Analisis Pasar 11 Februari 2023: SEC Perketat Regulasi, Pasar Crypto Melemah

Update 13 Feb 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 11 Februari 2023: SEC Perketat Regulasi, Pasar Crypto Melemah
Reading Time: 7 minutes

The Fed menyatakan bahwa proses disinflasi telah dimulai tetapi akan membutuhkan waktu. Dari pasar crypto, harga aset crypto relatif stabil, namun terjadi penurunan pada akhir minggu, BTC turun 5% dan ETH turun sebesar 6%, akibat berita penghentian sistem staking di crypto exchange Kraken oleh SEC.

Seperti biasa, tim trader Pintu telah mengumpulkan berbagai data penting yang melakukan analisis terhadap makroekonomi dan pergerakan pasar crypto selama sepekan terakhir. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • 📉 The Fed menyatakan bahwa proses disinflasi telah dimulai tetapi akan membutuhkan waktu. Kemungkinan akan memakan waktu hingga akhir 2023 dan mungkin hingga 2024 untuk menurunkan inflasi agar mendekati 2%.
  • 💼 AS mengalami pertumbuhan lapangan kerja, dan tingkat pengangguran berada pada rekor terendah sejak 1969.
  • 🪙 BTC mengalami rejection pada garis resistensi MA 200 minggu. Pada grafik mingguan, kemungkinan akan ada death cross. Titik support BTC di 21.400.
  • 🚨 Harga ETH diperkirakan akan mengalami penurunan lebih lanjut setelah menembus di bawah nilai RSI 52.

Analisis Makroekonomi

Dolar AS menunjukkan penguatan pada akhir pekan lalu setelah tingkat pengangguran turun menjadi 3.4%. Tingkat pengangguran ini merupakan yang terendah sejak 1969.

Pada hari Selasa (7 Februari 2023), Jerome Powell, ketua The Fed, menyatakan bahwa proses disinflasi telah dimulai tetapi akan membutuhkan waktu. Pergerakan pasar pada awalnya dipengaruhi oleh pernyataan Powell dan menunjukkan peningkatan yang singkat, tetapi kemudian berbalik turun ketika ia memperingatkan kemungkinan data ekonomi yang lebih kuat dari yang diharapkan. Powell menambahkan bahwa jika laporan pasar tenaga kerja yang kuat atau inflasi yang lebih tinggi terus berlanjut, The Fed mungkin perlu mengambil tindakan tambahan, seperti menaikkan suku bunga, yang mungkin lebih dari yang diantisipasi saat ini.

Powell tidak menyebutkan kapan kenaikan suku bunga akan dihentikan. Ia mengindikasikan bahwa mungkin diperlukan waktu hingga tahun 2024 agar inflasi mencapai tingkat yang dianggap memuaskan oleh The Fed. Target inflasi bank sentral adalah 2%, tetapi berdasarkan beberapa indikator, saat ini tingkat inflasi secara signifikan lebih tinggi dari angka tersebut.

Powell menyebutkan bahwa The Fed mengantisipasi penurunan inflasi yang substansial selama tahun 2023 dan merupakan tanggung jawab mereka untuk memastikan hal itu terjadi. Ia juga menyatakan bahwa kemungkinan akan memakan waktu hingga akhir 2023 dan mungkin hingga 2024 untuk menurunkan inflasi agar mendekati 2%.

Tanggal penting berikutnya adalah pengumuman data CPI bulan Januari pada 14 Februari 2023.

us dollar currency index

Pasar bereaksi positif sejak awal minggu.

Baru-baru ini, prospek ekonomi AS sangat baik, namun treasury yield curve masih dekat dengan level inversi atau pembalikan arah yang paling parah dalam lebih dari 40 tahun.

Treasury yield curve adalah kurva yang menggambarkan imbal hasil (suku bunga) obligasi AS berdasarkan tanggal jatuh temponya.

