Apa Itu Flow (FLOW)?

Update 23 Sep 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Apa Itu Flow (FLOW)?
Reading Time: 8 minutes

Pesatnya perkembangan pasar NFT dan aplikasi terdesentralisasi dalam beberapa tahun terakhir, mendorong inovasi-inovasi baru dalam teknologi blockchain. Salah satunya adalah Flow, blockchain yang kini menjadi rumah dari berbagai marketplace NFT populer seperti NBA Top Shot, NFL All Day dan UFC Strike. Tidak hanya itu, Flow juga menjadi salah satu blockchain yang kompatibel untuk Instagram dalam menampilkan koleksi NFT di feed pengguna Instagram. Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu Flow, bagaimana cara kerjanya, apa saja yang dapat kamu lakukan dengan token FLOW, dan bagaimana masa depannya, yuk, baca artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ūüďĘ Flow adalah blockchain layer-1 yang dibuat dengan tujuan memudahkan developer untuk membangun berbagai aplikasi Web3. Keunggulan Flow terletak pada kecepatan validasi transaksi, biaya rendah dan juga sistem yang developer-friendly.
  • ūüŹĘ Flow dibuat oleh Dapper Labs, yang sebelumnya telah sukses mengembangkan Cryptokitties, salah satu pionir game berbasis blockchain.
  • ūüí° Saat ini sudah ada lebih dari 300 proyek yang dikembangkan di blockchain Flow, termasuk sejumlah nama besar seperti Instagram, Ticketmaster dan OneFootball.

Apa Itu Flow?

Flow adalah blockchain layer-1 dengan konsensus Proof of Stake (PoS) yang diluncurkan oleh Dapper Labs pada 2020. Dapper Labs sebelumnya dikenal karena sukses mengembangkan CryptoKitties, yang merupakan salah satu pionir NFT dan game berbasis blockchain.

CryptoKitties yang diluncurkan tahun 2017 di blockchain Ethereum tumbuh sangat pesat hingga menyebabkan kemacetan. Hal ini lah yang melatarbelakangi Dapper Labs untuk membuat blockchain-nya sendiri, karena Ethereum saat itu hanya bisa memproses 30 transaksi per detik.

Blockchain Flow dikenal dengan proses validasi transaksi yang cepat, berbiaya rendah, terdesentralisasi dan ramah bagi developer. Flow juga dirancang untuk aplikasi Web3 yang membutuhkan user experience yang menarik seperti untuk game, NFT, metaverse, hingga decentralize finance.

Baca juga artikel Apa Itu Web3 dan Apa Kelebihannya

ūüí° Dapper Labs adalah perusahaan blockchain berbasis di Kanada yang khusus mengembangkan video game dan NFT. Dapper Labs didirikan oleh Roham Gharegozlou, Dieter Shirley dan Mikhael Naayem pada tahun 2018

Beberapa produk yang dibangun di atas blockchain Flow berfokus pada gamefi dan NFT seperti NBA Top Shot, NFL All Day, UFC Strikes dan lain-lain. Mengutip dari Flowverse, saat ini sudah ada lebih dari 300 projek yang sedang dikembangkan di atas blockchain Flow. Pengguna dapat menggunakan Dapper Wallet dan wallet lainnya untuk melakukan berbagai transaksi pada produk Flow tersebut.

Untuk mendukung ekosistem blockchain, Flow meluncurkan stablecoin Flow USD (FUSD) yang dipatok pada US Dollar dengan perbandingan nilai 1:1. FUSD digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran para developer dalam membangun sistem di dalam blockchain Flow. Dalam meluncurkan FUSD, Flow bekerja sama dengan Prime Trust, sebuah perusahaan infrastruktur keuangan berbasis di Amerika Serikat. Namun, stablecoin yang digunakan tidak hanya FUSD. Flow juga mendukung penggunaan USDC dalam jaringannya.

