Bitcoin Ambruk ke $60.200, Pasar Crypto Terguncang dengan Likuidasi Ratusan Juta Dolar!

Updated
October 3, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Bulan Oktober biasanya menjadi bulan yang bullish dan sering disebut sebagai “Uptober” oleh para penggemar crypto. Namun, tahun ini, Oktober dimulai dengan guncangan besar, terutama karena meningkatnya ketegangan geopolitik antara Israel dan Iran. Konflik ini berdampak luas pada pasar global, termasuk pasar crypto yang ikut terpuruk. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Jatuh ke $60.200 Akibat Likuidasi Besar-besaran

Pada 1 Oktober, Iran melancarkan serangan rudal besar terhadap Israel, serangan kedua di tahun ini setelah insiden serupa pada April. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merespons dengan janji akan ada “konsekuensi” atas tindakan ini. Ketegangan ini memicu ketidakpastian di pasar global, termasuk crypto, yang langsung merasakan dampaknya.

harga bitcoin jatuh 3 oktober
Sumber: Market Pintu

Nilai Bitcoin (BTC) jatuh ke level $60.200, turun tajam sebesar 6% dari harga tertinggi sebelumnya di $64.000. Likuidasi besar-besaran terjadi, dengan laporan dari Coinglass menyebutkan bahwa total likuidasi dalam 24 jam terakhir mencapai $523,37 juta.

Mayoritas posisi long terkena dampak, dengan $451 juta dilikuidasi, sementara posisi short juga kehilangan lebih dari $71 juta. Akibat volatilitas ini, sebanyak 154.011 trader dilikuidasi, dengan satu pesanan terbesar senilai $12,66 juta di Binance.

Baca juga: Polisi Australia Berhasil Bongkar Seed Phrase, Sita Crypto Senilai $6,4 Juta!

ETF Bitcoin Mengalami Aliran Keluar Dana yang Signifikan

Selain pasar spot, ETF Bitcoin di AS juga mengalami aliran keluar dana yang cukup besar. Data dari SoSoValue menunjukkan pada 1 Oktober, terjadi aliran keluar agregat sebesar $242,53 juta, yang menjadi aliran keluar terbesar dalam hampir sebulan terakhir dan ketiga terbesar dalam lima bulan.

Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) mengalami penarikan dana terbesar, dengan kerugian $144,67 juta, disusul oleh ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) dan beberapa dana lainnya.

Namun, di sisi lain, BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT) justru mencatat aliran masuk sebesar $40,84 juta, yang melanjutkan tren 15 hari tanpa aliran keluar.

Baca juga: Harga Ethereum Terjun Bebas 3,65%, Trader Long Rugi Besar!

Fear and Greed Index Crypto Meningkat, Sentimen Pasar Berubah Negatif

fear and greed index crypto 3 oktober
Sumber: Alternative.me

Kejadian ini juga mempengaruhi sentimen pasar. Indeks Crypto Fear and Greed, yang mengukur sentimen investor, turun ke kategori “fear” (ketakutan), dari skor netral 50 sehari sebelumnya menjadi 42. Hal ini menunjukkan betapa sensitifnya pasar crypto terhadap gangguan geopolitik, dan seberapa cepat hal ini memengaruhi perilaku investor.

Meski demikian, beberapa ahli pasar tetap optimis. André Dragosch, Kepala Riset Bitwise untuk Eropa, berpendapat bahwa Bitcoin cenderung pulih dengan baik setelah risiko geopolitik mereda. “Berita geopolitik umumnya bersifat sementara,” ungkap Dragosch.

Sebuah laporan dari BlackRock juga mendukung pandangan ini, dengan menyatakan bahwa Bitcoin bisa menjadi aset perlindungan yang layak selama krisis global karena karakteristiknya yang terdesentralisasi dan non-pemerintah.

Kesimpulan

Meski Oktober kali ini dimulai dengan guncangan, optimisme terhadap pemulihan Bitcoin tetap ada. Pasar crypto memang dikenal sangat sensitif terhadap situasi geopolitik, namun, sejarah menunjukkan bahwa Bitcoin seringkali mampu bangkit setelah ketidakpastian mereda. Para investor disarankan untuk tetap waspada dan selalu memantau perkembangan global yang dapat mempengaruhi pasar crypto.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8