Investor GameStop Gugat ‘Roaring Kitty’ atas Dugaan Skema ‘Pump and Dump’

Updated
July 3, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Seorang investor crypto GameStop menggugat influencer saham populer Keith Gill, yang lebih dikenal sebagai “Roaring Kitty,” atas dugaan keterlibatan dalam skema “pump and dump” yang melibatkan saham GameStop Corp. Gugatan tersebut dilayangkan di pengadilan federal Brooklyn, New York, pada hari Jumat.

Gugatan Ditolak 3 Hari Setelah Diajukan

Gugatan Ditolak 3 Hari Setelah Diajukan
CourtListener

Namun, gugatan tersebut ditolak hanya tiga hari setelah diajukan. Penggugat, Martin Radev, tidak memberikan alasan atas penolakan tersebut. Pengacaranya juga tidak segera menanggapi permintaan komentar. Penolakan tersebut tanpa prasangka, yang berarti Radev bebas untuk mengajukan gugatan lagi.

Gugatan tersebut menuduh Gill memperoleh 120.000 opsi beli di GameStop sebelum ia mulai memposting tentang perusahaan tersebut pada bulan Mei. Saham GameStop, yang diperdagangkan sekitar $17 sebelum Gill mulai memposting, melonjak menjadi $48,75 pada 14 Mei.

Pada 2 Juni, Gill mengungkapkan bahwa ia memiliki 5 juta saham GameStop dan 120.000 opsi beli yang akan berakhir pada 21 Juni. Pada 13 Juni, kepemilikan Gill telah meningkat menjadi lebih dari 9 juta saham GameStop tanpa opsi beli yang belum terpenuhi.

Baca Juga: Polkadot Habiskan Pengeluaran $87 Juta dalam 6 Bulan, Cukup untuk 2 Tahun?

Saham GameStop Turun Setelah Kenaikan Tajam

Saham GameStop telah turun sejak saat itu, meskipun masih lebih tinggi daripada sebelum postingan Gill. Saham tersebut ditutup pada sekitar $23 pada Senin sore. Kenaikan GameStop baru-baru ini tidak sedramatis lonjakan harga saham selama meme-stock frenzy pada tahun 2021.

Gill muncul kembali di media sosial pada bulan Mei dan mulai memposting tentang GameStop di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Pada hari Senin, saham Chewy Inc. melonjak sebanyak 10% setelah Gill mengungkapkan kepemilikan saham pasif sebesar 6,6% di pengecer makanan dan produk hewan peliharaan online tersebut.

Penutup

Penolakan gugatan terhadap Gill menunjukkan bahwa sulit untuk membuktikan bahwa influencer saham terlibat dalam skema “pump and dump.” Namun, kasus ini mengingatkan investor untuk berhati-hati terhadap saran investasi dari influencer di media sosial.

Baca Juga: Pepe Unchained (PEPU) Kumpulkan $1,7 Juta dalam Dua Hari, Apa Rahasianya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8