Base, Jaringan L2 dari Coinbase, Ungguli Arbitrum dengan TVL $2,57 Miliar!

Updated
October 17, 2024

Jakarta, Pintu News – Jaringan Layer 2 (L2) dari Coinbase, Base, telah mencapai tonggak baru dengan mengungguli Arbitrum sebagai ekosistem DeFi terbesar di antara L2 lainnya.

Total Value Locked (TVL) di Base mencapai angka tertinggi sepanjang masa, yakni $2,57 miliar, mengalahkan Arbitrum (ARB) yang mencatatkan TVL sebesar $2,38 miliar.

Base Jaringan L2 Terkemuka di Ekosistem DeFi

Base, yang dikembangkan oleh Coinbase, telah menjadi jaringan L2 dengan TVL terbesar di dunia DeFi, mencapai angka $2,57 miliar per 11 Oktober 2024. Kenaikan ini menandai dominasi Base dalam ekosistem L2, meninggalkan Arbitrum yang mengalami penurunan TVL sebesar 27,3% sejak puncaknya pada Juli 2024 sebesar $3,28 miliar.

Baca juga: Wanchain Integrasikan Solana ke Infrastruktur Cross-Chain, Perluas Interoperabilitas Blockchain

TVL Base – Sumber: DeFiLlama

Base kini menempati posisi kelima sebagai jaringan smart contract terbesar berdasarkan TVL DeFi, di bawah Ethereum, Solana, Tron, dan BNB Chain. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan besar-besaran di bursa desentralisasi (DEX) dan protokol peminjaman di Base.

Protokol utama seperti Aerodrome dan Uniswap, dua DEX terbesar di Base, mengalami pertumbuhan TVL sebesar 100% dan 40% dalam 30 hari terakhir. Aerodrome menyumbang lebih dari separuh total TVL di Base, dengan nilai $1,35 miliar.

Pertumbuhan Pesat Protokol DeFi di Base

Tidak hanya DEX, protokol peminjaman di Base seperti Aave, Morpho, dan Moonwell juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Aave mencatatkan TVL sebesar $113,4 juta, sementara Morpho dan Moonwell masing-masing menyumbang $107,6 juta dan $96 juta.

Sebaliknya, 15 dari 20 protokol DeFi terbesar di Arbitrum mengalami penurunan TVL dalam 30 hari terakhir, menunjukkan betapa pesatnya dominasi Base dalam ekosistem DeFi.

Meski begitu, Arbitrum masih memimpin dalam total TVL jaringan dengan angka $13,7 miliar, dibandingkan dengan Base yang memiliki total $7,8 miliar di jaringan L2.

Transaksi Harian di Base Pecahkan Rekor

Pertumbuhan ekosistem DeFi di Base telah mendorong jumlah transaksi harian ke level tertinggi baru.

Baca juga: Grayscale Siap Ubah Dana Crypto $520 Juta Jadi ETF, Bitcoin dan Ethereum Mendominasi!

Pada 13 Oktober 2024, Base mencatat throughput tertinggi dengan 71,6 transaksi per detik (TPS), menguasai 42,4% dari throughput gabungan L2 dalam 24 jam terakhir. Dibandingkan dengan jaringan lainnya, Arbitrum mencatatkan 24,5 TPS dan Taiko 33,4 TPS.

Base juga mencatatkan 1,41 juta alamat aktif pada 15 Oktober, berdasarkan rata-rata tujuh hari, mengungguli Arbitrum dengan 480.400 alamat aktif.

Secara keseluruhan, dominasi Base dalam ekosistem DeFi menandai perubahan besar dalam persaingan L2 di jaringan Ethereum. Dengan TVL dan jumlah transaksi yang terus meningkat, Base telah membuktikan diri sebagai pemain kunci di masa depan DeFi.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Market Periodical

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8