Inversi treasury yield curve telah menjadi indikator yang dapat diandalkan dari resesi yang akan datang. Spread tiga bulan hingga 10 tahun, yang dianggap paling akurat di antara berbagai ukuran yield curve yang digunakan oleh para traders dan analis, telah menunjukan pembalikan, sebelum setiap resesi terjadi di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an. Hal ini sesuai dengan informasi dari St. Louis Federal Reserve.

treasury spread 10 years bond rate

Sebaliknya, pasar kerja memberikan gambaran yang berbeda. Menurut laporan terbaru bulan Januari, AS mengalami pertumbuhan lapangan kerja, dan tingkat pengangguran berada pada rekor terendah. Mengingat bahwa konsumen menggerakkan mayoritas ekonomi AS, sangat tidak mungkin bagi negara ini untuk memasuki resesi, sementara lapangan kerja sedang meningkat.

Pada Desember 2022, The Fed New York memperkirakan kemungkinan 47% terjadi resesi AS dalam 12 bulan ke depan. Ini dianggap sebagai probabilitas yang tinggi, lebih tinggi dari empat resesi AS sebelumnya. Terlepas dari korelasi historis yang kuat antara yield curve dan resesi, penting untuk diingat bahwa tidak ada indikator ekonomi yang sangat mudah dan yield curve mungkin tidak akurat saat ini. Namun, karena yield curve adalah indikator yang melihat ke masa depan, masih terlalu dini untuk mengabaikan sinyal resesi.

prediksi kemungkinan resesi AS

Analisis Harga Bitcoin

Selama seminggu terakhir, harga aset crypto relatif stabil. Namun, menjelang akhir minggu, BTC turun 5% dan ETH turun sebesar 6% seiring dengan berita yang menyebar tentang Securities and Exchange Commission (SEC) AS yang menutup layanan staking Kraken, crypto exchange yang berbasis di As.

Staking adalah kegiatan mengunci aset crypto untuk mendapatkan reward atau imbalan, sebuah mekanisme yang digunakan pada blockchain yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake.

Sebagai bagian dari penyelesaian dengan SEC, Kraken telah mengumumkan akan menghentikan program staking mata uang crypto di AS dan membayar denda sebesar 30 juta dolar AS. SEC menuduh perusahaan tersebut menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar melalui program “crypto asset staking-as-a-service”. Telah terbukti selama beberapa waktu bahwa SEC bermaksud untuk menindak program imbal hasil aset crypto.

Di sisi lain, Paxos Trust Company, penerbit stablecoin yang berbasis di New York dan bertanggung jawab atas Binance USD (BUSD) dan Paxos Dollar (USDP), sedang diselidiki oleh Departemen Jasa Keuangan New York (NYDFS).

BTC mengalami rejection pada garis resistensi MA 200 minggu. Pada grafik mingguan, kita dapat melihat bahwa akan ada death cross. Titik support BTC di 21.400.

harga btc

Analisis Harga ETH

ETH berada di support pada EMA 200 minggu. Perhatikan penembusan RSI dari nilai historis 52. Diprediksi penurunan lebih lanjut dalam aksi harga setelah ETH menembus di bawah nilai RSI 52. Hal ini diprediksi karena ETH berada di tepi atas Bollinger’s band seperti yang terlihat di bawah ini.

harga eth

Analisis Aktivitas Jaringan Bitcoin

Baru-baru ini, aktivitas di jaringan Bitcoin telah mencapai puncaknya sejak Mei 2021. Jumlah transaksi harian di jaringan ini telah melonjak menjadi 345 ribu, tertinggi sejak April 2021, yang mengakibatkan peningkatan aktivitas jaringan secara keseluruhan.

aktivitas jaringan bitcoin

Analisis Suplai Stablecoin

Grafik di bawah ini menunjukkan perubahan bersih 30 hari dalam supply empat stablecoin teratas, yaitu USDT, USDC, BUSD dan DAI. Grafik ini akan menunjukkan nilai positif ketika supply stablecoin agregat 30 hari mengalami peningkatan, dan nilai negatif ketika mengalami penurunan. Perhatikan bahwa perubahan supply selalu mendahului pergerakan harga BTC sejak awal tahun. Yang kita lihat saat ini adalah aggregate supply 30 hari yang positif dari 4 stablecoin teratas. Akankah kita melihat pergerakan harga yang positif dalam beberapa minggu ke depan?

analisis suplai stablecoin

Analisis On-chain

📊 Bursa Pertukaran: Seiring cadangan bursa pertukaran terus turun, ini mengindikasikan tekanan jual yang lebih rendah. Deposit bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposit yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.

