jangka panjang yang bullish, harga Ethereum masih terjebak di bawah level resistensi kritis $2.700, menurut Aurelie Barthere, analis riset utama di Nansen.

Sumber: Nansen

Analis tersebut mengatakan:

“$2,7 ribu adalah level resistensi berikutnya untuk ETH, dan belum ada cukup bukti bahwa level ini telah berhasil ditembus. Karena harga belum bertahan di atas resistensi ini cukup lama dan dengan volume yang cukup.”

Lebih lanjut, beberapa analis lain memperkirakan Ethereum akan naik di atas $3.000, namun mungkin membutuhkan waktu hingga Oktober untuk melihat terobosan bullish tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8