Mengoptimalkan Investasi Crypto dengan Auto DCA: Strategi Jitu Menjelang Bitcoin Halving

Updated
February 4, 2024
Gambar Mengoptimalkan Investasi Crypto dengan Auto DCA: Strategi Jitu Menjelang Bitcoin Halving

Pasar cryptocurrency telah menjadi sorotan karena popularitasnya yang terus meningkat, menarik perhatian investor dan analis di seluruh dunia terutama dengan adanya event Halving Bitcoin yang rencananya akan dilaksanakan pada April 2024.

Fenomena Bitcoin Halving, yang terjadi setiap 4 tahun sekali, juga memegang peranan penting dalam dinamika pasar ini. Menurut Cathie Wood dari Ark Invest, halving Bitcoin yang akan datang memiliki kualitas unik yang membedakannya dari 3 halving sebelumnya.

Wood juga menyampaikan beberapa hal mengapa Bitcoin Halving ini sangatlah penting. Halving ini diharapkan akan mengurangi tingkat pertumbuhan supply Bitcoin menjadi kurang dari 1% per tahun, lebih rendah dari tingkat inflasi emas yang rata-rata 1% per tahun. Ini menandai pertama kalinya tingkat pertumbuhan supply Bitcoin akan turun di bawah tingkat inflasi emas, menunjukkan potensi Bitcoin sebagai sistem penyimpanan kekayaan jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan investasi emas.

Dengan 19,6 juta dari total 21 juta Bitcoin telah ditambang, dan dengan pengurangan hadiah penambangan yang dijadwalkan setiap 4 tahun, pertumbuhan Bitcoin akan semakin melambat, menjanjikan stabilitas yang mirip dengan emas. Halving ini tidak hanya mengubah ekonomi mining Bitcoin tetapi juga berpotensi meningkatkan harga Bitcoin secara signifikan, sebagaimana terlihat dari pola kenaikan harga setelah setiap halving sebelumnya.

Pasalnya, salah satu strategi investasi yang efektif dalam situasi pasar saat ini adalah Auto Dollar-Cost Averaging (Auto DCA), yang membantu investor memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang dengan mengurangi dampak volatilitas harga.

Yuk, simak lebih lagi mengenai manfaat Auto DCA dalam investasi crypto dan strategi jitu menggabungkan Auto DCA dengan siklus Bitcoin Halving pada artikel berikut ini!

Pengertian dan Manfaat Auto DCA dalam Crypto

dca strategy
Sumber: Trade Santa

Auto DCA adalah strategi investasi yang melibatkan pembelian aset crypto dalam jumlah dana yang konsisten pada jadwal yang teratur secara otomatis. Ini berarti investor menetapkan jumlah investasi yang sama untuk dibeli pada periode waktu yang telah ditentukan, misalnya setiap bulan atau minggu. Strategi ini cocok untuk investor pemula dan jangka panjang, mengurangi risiko dan emosi dalam investasi.

Lalu, apa saja keuntungan menggunakan Auto DCA dalam investasi crypto?

  • Mitigasi Risiko: Strategi DCA efektif dalam mengurangi dampak negatif dari perubahan harga pasar yang drastis. Dengan menerapkan metode ini, kamu menghindari risiko membeli aset pada saat harga sedang tinggi, yang dapat mengurangi potensi kerugian.
  • Kemudahan dan Disiplin Investasi: DCA memudahkan proses investasi dengan mengotomatisasi pembelian aset secara berkala dengan jumlah yang telah ditentukan. Pendekatan ini membantu mempertahankan konsistensi dan disiplin dalam investasi, tanpa perlu terlalu sering mengkhawatirkan kondisi pasar.
  • Simplifikasi Proses Pengambilan Keputusan: Dengan mengadopsi DCA, kamu tidak perlu terbebani dengan kebutuhan untuk terus memantau fluktuasi pasar setiap hari. Metode ini memungkinkan investasi menjadi lebih sederhana dan mengurangi tekanan dalam membuat keputusan investasi.
  • Cocok untuk Investasi Jangka Panjang: DCA adalah pilihan ideal bagi mereka yang berencana untuk berinvestasi dalam aset kripto untuk periode waktu yang panjang. Strategi ini mendukung akumulasi aset secara bertahap, yang cocok untuk membangun portofolio investasi jangka panjang.

Baca Juga: 10 Cara Menabung Emas Secara Mudah, di Rumah atau Pegadaian?