💻 Miners: Para penambang menjual asetnya dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang dalam kisaran moderat jika dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.

🔗 On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dalam kondisi untung. Di tengah pasar bullish, ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang saham jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk menahan aset mereka. Investor berada dalam fase fear di mana mereka saat ini memiliki keuntungan yang belum direalisasikan yang sedikit lebih banyak daripada kerugian.

🏦 Pasar Derivatif: Trader posisi long sedang dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen membeli sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang diisi oleh pembeli. Seiring open interest (OI) meningkat, hal ini mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.

📈 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral. Ini menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi dan terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • 🇸🇦 Saudi Arabia bekerja sama dengan The Sandbox dalam mengembangkan proyek metaverse. Menurut Sebastien Borget, co-founder The Sandbox, dalam tweet-nya, kerja sama ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendukung potensi metaverse di Saudi Arabia. Sebelumnya, The Sandbox juga sudah bekerja sama dengan nama-nama besar, seperti Snoop Dogg, Gucci, Tim, Atari, HSBC dan Warner Music Group.
  • 🔴 Token Optimism (OP) melemah setelah dilakukan airdrop keduanya. Optimism Network membagikan 11.7 juta token kepada lebih dari 300.000 wallet addresses pada hari Kamis (9 Februari 2023). Token ini diberikan untuk wallet address yang telah menghabiskan gas fee lebih dari 6.1 dolar AS di Optimism dan yang telah mendelegasikan hak suaranya. Setelah pengumuman airdrop hari Kamis, harga token OP turun 13%.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • 🖼️ Harga NFT Bitcoin Punks melonjak. Bitcoin Punks adalah unggahan pertama dari CryptoPunks Ethereum asli ke dalam blockchain Bitcoin menggunakan Ordinals. Pada Rabu lalu (8 Februari 2023), satu NFT Ordinal Bitcoin Punks, Punk 94, terjual seharga 9.5 BTC, atau sekitar 214.000 dolar AS.
  • ‼️ Paxos Trust Co., menghadapi gugatan dari SEC terkait stablecoin Binance USD. Menurut berita yang beredar, SEC mengeluarkan Wells notice yang memberitahukan bahwa BUSD, aset digital yang diterbitkan dan di-listing oleh Paxos, adalah sekuritas yang tidak terdaftar. Namun, belum dapat ditentukan terkait notice tersebut apakah gugatan terkait penerbitan atau listing token tersebut, atau keduanya.
  • ⛓️MakerDAO, salah satu platform simpan pinjam aset crypto terbesar, mengintegrasikan sistemnya dengan Chainlink Automation. Chainlink Automation akan menjalankan tugas-tugas tertentu, termasuk pembarhauan harga dan penyeimbangan likuiditas. Hal ini dilakukan untuk membantu menjaga stabilitas stablecoin DAI yang bernilai 5 miliar dolar AS di platform tersebut.

Performa Aset Crypto dalam Sepekan Terakhir

performa aset crypto
Sumber: Coin360

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Oasis Network (ROSE) +37.89%
  • Hedera (HBAR) +18.76.00%
  • The Graph (GRT) +18.48%
  • Lido DAO (LDO) +12.45

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Optimism (OP) -22.83%
  • Fantom (FTM) -22.83%
  • dYdX (DYDX) -19.74%
  • Terra (LUNA) -14.47%

Referensi

  1. Savannah Fortis, Saudi Arabia Partners with The Sandbox for Future Metaverse Plans, Coin Telegraph, diakses 11 Februari 2023.
  2. Elizabeth Napolitano, OP Token Falls After Surprise Optimism Airdrop, Coindesk, diakses 11 Februari 2023.
  3. Krisztian Sandor, DeFi Giant MakerDAO Integrates Blockchain Data Provider Chainlink for DAI Stablecoin, Coindesk, diakses 11 Februari 2023.
  4. Nikhilesh De dan Danny Nelson, Kraken to Shut US Crypto-Staking Service, Pay $30M Fine in SEC Settlement, Coindesk, diakses 11 Februari 2023.
  5. Vicky Ge Huang, Patricia Kowsmann and Dave Michaels, Crypto Firm Paxos Faces SEC Lawsuit Over Binance USD Token, The Wall Street Journal, diakses 13 Februari 2023.
Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan