Akhir Perjuangan 6 Bulan XRP Bisa Terjadi di Q4 2024, Harga Siap Melonjak?

Updated
October 2, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Harga Ripple (XRP) telah berjuang untuk menembus garis Retracement Fibonacci 78,6% sejak Maret lalu, menghadapi resistensi yang cukup kuat. Meskipun beberapa kali mencoba melakukan breakout, altcoin ini terus gagal mempertahankan momentum, sehingga tetap berada dalam zona bearish.

Namun, perubahan sentimen pasar baru-baru ini memberikan sedikit harapan bagi investor jangka panjang. Optimisme yang berkembang di kalangan pemegang jangka panjang bisa mendorong harga XRP naik, memberi keuntungan bagi investor kunci dan mungkin mengakhiri perjuangan panjang XRP.

Simak analisa lengkapnya di sini!

Optimisme Pemegang Jangka Panjang Meningkat

mvrv xrp
Sumber: Santiment

Indikator Market Value to Realized Value (MVRV) menunjukkan bahwa saat ini pemegang jangka panjang (LTHs) XRP mencatat keuntungan, dengan rasio sebesar 3,1%. Ini adalah tanda bullish karena LTHs biasanya cenderung menahan token mereka lebih lama, menunggu keuntungan yang lebih besar sebelum melakukan penjualan.

Dengan dominasi pemegang jangka panjang, risiko tekanan jual dalam jangka pendek menjadi lebih rendah, sehingga membuka peluang bagi XRP untuk mengalami kenaikan.

Baca juga: TON Blockchain Kuasai 50% Transaksi Layer-1, Berkat Listing Token Besar!

Namun, meski sinyal dari LTHs positif, pemegang jangka pendek memberikan indikasi yang sebaliknya. Ketika pemegang jangka pendek mencapai nilai negatif, ini biasanya menjadi tanda bearish, karena mereka cenderung mengambil keuntungan dengan cepat, yang berpotensi menurunkan harga.

Meski begitu, selama pemegang jangka panjang terus menahan token mereka, stabilitas harga XRP dapat terjaga dan memungkinkan XRP untuk mencoba breakout yang lebih signifikan.

Pengaruh Profit Taking di Pasar

Meskipun ada optimisme dari pemegang jangka panjang, beberapa sinyal makro XRP memberikan tanda campuran. Indikator Realized Profit baru-baru ini mengalami lonjakan, yang menunjukkan bahwa banyak investor menjual XRP untuk mengamankan keuntungan.

Fenomena ini sering kali menambah tekanan jual, terutama jika para pemegang jangka panjang memutuskan untuk menunda penjualan lebih lanjut.

profit xrp
Sumber: Santiment

Meskipun ada lonjakan profit taking, dukungan dari pemegang jangka panjang mungkin masih bisa menyeimbangkan pasar.

Meski demikian, sinyal bearish dari investor yang mengambil keuntungan dalam jangka pendek bisa membatasi potensi kenaikan XRP. Kondisi ini membuat para trader berhati-hati, karena XRP tengah berada di situasi yang cukup rentan dan sensitif terhadap fluktuasi pasar.

Baca juga: Bitcoin Anjlok 3,5% (2/10/24), Ini 2 Faktor Utama yang Bisa Dorong BTC Menuju $70.000!

Prediksi Harga XRP: Breakout Kritis

Saat ini, harga XRP berada di level $0,62, dan masih bertahan di atas garis retracement Fibonacci 61,8% di $0,59. Altcoin ini tengah berusaha untuk menembus batas resistensi $0,65, yang sejajar dengan garis Fibonacci 78,6%. Resistensi ini telah menahan XRP selama enam bulan terakhir, dan menembusnya akan sangat penting untuk momentum naik lebih lanjut.

Garis Fibonacci 61,8% dianggap sebagai level dukungan kunci dalam pasar bullish, memberikan XRP fondasi yang kuat untuk bertahan di atasnya. Namun, sinyal campuran dari profit taking dan aksi pemegang jangka panjang bisa menghambat upaya token ini untuk menembus resistensi $0,65.

Jika sinyal pasar yang lebih luas tetap positif, XRP berpotensi menembus garis resistensi ini pada kuartal keempat 2024. Namun, jika gagal, XRP mungkin akan terkonsolidasi di bawah $0,65, yang bisa membatalkan prospek bullish dalam jangka pendek.

Kesimpulan

Harga XRP tengah berada di persimpangan penting. Sinyal optimisme dari pemegang jangka panjang memberi harapan akan terjadinya kenaikan, tetapi aksi ambil untung dari beberapa investor bisa menahan momentum tersebut.

Jika XRP berhasil menembus resistensi $0,65 pada kuartal keempat 2024, harga bisa melanjutkan kenaikannya. Namun, jika gagal, fase konsolidasi di bawah level ini bisa memperpanjang perjuangan XRP untuk mencapai potensi tertingginya.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8