Bitcoin Halving: Pengaruhnya Terhadap Pasar Crypto

Bitcoin Halving merupakan sebuah peristiwa penting dalam dunia cryptocurrency yang terjadi setiap empat tahun sekali. Halving ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 17 April 2024, yang akan menjadi iterasi keempat sejak penciptaan Bitcoin. Pada saat halving, hadiah untuk setiap blok yang divalidasi akan berkurang dari 6.25 menjadi 3.125 Bitcoin. Peristiwa ini memiliki dampak signifikan terhadap pasar crypto secara keseluruhan.

Apa itu Bitcoin Halving dan Kapan Terjadinya?

bitcoin halving timeline
Bitcoin Halving Timeline. Sumber: CoinCDX

Bitcoin Halving adalah proses pengurangan separuh jumlah Bitcoin yang diberikan kepada penambang sebagai hadiah untuk setiap blok yang berhasil mereka tambang. Halving ini terjadi setiap 210.000 blok ditambang, yang kira-kira setiap empat tahun sekali.

Halving berikutnya, yang keempat, dijadwalkan terjadi pada April 2024, saat blok ke-840,000 ditambang. Proses ini secara efektif memperlambat laju penciptaan Bitcoin baru, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kelangkaan dan potensi nilai Bitcoin yang ada.

Baca Juga: Tips dan Cara Membuat Tabel Menabung Harian di Buku Tulis, Mudah!

Dampak Historis Bitcoin Halving Terhadap Harga Bitcoin dan Pasar Secara Umum

btc halving historis
Dampak Historis Bitcoin Halving setiap 4 tahun. Sumber: Akun X Rekt Capital

Sejarah telah menunjukkan bahwa setiap peristiwa Bitcoin Halving cenderung memicu perubahan signifikan dalam dinamika pasokan dan permintaan Bitcoin. Pengurangan hadiah blok ini telah menciptakan sentimen bullish di pasar, dengan harga Bitcoin mengalami kenaikan yang mencolok setelah setiap halving.

Misalnya, setelah halving pertama pada tahun 2012, harga Bitcoin melonjak dari $12 menjadi $1,170 dalam satu tahun. Demikian pula, halving pada tahun 2016 dan 2020 juga diikuti oleh kenaikan harga yang signifikan.

bitcoin halving block
Bitcoin Halving Blok. Sumber: Deltec Bank

Para analis memiliki pandangan yang beragam mengenai halving Bitcoin 2024. Beberapa optimis percaya bahwa pengurangan hadiah blok akan menyebabkan kejutan pasokan dan mendorong harga Bitcoin naik.

Data historis mendukung pandangan ini, dengan halving sebelumnya menghasilkan reli harga yang signifikan. Namun, ada juga pandangan pesimistis yang mengkhawatirkan bahwa pasar mungkin sudah memperhitungkan dampak halving, yang bisa membatasi dampak langsungnya terhadap harga Bitcoin.

Kesepakatan umum di antara para analis adalah bahwa dampak jangka panjang dari halving akan positif, memperkuat posisi Bitcoin sebagai penyimpan nilai dan meningkatkan minat dari investor pribadi maupun institusional. Dengan demikian, halving Bitcoin 2024 diharapkan memiliki dampak yang mendalam pada pasar crypto, meskipun pergerakan harga spesifiknya tetap tidak pasti. Sejarah dan ekspektasi analis menunjukkan efek positif bagi Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: Nabung Bitcoin ala Dollar Cost Averaging (DCA)

Bagaimana Auto DCA Bisa Menjadi Strategi Efektif Menjelang dan Pasca Bitcoin Halving?

konsep dca
Contoh konsep DCA. Sumber: The Trading Bible

Auto DCA, atau Dollar-Cost Averaging Otomatis, adalah metode investasi yang melibatkan pembelian aset crypto secara berkala dengan jumlah yang tetap, tanpa memperhatikan fluktuasi harga pasar. Strategi ini sangat efektif menjelang dan setelah peristiwa Bitcoin Halving, yang dijadwalkan terjadi pada tahun 2024. Halving ini akan mengurangi hadiah blok dari 6.25 menjadi 3.125 Bitcoin, yang berpotensi meningkatkan nilai Bitcoin karena kelangkaannya.

