Harga Bitcoin Berpotensi Turun: 3 Alasan yang Perlu Diwaspadai

Updated
September 30, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin kembali naik minggu ini, dengan peningkatan sebesar 4,07% menurut data dari CoinMarketCap. Selama lonjakan harga ini, mata uang kripto terkemuka tersebut diperdagangkan setinggi $66.000, level yang terakhir dicapai pada akhir Juli. Namun, meskipun kenaikan harga ini memperpanjang kinerja positif “tidak biasa” Bitcoin di bulan September, kondisi pasar tertentu menunjukkan kekhawatiran tentang keberlanjutan reli ini.

Mengapa Reli Bitcoin Berada dalam Bahaya

Dalam postingan Quicktake di CryptoQuant, seorang analis dengan nama pengguna Wenry menguraikan beberapa alasan mengapa Bitcoin mungkin tidak dapat mempertahankan tren naiknya saat ini.

Pertama, Wenry mencatat bahwa ada kurangnya minat dari investor ritel di Korea dan AS, seperti yang ditunjukkan oleh volume Taker yang stagnan. Status ini berbeda dari reli harga Bitcoin sebelumnya di mana aktivitas ritel di negara-negara ini menonjol. Oleh karena itu, analis tersebut mendalilkan bahwa lonjakan harga saat ini tidak memiliki investasi baru dan kemungkinan didorong oleh sekelompok peserta pasar tertentu.

Baca Juga: Mengapa Airdrop Hamster Kombat Gagal? 5 Alasan Utamanya

Peningkatan Pergerakan Open Interest Pasar Bitcoin

Lebih lanjut, Wenry menyoroti bahwa saat ini ada tingkat Open Interest yang tinggi di pasar BTC, tetapi aset tersebut terus bergerak dalam pasar yang terikat pada kisaran, yaitu konsolidasi karena volume spot yang rendah. Kombinasi kedua faktor tersebut mencerminkan tidak adanya minat beli yang signifikan terhadap Bitcoin meskipun ada reli saat ini.

Poin perhatian lain yang dikemukakan oleh Wenry menyatakan bahwa kenaikan harga Bitcoin saat ini disebabkan oleh peningkatan perdagangan derivatif karena faktor-faktor ekonomi makro seperti penurunan suku bunga. Analis kripto menunjukkan kurangnya dukungan yang sama dari pasar spot, oleh karena itu, reli tersebut kemungkinan merupakan “peningkatan sementara daripada perubahan struktural pasar”.

Sebagai kesimpulan, Wenry menyatakan bahwa tidak adanya volume pasar spot yang signifikan, volume Taker yang stagnan, dan partisipasi ritel yang rendah semuanya mengancam umur panjang reli Bitcoin saat ini. Khususnya, jika investor ritel tetap menjauh dari pasar, Bitcoin kemungkinan akan tetap dalam konsolidasi atau bahkan mengalami koreksi harga.

Akankah Bitcoin Menembus Rekor Tertinggi di Kuartal 4?

Di sisi lain, analis populer Michaël van de Poppe telah mendukung Bitcoin untuk melampaui harga tertinggi sepanjang masa $73.750 pada kuartal terakhir tahun 2024, mengikuti lintasan yang sama dengan emas. Prediksi Van de Poppe tampaknya cukup masuk akal karena Q4 secara tradisional merupakan momen paling bullish untuk Bitcoin. Selain itu, analis terkenal tersebut juga mendukung altcoin untuk mengalami lonjakan harga 3-5x pada periode yang sama.

Pada saat penulisan, Bitcoin terus diperdagangkan pada $65.810 setelah kenaikan 0,40% dalam sehari terakhir. Bersamaan dengan itu, volume perdagangan harian aset tersebut turun 53,16% dan bernilai $65.649.

Baca Juga: Emas Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa! Ketidakpastian Global Pemicu Utamanya?

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8