Pahami lebih lanjut tentang apa itu stablecoin di tautan ini.

Bagaimana Cara Kerja Flow?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Flow merupakan blockchain yang menggunakan konsensus Proof of Stake (PoS). Blockchain dengan konsensus ini menggunakan validator (yang berperan sebagai node) untuk memproses dan memvalidasi transaksi.

Akan tetapi, cara kerja validasi pada blockchain Flow berbeda dengan kebanyakan blockchain PoS lainnya. Hal ini karena Flow memiliki sistem multi-node, yang membagi tugas validator ke dalam 4 peran, yaitu:

Collection node : mengumpulkan transaksi dan menambah efisiensi

Consensus node : menentukan keberadaan dan urutan setiap transaksi.

Execution node : memproses transaksi

Verification node : memastikan node lain memproses transaksi dengan benar.

Dalam blockchain pada umumnya, node menyimpan seluruh data dan melakukan seluruh proses validasi transaksi sendiri ke dalam blok. Pada blockchain Flow, tugas node dibagi menjadi empat bagian dengan fungsi yang sudah disebutkan di atas dan menerapkan pemisahan kerja secara vertikal. Istilah ini dikenal dengan pipelining.

validator blockchain flow apa itu flow
Ilustrasi pemisahan kerja validator pada blockchain Flow. Sumber: Blockcrunch

Ketika terjadi transaksi, setiap node hanya melakukan salah satu tahap validasi sehingga mereka fokus pada tugas masing-masing. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi pada setiap tahap validasi transaksi. Sistem tersebut juga membuat Flow dapat menghasilkan throughput ribuan kali lebih besar dengan biaya lebih rendah.

Flow menerapkan sistem multi-node ini guna mengatasi masalah skalabilitas yang dialami oleh blockchain generasi awal seperti Ethereum.

Untuk menjalankan fungsi sebagai node, setiap node harus mempertaruhkan koin FLOW (stake) sesuai dengan jenis node sebagai berikut:

Collection node : 250.000 Flow

Consensus node : 500.000 Flow

Execution node : 1.250.000 Flow

Verification node : 135.000 Flow

Selain menggunakan multi-nodes, Flow juga menerapkan teknik kriptografi baru yakni Specialized Proofs of Confidential Knowledge (SPoCKs). Teknik ini berisikan informasi khusus dan unik untuk setiap node serta tidak bisa diubah dan disalin.

Baca juga artikel Pengertian Node dan Fungsinya dalam Blockchain

Apa Saja Keunikan Flow?

1. Bahasa Pemrograman yang Developer-Friendly

Flow menggunakan bahasa pemrograman Cadence yang dinilai mudah bagi para developer. Cadence memperkenalkan beberapa fitur pemograman smart contract baru yang memastikan kode yang ditulis aman, jelas dan mudah dibuat.

Menariknya, siapapun dapat bereksperimen dan mencoba untuk mempelajari Cadence melalui Flow Playground seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Di platform tersebut pengguna dapat mempelajari cara menggunakan smart contract, membuat NFT, membangun marketplace, hingga cara membuat token. Cadence merupakan bahasa pemrograman berorientasi sumber daya yang berhasil dikembangkan oleh Dapper Labs.

2. Smart Contract yang Dapat Diperbaharui

Hambatan yang sering ditemukan oleh para developer adalah ketika smart contract yang telah diterapkan tidak bisa diubah lagi. Pada blockchain Flow, developer dapat melakukan pembaharuan terhadap smart contract-nya terlebih dahulu sebelum dicatat secara permanen.

Dengan Flow, smart contract dapat diluncurkan dalam versi beta terlebih dahulu sehingga developer dapat mengubah atau memperbarui kode yang sudah dibuat. Proses ini akan diinformasikan kepada pengguna yang dapat menunggu hingga pembaruan selesai. Setelah selesai melakukan pembaharuan, pembuat kode dapat meluncurkan smart contract-nya secara permanen. Namun, kode yang telah dicatat secara permanen tak lagi bisa diubah atau dicabut dari platform.

