EigenLayer Siap Sasar Konsumen Pasca Unlock Token EIGEN, Fokus Web3 Terhadap DeFi dan Gaming!

Updated
October 9, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – EigenLayer kini tengah berfokus untuk mengakuisisi aplikasi Web3 konsumen setelah unlock token EIGEN pada 1 Oktober lalu. Pendiri EigenLayer, Sreeram Kannan, menyebutkan bahwa langkah awal ini akan mengincar aplikasi-aplikasi di segmen DeFi dan gaming, sebelum merambah pasar konsumen yang lebih luas.

Kannan menegaskan bahwa pendekatan ini akan menjadi titik awal dalam membangun ekosistem yang lebih besar untuk aplikasi konsumen. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengembangkan Aplikasi di Segmen DeFi dan Gaming

EigenLayer mengambil pendekatan dari dalam ke luar, memulai dari aplikasi konsumen ber-throughput tinggi seperti DeFi dan gaming. Menurut Kannan, strategi ini akan memungkinkan EigenLayer untuk membangun basis pengguna yang kuat sebelum menargetkan pasar konsumen yang lebih luas.

Dia percaya bahwa fokus awal pada segmen-segmen ini adalah langkah kunci untuk mencapai massa kritis sebelum memperluas ke luar ekosistem Web3.

Dalam wawancaranya, Kannan menjelaskan bahwa pasar ini merupakan salah satu yang paling penting dalam dunia kripto. Dia yakin bahwa aplikasi Web3 seperti DeFi dan gaming memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan signifikan bagi platform EigenLayer. Seiring pertumbuhan basis pengguna, platform ini juga berencana memperluas cakupan ke aplikasi konsumen di luar Web3.

Baca juga: Bitcoin Kalahkan Emas dan Perak, Apakah Harga Bisa Tembus $90.000 di Akhir 2024?

Marketplace Empat Sisi dan TVL EigenLayer

Sebagai protokol restaking terbesar di Ethereum, EigenLayer telah mengamankan banyak protokol pihak ketiga melalui marketplace empat sisi. Marketplace ini melibatkan restaker, operator node, layanan yang divalidasi aktif (AVS), dan aplikasi konsumen. Saat ini, menurut data dari DefiLlama, protokol ini telah mengamankan collateral restaking senilai sekitar $11 miliar.

Kannan menekankan pentingnya keempat sisi dari marketplace tersebut agar platform ini bisa sukses. Meskipun restaker dan AVS sudah mulai terbentuk, sisi konsumen masih belum digarap sepenuhnya. Unlock token EIGEN baru-baru ini menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2024, dengan tekanan untuk meningkatkan pendapatan dari AVS guna menarik staker yang lebih banyak.

Kannan juga menyoroti bahwa masa depan protokol ini bergantung pada kemampuan mereka untuk menarik pelanggan yang membayar untuk layanan yang disediakan oleh AVS. Token EIGEN saat ini diperdagangkan di sekitar $3,50, dengan kapitalisasi pasar fully diluted mendekati $5,8 miliar, menurut data CoinMarketCap.

Baca juga: Whale Kripto Tukar Miliaran PEPE untuk NEIRO, Apakah Harga Akan Naik 50% Lagi?

EigenDA sebagai “Beachhead” untuk Aplikasi Konsumen

eigenlayer avs
Sumber: EigenLayer

EigenLayer juga telah meluncurkan AVS miliknya sendiri, yaitu EigenDA, yang dirancang sebagai titik awal untuk membawa aplikasi konsumen ke dalam ekosistem yang lebih besar. EigenDA berfokus pada data availability, salah satu segmen pasar yang tumbuh pesat di Web3. Saingan utama EigenDA dalam segmen ini termasuk Celestia dan Avail.

Menurut Kannan, EigenDA bukan hanya akan menarik konsumen untuk menggunakan layanan ini, tetapi juga membawa mereka ke AVS EigenLayer lainnya. Dengan kemampuan throughput tinggi, EigenDA diharapkan dapat memfasilitasi pengadopsian aplikasi konsumen Web3 secara lebih luas, sekaligus memperkuat posisi EigenLayer di pasar data availability yang semakin kompetitif.

Di samping itu, AVS lain yang termasuk dalam ekosistem EigenLayer adalah ARPA Network dan eOracle, yang berfokus pada pengembangan layanan oracle data dan random number generation. Platform ini diklaim mampu menangani throughput yang tinggi dan memberikan layanan yang efisien untuk AVS dalam ekosistem Web3.

Kesimpulan

EigenLayer saat ini tengah berada pada posisi penting dalam perjalanan mereka untuk menjadi platform terdepan dalam dunia kripto, terutama melalui inovasi restaking dan AVS yang mereka kembangkan. Dengan unlock token EIGEN, fokus mereka kini adalah mengadopsi aplikasi Web3 konsumen dan menciptakan ekosistem yang dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8