Analisis Pasar 10-16 Juli: Inflasi AS Capai 9.1% dan ETH Naik 20%

Update 18 Jul 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 5 Menit
Gambar Analisis Pasar 10-16 Juli: Inflasi AS Capai 9.1% dan ETH Naik 20%
Reading Time: 5 minutes

Inflasi Amerika Serikat (AS) bulan Juni 2022 melesat di atas proyeksi dan berada di level 9,1%. Bagaimana dampak inflasi AS terhadap sektor kripto? Tim trader Pintu sudah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir yang terangkum pada Analisis Pasar di bawah ini. Di sini, kamu dapat mempelajari pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lainnya, serta mengetahui update terbaru di industri ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi dari analisis pasar memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • ‚ö† Inflasi AS pada bulan Juni 2022 mencapai 9.1% yang merupakan angka tertinggi selama 41 tahun. Data Consumer Price Index (CPI) ini membuat pasar kripto dan juga saham alami volatilitas.
  • ūüöÄ Harga Ethereum (ETH) meningkat hingga 20% minggu lalu, menyusul diumumkannya target implementasi The Merge yang rencananya dilakukan pada 19 September 2022.
  • ūüĒÄ Melalui grafik 4 hari Bitcoin (BTC), death cross diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Agustus 2022. Akan tetapi, hal ini bukan berarti berarti bear market akan berakhir. Sideways kemungkinan masih akan berlangsung dengan perkiraan akhir dari bear market terjadi pada Oktober-Desember 2022.

Pergerakan Harga BTC 10-16 Juli 2022

Setelah data Consumer Price Index (CPI) keluar dengan rekor tertinggi dalam empat dekade yaitu sebesar 9,1%, pasar kripto mengalami volatilitasdan turun ke bawah 19.000 dolar AS untuk waktu yang singkat sebelum kembali merangkak naik. Seperti terlihat pada grafik di bawah, BTC hampir tidak menyentuh garis resistensi EMA 21 minggu pada saat penulisan ini (16 Juli 2022).

Pergerakan Harga BTC 10-16 Juli 2022

CPI yang meningkat ke angka 9,1% (di atas perkiraan Dow Jones sebesar 8,8%), merupakan yang tertinggi dalam hampir 41 tahun. Ancaman resesi meningkat sangat cepat menyusul data CPI tersebut.

Pasar ekuitas merosot seperti pasar kripto, sementara itu imbal hasil obligasi pemerintah melonjak naik. Sebagian besar kenaikan inflasi berasal dari kenaikan harga bahan bakar, yang meningkat 11,2% pada bulan Juni 2022.

Data inflasi Amerika Serikat
Data inflasi Amerika Serikat.
Data perubahan CPI untuk seluruh konsumen urban di Amerika Serikat
Data perubahan CPI untuk seluruh konsumen urban di Amerika Serikat.

Dengan meningkatnya inflasi, US Dollar Index (DXY) juga turut melonjak. DXY sempat mencapai 109,3 sebelum kembali ke 108. Kita perlu mengantisipasi nilai dolar AS yang lebih menguat lagi, dikarenakan Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed), kemungkinan akan kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 bps di akhir bulan ini.

US Dollar Index (DXY) juga turut melonjak

Sementara itu, melihat grafik di bawah, harga ETH melonjak 20% selama seminggu terakhir yang didorong oleh selesainya uji coba The Merge pada jaringan uji publik Sepolia. Pada conference call yang dilakukan oleh pengembang ETH pada hari Kamis, 14 Juli, disebutkan bahwa mainnet merger ditargetkan dapat dilakukan pada 19 September.

Berita ini disambut positif oleh pasar. Transisi ETH ke proof-of-stake akan mengurangi konsumsi energinya hingga 99% dan pengenalan sharding akan membuat jaringan sangat skalabel dan setara dengan proses pembayaran terpusat.

ETH akhirnya berhasil menembus garis resistance EMA 21 minggu. Namun, belum menembus level resistance kunci di 1.300 dolar AS.