Proyek yang Didirikan di atas Blockchain Flow

NBA Top Shot

proyek yang dibangun di blockchain flow
NBA Top Shot. Sumber: nbatopshot.com

NBA Top Shot dibuat atas kerja sama NBA dan Dapper Labs pada Oktober 2020. NBA Top Shot adalah kartu digital berbentuk NFT yang berisi momen spesial dan epik dari olahraga basket NBA. Momen tersebut berisi video highlight yang memiliki kategori common, fandom, rare dan legendary. NFT NBA Top Shot dengan video Le Bron James pernah mencatatkan penjualan tertinggi pada April 2021 yakni seharga $387.600!

NFL All Day

kerja sama flow dengan nfl
NFL All Day. Sumber: nflallday.com

Sama seperti NBA Top Shot, NFL All Day adalah kartu digital yang dapat dikoleksi atau diperjual belikan. NFT NFL All Day berisi momen-momen khusus bagi para penggemar olahraga American Footbal. Untuk membeli NFT-nya, pengguna dapat menggunakan uang fiat, kartu kredit dan juga cryptocurrency (FLOW, ETH, BTC, BCH, DAI dan USDC). NFL All Day diluncurkan oleh Dapper Labs pada akhir tahun 2021 lalu.

UFC Strike

kerja sama flow dengan ufc
UFC Strike. Sumber: Dapperlabs.com

Pada Januari 2022 lalu, Dapper Labs bersama UFC meluncurkan NFT UFC Strike. NFT ini berisikan momen dan cuplikan dari olahraga Mixed Martial Arts (MMA). Aksi nama-nama besar seperti Francis Ngannou, Amanda Nunes hingga Kamaru Usman bisa dikoleksi dan diperjualbelikan oleh para fans. Dengan audio yang kuat dan konten video yang menarik, NFT UFC Strike memang didesain untuk mengenang dan mengabadikan momen sejarah olehraga UFC.

Kerja Sama Flow

Instagram Mendukung Dapper Wallet dan Flow

Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna Instagram untuk bisa menampilkan digital aset NFT mereka di feed Instagram. Untuk dapat menggunakannya, pengguna bisa menghubungkan wallet Dapper ke Instagram dan memilih Digital Collectibles pada menu profile. Rencananya, fitur ini akan dapat digunakan oleh seluruh pengguna Instagram di lebih dari 100 negara.

Ticketmaster Meluncurkan Fitur Pembuatan NFT di atas Blockchain Flow

kerja sama dan masa depan flow dengan ticketmaster
Sumber: Dapperlabs.com

Ticketmaster, sebuah perusahaan distribusi dan penjualan tiket asal Amerika Serikat ini merilis fitur yang mendukung Event Organizer (EO) untuk membuat NFT atas tiket yang dijual di platform Ticketmaster. Hal ini ditujukan untuk memberikan pengalaman baru bagi fans terhadap acara, seperti kepemilikan aset digital, tergabung dalam komunitas, mendapatkan loyalty rewards dan lain-lain. Dilansir dari Dapperlabs.com, sudah terdapat 5 juta lebih aset NFT yang sudah di-mint oleh Ticketmaster untuk EO pada blockchain Flow. Sebelumnya, Ticketmaster dan Flow bekerja sama mengeluarkan 70.000 NFT komemoratif tiket pada Super Bowl LVI.

NFT Legenda Sepak Bola Serie A Italia Tersedia di Aera by OneFootball

kerja sama flow dan masa depan flow dengan Aera by onefootball
Sumber: onflow.org

Salah satu media olahraga sepak bola terbesar di dunia, OneFootball, melakukan kerja sama dengan Lega Serie A dalam meluncurkan koleksi digital berupa NFT. NFT ini tersedia di marketplace Aeria by OneFootball yang berdiri di atas blockchain Flow. Pada NFT ini, pengguna bisa mengoleksi momen bersejarah dari para legenda sepak bola Serie A seperti Maradona, Canavaro, Del Piero, dan legenda hebat lainnya.

