Laporan Terbaru: Didorong Aplikasi Berbasis AI, Aktivitas Blockchain Melonjak 70% di Kuartal 3 Tahun 2024

Updated
October 10, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Mengutip laporan Cointelegraph, aplikasi terdesentralisasi (DApps) mengalami lonjakan signifikan pada kuartal ketiga 2024, didorong oleh peningkatan aktivitas blockchain yang dipimpin oleh aplikasi kecerdasan buatan (AI).

DApps Meningkat Pesat di Kuartal Ketiga 2024, Dipimpin Aplikasi Berbasis AI

pasar dapp meningkat
Sumber: Mpost

Menurut laporan DappRadar pada 8 Oktober 2024, jumlah dompet aktif harian unik (UAW) mencapai rekor tertinggi 17,2 juta, meningkat 70% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Baca juga: Scroll Siap Luncurkan Token SCR! Airdrop Besar-Besaran dan Langkah Menuju Desentralisasi

Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh performa DApps terkait AI, yang mencatatkan kenaikan 71%, menyumbang hampir 4,3 juta UAW harian.

Pemain utama seperti Data Intelligence Network (DIN) dan Alaya AI memimpin tren ini. DIN adalah lapisan pre-processing data modular yang diluncurkan pada April 2024, dan berhasil mencapai 1 juta UAW harian pada kuartal terakhir.

Sementara itu, Alaya, platform pengumpulan dan pelabelan data, telah menjaga aktivitas pengguna di angka 100.000 dompet dalam 90 hari terakhir.

Aktivitas DeFi Alami Penurunan

Di sisi lain, aktivitas di aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) justru mengalami penurunan, dengan total nilai terkunci (TVL) turun dari $168 miliar menjadi $160 miliar kuartal ke kuartal.

Menurut laporan, jaringan Ethereum mengalami penurunan TVL sebesar 20%, menjadi $95 miliar.

Nilai total DeFi terkunci – Sumber: DappRadar

Sebaliknya, blockchain layer-1 lainnya seperti Sui dan Aptos muncul sebagai pemain unggulan, masing-masing mencatatkan peningkatan sebesar 78% selama periode tersebut, dengan $1,6 miliar dan $1,3 miliar dalam total nilai terkunci (TVL).

Pencapaian ini menempatkan mereka di antara blockchain dengan performa terbaik dalam kuartal tersebut, meskipun terjadi penurunan TVL di beberapa jaringan lainnya seperti Ethereum.

Baca juga: HKDA, Stablecoin Berbasis Hong Kong Dollar Siap Menggebrak Pasar dengan Teknologi Chainlink!

Volume Perdagangan NFT Anjlok

Industri token non-fungible (NFT) mengalami penurunan tajam pada kuartal ini, sangat kontras dengan performa kuatnya dalam 90 hari sebelumnya. Volume perdagangan NFT turun 60% menjadi $1,6 miliar, sementara jumlah penjualan NFT menurun 23% menjadi 11,5 juta.

Menurut laporan tersebut, platform NFT OpenSea mengalami “pemulihan signifikan,” muncul sebagai pemain dominan dalam berbagai metrik seperti jumlah penjualan, pedagang aktif, dan volume perdagangan, yang mencapai $570 juta selama periode ini.

Di sisi lain, pesaing seperti Blur dan Magic Eden menghadapi penurunan tajam. Volume perdagangan di Blur, yang memimpin metrik ini pada kuartal kedua, turun 78% akibat penghentian insentif airdrop-nya.

Pemotongan royalti oleh Magic Eden juga berdampak pada aktivitasnya, membuat para kreator dan pedagang beralih ke OpenSea. Selain itu, laporan mencatat bahwa “hype Bitcoin Ordinals tampaknya telah hilang,” yang sangat memengaruhi popularitas Magic Eden.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8