Analisis Pasar 10-16 Apr: Bitcoin Kembali Turun, Pembaruan Ethereum Ditunda, dan Beanstalk Diretas

April 18, 2022
Combined Shape 2
5 Menit
Bagikan
Gambar Analisis Pasar 10-16 Apr: Bitcoin Kembali Turun, Pembaruan Ethereum Ditunda, dan Beanstalk Diretas
Reading Time: 5 minutes

Pergerakan harga Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) 10-16 April 2022

Grafik mingguan Bitcoin.

Analisis pasar selama selama seminggu terakhir menunjukkan harga BTC tertahan di garis Fibonacci Retracement 0,382 yang bertepatan dengan EMA 55 minggu. Harga telah dalam tren turun sejak MA 20 minggu melintasi di bawah MA 50 minggu.

Grafik harian Bitcoin.

Pada grafik harian, kita dapat melihat bahwa BTC mencoba menembus resistensi EMA 100 hari pada tanggal 10 April tetapi kembali gagal setelah beberapa kali melakukan percobaan tersebut. BTC pada basis mingguan membentuk posisi rendah yang lebih tinggi (higher low) dan bear channel.

Grafik bulanan Bitcoin.

Pada grafik bulanan, BTC menunjukkan bear flag yang konsisten, melakukan tren naik di dalam pola, menguji titik support lagi, lalu menghasilkan rendah yang lebih tinggi. Perhatikan untuk 2 bear flag terakhir, harganya menghadapi penurunan yang serius.

Data CPI AS.

Data inflasi (CPI) untuk bulan Maret keluar dan saat ini berada di 8,5%, +0,6% dari 7,9% pada Februari. Ini adalah peningkatan Inflasi paling tinggi sejak 1981. Seperti yang dijelaskan minggu lalu, risalah rapat The Fed bulan Maret menunjukkan bahwa mereka agresif dalam menurunkan inflasi, dan banyak yang menyarankan kenaikan suku bunga 0,5%, angka yang lebih tinggi dari yang diharapkan. Federal Reserve akan mengadakan pertemuan penetapan kebijakan pada 3 dan 4 Mei. Hingga saat itu, pasar akan cemas menunggu tindakan Fed selanjutnya.

Grafik mingguan Ethereum (ETH).

Terakhir, grafik mingguan Ethereum (ETH) menunjukkan harganya jatuh di bawah EMA 21 minggu lagi setelah 2 minggu bertahan di atasnya. Meskipun tampaknya ETH berkinerja kuat dua minggu lalu, mengingat ia melewati Golden Fibonacci pocket dan RSI mingguannya telah menembus resistance yang kuat, ia menelusuri kembali di garis Fibonacci 0,618. Ini konsisten dengan harga BTC yang lemah selama 2 minggu terakhir. Harga saat ini didukung oleh garis retracement Fibonacci 0,5 di angka $3030. Selain itu, terhadap level resistance di $3350 dan $3450.

Apalagi yang perlu diperhatikan dari pasar crypto dalam seminggu terakhir?

Grafik exchange net position changes dari BTC.
  • Perubahan 30 hari dari Bitcoin yang disimpan dalam dompet pusat pertukaran telah berkurang secara signifikan. Perhatikan bahwa selama 3 penurunan sebelumnya menunjukkan local bottom harga BTC sebelum harga ia mulai naik.
Grafik saldo pada pusat pertukaran dari BTC.
  • Sejak awal Maret, saldo bitcoin dalam pusat pertukaran terus menurun. Luna Foundation Guard (LFG) memimpin sejumlah pembelian besar BTC. Ini pertanda baik, mengingat harga pada pasar bersifat sideways atau stagnan, memiliki saldo yang berada pada level yang sama dengan pertengahan tahun 2018 berarti permintaan Bitcoin masih tinggi.

Berita seputar dunia Altcoins

  • 🌕 Terra melakukan integrasi dengan Polkadot: Acala, salah satu blockchain pada jaringan Polkadot, mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan Anchor Protocol, aplikasi simpan pinjam terbesar di Terra. Acala dan Anchor berencana memanfaatkan token DOT dan juga KSM sebagai jaminan pinjaman untuk aplikasi Anchor. Selain itu, Acala juga ingin menciptakan liquidity pool yang terdiri dari aUSD (milik Acala) dan UST (Terra). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan likuiditas dalam rangka memanfaatkan kerja sama kolaboratif dalam pengembangan kedua stablecoin tersebut.
  • 🤑 Valuasi Ava Labs mencapai $5 milyar dolar: Ava Labs, organisasi pengembang Avalanche (AVAX), berencana mengumpulkan putaran baru pendanaan sebesar $350 juta yang akan meningkatkan valuasinya ke angka $5,25 miliar. Sebagai salah satu blockchain dan aset kripto paling populer, Avalanche juga memiliki kapitalisasi pasar sebesar $20,7 milyar dolar.

Beberapa berita penting dari dunia kripto dalam seminggu terakhir

  • 🦹 Peretas Axie Infinity diduga berasal dari Korea Utara: Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa kelempok peretas dari Korea Utara, Lazarus, dikaitkan kepada peretasan Axie Infinity yang mengakibatkan kerugian sekitar $625 juta dolar. Kini Departemen Keuangan AS sedang bekerja sama dengan FBI untuk mengidentifikasi lebih lanjut kelompok Lazarus. Sementara itu, Axie Infinity menjelaskan mereka sedang dalam proses memperbarui keamanan Bridge Ronin agar penyerangan seperti ini tidak terulang kembali.
  • 🌐 Merge Ethereum 2.0 ditunda: Tim Beiko, salah satu pengembang utama Ethereum, menjelaskan bahwa pembaruan jaringan yang disebut “The Merge” akan tertunda beberapa bulan. Sebelumnya, pembaruan jaringan Ethereum berencana diterapkan pada bulan Juni. Pembaruan tersebut akan menggabungkan dua sisi Ethereum yaitu bagian proof-of-work (PoW) dan proof-of-stake (PoS), menyelesaikan perpindahan jaringan Ethereum ke sisi PoS.
  • 🔥 Terraform Labs menghibahkan dana ke yayasan Terra: Yayasan Luna Foundation Guard (LFG) baru saja menerima penghibaan token LUNA dari Terraform Labs sebanyak 10 juta LUNA setara $820 juta dolar. Terraform Labs adalah organisasi dibalik pengembangan jaringan Terra sementara LFG adalah yayasan yang dibuat khusus untuk mengatur perekonomian LUNA dan juga UST. Pemberian token ini kemungkinan adalah bagian dari rencana LFG untuk meningkatkan kas cadangan untuk menjaga nilai UST.
  • Protokol DeFi Beanstalk kehilangan $182 juta dolar: Salah satu protokol stablecoin di Ethereum, Beanstalk Farm, baru saja mengalami penyerangan flash loan. Pelaku berhasil menguras dana dari protokol tersebut dan mendapatkan keuntungan $80 juta dolar dalam berbagia aset kripto. Selain itu, BEAN, aset kripto dari Beanstalk, turun sebanyak 80% sebagai respon terhadap berita penyerangan tersebut.

Referensi

Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait