Pengguna Reddit Mengusulkan Mekanisme Zero-KYC untuk Melawan Penipuan Kripto P2P

Updated
September 4, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Seorang pengguna Reddit, ShadowOfHarbringer, telah memperkenalkan sebuah rancangan proposal untuk “Mekanisme Jaminan Tanpa KYC untuk Transfer Uang Fidusia” (ZKAM-FMT).

Proposal ini bertujuan untuk mencegah penipuan keuangan man-in-the-middle (MitM) di pasar mata uang kripto peer-to-peer (P2P).

ZKAM-FMT bertujuan untuk mengamankan transaksi tanpa bergantung pada proses Know Your Customer (KYC), yang selama ini dianggap memberatkan dan invasif oleh para pengguna yang mengutamakan privasi mereka.

Mekanisme yang Diusulkan

Dalam penipuan MitM yang umum terjadi, pelaku kejahatan mencegat transaksi antara dua pihak yang jujur, menipu pembeli yang tidak menaruh curiga untuk mentransfer dana ke akun penjual kripto.

Baca juga: Viction Crypto: Platform Blockchain yang Melonjak 20%!

Penjual kripto kemudian tanpa sadar melepaskan dana kepada pelaku kejahatan, membuat pembeli tidak jadi membeli dan penjual memiliki potensi konsekuensi hukum.

Solusi yang diusulkan ZKAM-FMT menyarankan sebuah peramban terintegrasi dalam aplikasi pasar P2P yang memverifikasi rincian transaksi, termasuk jumlah, judul transfer, dan nomor rekening.

Proses ini memverifikasi data tanpa menyimpan data pengguna yang sensitif atau interaksi sistem bank, memastikan dana ditangani dengan tepat, dan mengurangi masalah privasi.

Kekhawatiran Implementasi

hacker crypto influencer x
Generated by AI

Meskipun proposal pengguna Reddit menawarkan pendekatan baru untuk pencegahan penipuan, beberapa tantangan implementasi muncul.

Salah satu tantangan besar adalah integrasi dengan situs web perbankan, yang dapat menimbulkan komplikasi karena persyaratan pembaruan dan sifat platform perbankan.

Pengguna Reddit menyoroti “kelemahan terbesar” dari proposal tersebut bukan pada pengawasannya, melainkan pada kurangnya penggunaan situs web bank untuk melakukan transfer oleh “anak muda.”

Baca juga: Pyth Crypto Digandeng Sony untuk Memperkuat Blockchain Soneium dengan Data Real-Time!

“Mereka menggunakan aplikasi. Jika pelanggan ingin menggunakan aplikasi, skema ini menjadi tidak berguna.”

Ageism atau Pencegahan Penipuan yang diperlukan?

Dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph pada 1 September 2024, Adrian Przelozny, CEO Independent Reserve, menjelaskan bahwa “orang yang berusia di atas 65 tahun” lebih mungkin ditipu.

Menurut eksekutif pertukaran mata uang kripto tersebut, orang berusia 80 tahun yang melakukan penarikan kripto “akan mendapat panggilan” karena mereka lebih mungkin menjadi korban penipuan.

Namun, di Inggris, pelanggan yang lebih muda lebih mungkin ditipu, menurut Lloyds Bank pada November 2023. Bank tersebut mengklaim bahwa individu berusia 25-34 tahun merupakan seperempat dari semua korban penipuan kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8