Cryptokitties

Cryptokitties adalah play to earn (P2E) game blockchain generasi pertama yang berdiri di atas blockchain Ethereum. Game ini diluncurkan pada tahun 2017 oleh Axiom Zen. Dalam game ini, pemain dapat memelihara dan mengembangbiakan hewan peliharaan berupa NFT. Pemain juga bisa melakukan jual beli NFT tersebut pada marketplace. Cryptokitties telah diambil alih oleh Dapper Lab dari Axiom Zen (induk perusahaan Dapper Labs) pada tahun 2018 dan nantinya akan melakukan migrasi ke blockchain Flow.

FLOW Sebagai Investasi

grafik harga crypto flow apa itu flow
Grafik Harga FLOW dalam Setahun. Sumber: Coinmarketcap

Dilihat dari chart tahunan, harga FLOW berada dalam tren menurun dan bergerak sideways ketika memasuki bulan Juni 2022. Kondisi ini dipengaruhi oleh pergerakan harga Bitcoin yang juga mengalami penurunan harga sejak awal tahun 2022 dan kondisi pasar global.

Dilansir dari Coinmarketcap, FLOW berada di peringkat ke-32 dengan market cap sebesar $1.75 miliar dan memiliki circulating supply sebanyak 1.04 miliar FLOW. Saat ini, per 27 September 2022, harga FLOW 1.69 dolar AS dengan volume perdagangan sebesar 44,881,137 dolar AS. FLOW pernah mencapai harga tertinggi atau All Time High (ATH) dengan menyentuh harga 46.16 dolar AS pada 5 April 2021.

Saat FLOW dirilis, sebanyak 1.25 miliar FLOW dibuat dan didistribusikan kepada holder FLOW dengan pembagian sebesar 32% untuk pengembangan ekosistem, 20% untuk Dapper Labs, 18% untuk tim developer, 11.1% untuk large backers, 10% untuk komunitas, dan 8.9% untuk small backers.

distribusi token flow crypto apa itu flow
Distribusi FLOW Sumber: Website FLOW

Dengan blockchain Flow yang cepat dan mudah digunakan, ia berhasil bekerja sama dengan banyak perusahaan gamefi dan NFT. Selain itu, Flow juga banyak melakukan kerja sama dengan pihak-pihak penting seperti NBA, UFC, Instagram, Ticketmaster, OneFootball, dan pihak besar lainnya. Dengan nilai fundamental tersebut, masa depan FLOW layak untuk diperhatikan.

Membeli FLOW

Kamu bisa mulai berinvestasi dan membeli koin FLOW di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli FLOW dan aset kripto lainnya dengan cara yang aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Referensi

  1. Flow, Flow Primer, Flow Website, diakses pada 6 September 2022.
  2. Toshendra Kumar Sharma, Introducing Flow: The New Blockchain for Open World, Blockchain Council, diakses pada 6 September 2022.
  3. Erik Rosenberg, Flow Cryptocurrency (FLOW) Explain, The Balance, diakses pada 6 September 2022
  4. Langston Thomas, A Guide to NBA Top Shot NFTs: Videos Are the New Trading Cards, NFT Now, diakses pada 6 September 2022
  5. Coin Bureau, Flow: Any Potential?! This You Need to Know!, Youtube, diakses pada 7 September 2022
  6. Andrea Santillo, Apa itu Cryptokitty, Crypto Valuta, diakses pada 7 September 2022.
  7. Soctypt, Enter The Flowverse, Messari, diakses pada 13 September 2022
  8. Ananda, What is Flow blockchain and how does it work?, Blockcrunch, diakses pada 20 September 2022
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait