Produk Investasi Kripto Catatkan Arus Masuk $321 Juta Setelah Pemotongan Suku Bunga Fed!

Updated
September 24, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Produk investasi mata uang kripto telah mengalami arus masuk yang cukup besar menyusul keputusan Federal Reserve AS untuk menurunkan suku bunga, menurut perusahaan investasi kripto CoinShares.

Produk investasi aset digital membukukan arus masuk minggu kedua berturut-turut selama seminggu dari 15 September hingga 21 September, dengan total $321 juta. Arus masuk mingguan baru ini sedikit turun dari minggu sebelumnya, yang mencapai $436 juta arus masuk.

Lonjakan tersebut kemungkinan besar didorong oleh keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) untuk memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin (bp), CoinShares menyatakan dalam laporan arus dana aset digital mingguan terbarunya yang dirilis pada 23 September 2024.

Bitcoin Mendominasi Sementara Ethereum Alami Arus Keluar

Menurut laporan CoinShares, produk investasi berbasis Bitcoin (BTC) menjadi fokus utama minggu lalu, dengan arus masuk sebesar $284 juta.

Baca juga: 5 Top Gainers Crypto Hari Ini (24/9/24), Ada Jagoanmu?

Sumber: CoinShares

Laporan tersebut menyebutkan bahwa perubahan harga BTC baru-baru ini memicu peningkatan arus masuk ke dalam produk investasi Bitcoin pendek, dengan total $5,1 juta.

Di sisi lain, Ethereum tetap menjadi “outlier”, CoinShares mencatat, karena produk investasi berbasis Ethereum (ETH) mengalami arus keluar selama lima minggu berturut-turut, dengan total $29 juta minggu lalu.

Menurut analisis CoinShares, arus keluar ETH yang berulang kali terjadi disebabkan oleh arus keluar yang terus-menerus dari Grayscale Ethereum Trust (ETHE) dan arus masuk yang tidak mencukupi dari dana yang diperdagangkan di bursa yang baru diterbitkan.

Selain itu, CoinShares mencatat bahwa produk investasi Solana (SOL) terus mengalami arus masuk mingguan yang kecil namun konsisten, mengumpulkan $3,2 juta minggu lalu.

Dampak Pemotongan Suku Bunga Fed terhadap Pasar Kripto

Federal Reserve AS mengeluarkan pernyataan FOMC pada 18 September 2024, yang secara resmi mengumumkan keputusan Dewan Gubernur untuk menyetujui penurunan sebesar 50 bp.

Keputusan tersebut menandai pertama kalinya Amerika Serikat menurunkan biaya pinjaman sejak Maret 2020, ketika The Fed memangkas suku bunga karena wabah COVID-19.

Menurut CoinShares, penurunan suku bunga telah memicu reaksi positif di pasar kripto, dengan total aset yang dikelola melonjak 9%. Total volume produk investasi juga naik tipis 9% dari minggu sebelumnya menjadi $9,5 miliar, kata perusahaan itu.

Sementara produk investasi Bitcoin mengalami tren positif di tengah penurunan 50 bp, beberapa analis sebelumnya memperkirakan hal yang sebaliknya.

“Data historis menunjukkan bahwa BTC dan aset berisiko lainnya menunjukkan ketahanan selama siklus penurunan suku bunga non resesi,” kata Bybit dan BlockScholes dalam laporan bersama pada 18 September.

Para analis menambahkan:

Baca juga: Efek Penurunan Suku Bunga The Fed: Altcoin Season Segera Dimulai? Simak Analisanya!

“Namun, penurunan suku bunga yang agresif selama periode resesi biasanya menghasilkan hasil pasar yang negatif […] Perkembangan ini membuat pasar derivatif waspada, dengan premi volatilitas penting yang diberikan pada opsi BTC yang akan berakhir pada akhir 2024 dan awal 2025.”

Arus Masuk Regional dan Tren Investor

Sumber: CoinShares

AS memimpin arus masuk produk investasi, menambahkan $277 juta. Sementara itu, Swiss mencatatkan arus masuk bersih sebesar $63 juta, tertinggi kedua tahun ini.

Sebaliknya, Jerman, Swedia, dan Kanada mengalami arus keluar bersih sebesar $9,5 juta, $7,8 juta, dan $2,3 juta.

Minat investor terhadap aset digital menunjukkan peningkatan yang signifikan, terutama setelah keputusan kebijakan moneter terbaru dari Fed. Investor kini mengawasi perkembangan lebih lanjut untuk menilai dampak jangka panjang terhadap aset digital.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8