Dengan menerapkan Auto DCA, investor dapat mengurangi risiko membeli di puncak harga dan memanfaatkan potensi kenaikan harga pasca-Halving. Strategi ini memungkinkan investor untuk membeli Bitcoin secara teratur, baik saat harga rendah maupun tinggi, sehingga menghasilkan harga rata-rata yang lebih stabil. Ini sangat berguna dalam kondisi pasar yang volatil, seperti yang sering terjadi menjelang dan setelah Halving.

Investasi Bitcoin Menggunakan aplikasi Pintu dengan fitur Auto DCA

Aplikasi Pintu menyediakan fitur Auto DCA yang memudahkan investor untuk menerapkan strategi ini. Dengan menggunakan aplikasi Pintu, investor dapat mengatur pembelian Bitcoin secara otomatis pada interval waktu tertentu, seperti mingguan atau bulanan. Ini memungkinkan investor untuk secara konsisten mengakumulasi Bitcoin tanpa perlu terus-menerus memantau pasar atau membuat keputusan investasi yang kompleks.

Fitur Auto DCA di aplikasi Pintu juga membantu investor dalam mengelola investasi mereka dengan lebih efisien. Dengan otomatisasi ini, investor dapat menghindari pengambilan keputusan yang didasarkan pada emosi atau reaksi terhadap pergerakan harga jangka pendek. Sebagai gantinya, mereka dapat fokus pada strategi jangka panjang yang lebih konsisten dan terukur.

Baca Juga: Perbedaan Tabungan dan Investasi, Mana yang Lebih Cuan?

Berikut cara menggunakan fitur Auto DCA di aplikasi Pintu:

  1. Buka aplikasi Pintu lalu klik ‚ÄėAuto DCA‚Äô atau ‚ÄėNabung Rutin‚Äô.
  2. Pilih token yang akan kamu gunakan untuk nabung rutin.
  3. Masukan jumlah rupiah untuk nabung rutin kamu (maksimal Rp40 juta).
  4. Atur jadwal pembelian (tanggal dan waktu).
  5. Klik ‚ÄėKonfirmasi Nabung Rutin‚Äô.

Dengan menggabungkan strategi Auto DCA dengan siklus Halving Bitcoin, investor dapat memanfaatkan perubahan dinamika pasar untuk memaksimalkan potensi keuntungan mereka. Aplikasi Pintu dengan fitur Auto DCA-nya memberikan alat yang mudah dan efektif untuk menerapkan strategi ini, membantu investor dalam membangun portofolio Bitcoin mereka dengan cara yang lebih terstruktur dan disiplin.

Kesimpulan

Pasar cryptocurrency, yang terus menarik perhatian global, menghadapi momen penting dengan adanya Bitcoin Halving yang dijadwalkan pada April 2024. Fenomena ini, yang terjadi setiap empat tahun sekali, diperkirakan akan mengurangi tingkat pertumbuhan supply Bitcoin menjadi kurang dari 1% per tahun. Hal ini menandai sebuah titik balik, di mana pertumbuhan supply Bitcoin akan lebih rendah dari tingkat inflasi emas, menunjukkan potensinya sebagai sistem penyimpanan kekayaan jangka panjang yang lebih efektif dibandingkan dengan emas.

Dalam konteks ini, strategi Auto Dollar-Cost Averaging (Auto DCA) menjadi sangat relevan. Auto DCA memungkinkan investor untuk membeli aset crypto secara berkala dengan jumlah yang tetap, mengurangi risiko dan emosi dalam investasi. Strategi ini sangat efektif menjelang dan pasca Bitcoin Halving, memanfaatkan potensi kenaikan harga Bitcoin yang historis terjadi setelah setiap Halving.

auto dca bitcoin halving
Sumber: Cryptonews

Dengan menggabungkan Auto DCA dengan siklus Halving Bitcoin, investor dapat memaksimalkan keuntungan mereka dalam pasar crypto yang volatil. Aplikasi Pintu, dengan fitur Auto DCA-nya, menyediakan alat yang mudah dan efektif untuk menerapkan strategi ini, membantu investor dalam membangun portofolio Bitcoin mereka dengan cara yang lebih terstruktur dan disiplin.

Penting bagi investor untuk terus melakukan riset dalam dunia investasi crypto. Dengan pemahaman yang mendalam tentang dinamika pasar dan strategi investasi yang tepat, seperti Auto DCA, investor dapat memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh fenomena seperti Bitcoin Halving untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dalam investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->