Baca juga: Apa Itu ‚ÄėThe Merge‚Äô Ethereum?

death cross yang akan terjadi di grafik 4 hari BTC

Mari kita lihat death cross yang akan terjadi di grafik 4 hari BTC. Melihat grafik di bawah ini, perhatikan bahwa pada death cross yang terjadi pada dua kesempatan sebelumnya, bottom atau titik terendah terjadi sekitar 52 hari sebelum cross terjadi. Jika kita berasumsi bahwa candle di tanggal 18 Juni adalah bottom, maka titik cross diperkirakan akan terjadi pada minggu ke-2 bulan Agustus 2022.

Tentu saja, dengan terjadinya death cross, bukan berarti bear market akan berakhir. Sideways market kemungkinan masih akan berlangsung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, akhir dari bear market kemungkinan akan terjadi antara Oktober-Desember 2022.

ūüí°¬†Death cross adalah pola grafik harga aset ketika Moving Average dengan jangka waktu yang lebih pendek memotong Moving Average dengan jangka waktu yang lebih panjang yang berada di bawahnya. Hal ini mengindikasikan tren penurunan harga.

BTC Dominance berada di 43,5% setelah turun 1,3% dari puncaknya awal pekan ini

BTC Dominance berada di 43,5% setelah turun 1,3% dari puncaknya awal pekan ini. Posisi ini sebagian besar disebabkan oleh perkembangan merger ETH, yang kemudian diikuti oleh peningkatan harga altcoins. MATIC, UNI, QNT, EGLD, LDO, CRV, dan AAVE semuanya juga mengalami peningkatan yang baik selama seminggu terakhir.

grafik market cap btc dominance

Analisis On-Chain

  • ūüďä Exchange: Exchange reserve terus pada posisi call yang mengindikasikan tekanan jual yang lebih rendah. Setoran bersih di bursa lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Jumlah setoran yang lebih rendah juga dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.
  • ūüĎ®‚ÄćūüíĽ Penambang: Penambang menjual kepemilikan aset dalam kisaran yang moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang menurun secara signifikan dibandingkan dengan biaya yang mereka keluarkan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa harga undervalued seiring dengan meningkatnya motif penambang untuk menyimpan koin mereka.
  • ūüĒó On Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan rugi. Di tengah bear market hal ini bisa menunjukkan bottom. Pergerakan investor jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Kebanyakan memiliki motif untuk tetap mempertahankan koin mereka. Investor berada dalam¬†kapitulasi, atau fase di mana mereka saat ini menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan adanya penurunan motif untuk merealisasikan kerugian yang berujung pada penurunan tekanan jual.
  • ūüďĎ Derivatif: Trader dengan posisi short lebih dominan. Sentimen jual lebih dominan di pasar derivatif. Lebih banyak sell orders diisi oleh takers. Saat open interest menurun, ini mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan terjadinya pembalikan tren. Hal ini dapat memicu kemungkinan terjadinya long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • ‚õď Ethereum ‚ÄúMerge‚ÄĚ Ditargetkan pada 19 September: Mengutip, Defiant.io, Pengembang Ethereum telah menargetkan implementasi The Merge pada 19 September yang diutarakan pada conference call yang diadakan pada hari Kamis, 14 Juli 2022. The Merge adalah transisi Ethereum yang sangat dinanti, dengan perubahan mekanisme konsensus proof-of-work ke proof-of-stake. Perubahan ini diharapkan akan memangkas penggunaan energi blockchain dan, oleh karena itu, emisi karbon, sebanyak 99%.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto dalam Pekan Terakhir

  • ūüí• Celsius Ajukan¬†Perlindungan Kepailitan: Celsius, platform pinjam meminjam aset kripto yang bulan lalu menghentikan penarikan bagi seluruh pengguna, telah mengajukan perlindungan kebangkrutan. Celsius memiliki 167 juta dolar AS untuk melanjutkan operasional tertentu selama proses restrukturisasi. Akan tetapi, penarikan aset pengguna akan tetap dihentikan menyusul pengajuan ini.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

infografis Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir
Sumber: Coin360

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan